in ,

Tak Cuma Reog, Ini Hal Menarik Lainnya dari Ponorogo

Destinasi Wisata Ponorogo Selain Reog

Ponorogo dikenal dengan Pondok Pesantren Modern Gontor. Sebuah Pondok Pesantren yang terkenal dengan penerapan disipilin serta pendidikan bahasa Inggris dan Arabnya. Namun di samping hal tersebut kabupaten dengan penduduk 1,13 juta jiwa ini juga memiliki beberapa hal menarik. Baik dari segi kuliner, wisata, dan budayanya seperti reog. Empat hal yang akan disebutkan di bawah ini merupakan daya tarik destinasi wisata Ponorogo, selain reog.

Baca juga : Lombok Bangkit! Salah Satunya Melalui Gili Strong Triathlon 2018

Sate Ponorogo yang Ikonik

Sate Ponorogo juga sering menjadi oleh-oleh via instagram
Sate Ponorogo juga sering menjadi oleh-oleh via instagram/@depotsehat_mojokerto

Sate Ponorogo adalah kuliner yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke kabupaten ini. Penyajiannya sama dengan sate pada umumnya, namun yang membedakan adalah bentuk potongan dagingnya yang pipih dan memanjang. Sehingga memiliki tekstur yang lebih lunak. Pengolahannya pun juga direndam dengan bumbu bacem yang membuat bumbunya meresap sampai dalam daging.

Keindahan Telaga Ngebel

Pemandangan matahari terbit di Telaga Ngebel via instagram
Pemandangan matahari terbit di Telaga Ngebel via instagram/@ekos.sj

Kabupaten ini juga memiliki destinasi wisata yang patut dicoba saat mengunjungi Ponorogo, seperti Telaga Ngebel. Tempat ini merupakan telaga alami yang terbentuk dari aliran air Kanal Santen dan Air Terjun Toyomarto. Luasnya mencapai lima kilometer persegi dan memiliki air yang jernih karena aktivitas biota bawah air yang hidup di Telaga Ngebel.

Kota Santri

Lokasi Pondok Gontor via instagram
Lokasi Pondok Gontor via instagram/@veenalafeyzha617

Reputasi Ponorogo sebagai Kota Santri tak lepas dari keberadaan Pondok Pesantren Modern Gontor, pondok ini berdiri pada tahun 1926. Karena kualitasnya, tempat ini didatangi oleh beribu santri dari pelosok nusantara. Pondok Pesantren Modern Gontor juga mendidik santri dari tingkat Sekolah Menegah Pertama hingga Universitas. Bahasa yang digunakan sehari-hari pun juga menggunakan bahasa Inggris dan Arab.

Ponorogo juga Memiliki Wisata di Ketinggian

Pemandangan dari puncak Gunung Pringgitan via instagram
Pemandangan dari puncak Gunung Pringgitan via instagram/@wahidbudis

Letaknya yang berada di tengah Provinsi Jawa Timur, wajar saja jika Ponorogo tidak memiliki pantai. Namun kamu dapat menemukan beberapa destinasi wisata yang berada di ketinggian. Seperti di Puncak Pringgitan, Gunung Gajah, hingga Air Terjun Pletuk yang berada di perbukitan.

Meskipun dikenal dengan Pondok Gontor dan Reog Ponorogonya, kabupaten ini juga memiliki banyak daya tarik lain. Seperti yang telah disebutkan pada poin di atas. Punya saudara atau teman yang tinggal di Ponorogo? Buruan ditelfon ya. Next

ramadan
Coffee Shop di Sanur

4 Coffee Shop di Sanur, Instagenic dengan Fasilitas WiFi

Menilik Candi Jago di The heart of east java