in , ,

4 Destinasi Wisata Populer di Penang, Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Pulau Penang merupakan salah satu negara bagian federasi Malaysia yang letak ibu kotanya ada di George Town. Kota George Town sendiri ditetapkan menjadi World Heritage City pada tahun 2008 oleh UNESCO. Bangunan-bangunan di sana terlihat begitu bersejarah.

Baca juga : Pulau Saonek Monde, Wisata Raja Ampat Dekat Pelabuhan Waisai

Tidak hanya bersejarah, Pulau Penang juga memiliki tempat-tempat wisata eksotis yang memikat banyak pelancong untuk datang ke pulau ini. Apa saja sih destinasi wisata yang banyak direkomendasikan orang-orang untuk didatangi saat berada di Pulau Penang?

1. Penang Hill

Bukit Bendera, atau yang akrab disebut dengan nama Penang Hill, merupakan wisata andalan saat datang ke Pulau Penang. Untuk menuju ke sini didukung dengan adanya transportasi umum Bus Rapid Penang yang murah meriah. Harganya sekitar RM2 saja, cukup hemat kan? Waktu yang baik untuk datang ke sini yaitu pagi hari, karena udara masih sejuk dan antrean untuk masuk juga tidak terlalu banyak. Jika datang siang, harus antre lebih panjang dan cuaca pun akan panas sekali.

Jalur kereta di Penang Hill (c) Arfani/Travelingyuk

Untuk menuju ke atas bukit, perlu menaiki kereta seperti monorel, hanya saja ini naik dan turun bukit. Ada dua jalur antrean yang disediakan, yaitu jalur normal seharga RM30 dan jalur cepat seharga RM80 untuk naik dan turun. Kelebihan jalur cepat atau fastline ini tidak perlu antre lama, langsung bisa masuk saat kereta datang. Kebanyakan pelancong memilih jalur normal karena lebih hemat biaya, walaupun antreannya panjang bahkan sampai mengular.

Antrean panjang jalur normal (c) Arfani/Travelingyuk

Antrean yang panjang ini akan terbayar begitu kita sampai di atas bukit. Pemandangan kota dan laut terlihat jelas begitu indah memanjakan mata dan kicauan burung di bukit mampu menenangkan pikiran. Cocok nih buat yang sedang suntuk untuk menyegarkan pikiran. Saat sudah bosan melihat pemandangan, berjalan-jalanlah mengelilingi bukit ada foodcomplex terletak di tengah bukit yang bisa menenangkan perut. Banyak spot foto juga yang disediakan untuk yang hobi pemotretan.

2. Kek Lok Si Temple

Kuil tertinggi di Kek Lok Si Temple (c) Arfani/Travelingyuk

Merupakan wihara terbesar di Pulau Penang, pemandangan yang disuguhkan sungguh luar biasa. Kamu bisa melihat Penang dengan sangat jelas dari sini. Wihara ini terbuka untuk umum, berada di ketinggian dengan wilayah yang sangat luas. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan bagi seluruh pengunjung alias gratis. Namun, di sini juga disediakan fasilitas lift berbayar bagi pengunjung yang tidak kuat jalan atau pun tidak ingin kelelahan. Biaya untuk naik lift ini RM16 untuk naik turun, dan bisa beli terpisah untuk naik saja atau turun saja seharga RM8.

Patung Dewi Kwan Im (c) Arfani/Travelingyuk

Banyak patung-patung yang tinggi menjulang dan besar, seperti salah satunya patung Dewi Kwan Im tingginya mencapai 30 meter. Patung ini melambangkan kewelas-asihan dan penyayang. Bakal terlihat juga ada orang yang berdoa di bawah patung ini.

3. Penang Street Art

Mural street art berlokasi di George Town, di mana banyak bangunan-bangunan tua bersejarah yang hidup kembali berkat adanya street art ini. Lokasi mural paling banyak berada di Lebuh Armenian. Street art ini berada di pinggiran jalan, cukup siapkan tenaga untuk jalan kaki keliling mencari di mana mural berada. Tembok-tembok yang terlihat rapuh dan kumuh disulap menjadi cantik dengan gambar mural artistik, membuat wisatawan dari berbagai negara tertarik melihatnya. 

Salah satu Street Art di Penang (c) Arfani/Travelingyuk

Mural yang digambarkan pun terasa begitu hidup dan nyata. Kebanyakan menggambarkan tentang tingkah polos dan lucu anak-anak. Kalau sedang musim liburan, banyak sekali pengunjung yang datang sehingga kita harus antre untuk foto dengan mural yang ada. Letaknya pun berbeda-beda, bahkan ada yang nyempil di gang sempit. Baiknya gunakan peta petunjuk untuk melihat lokasi-lokasi mural berada karena tidak semua berdekatan.

4. Chew Jetty

Pintu masuk Chew Jetty (c) Arfani/Travelingyuk

Chew Jetty adalah sebuah kampung wisata yang terapung di atas air laut. Yang menonjol dari kampung ini adalah pemandangan laut dan kehidupan masyarakatnya. Di sini kita bisa berfoto dengan pemandangan laut dan kapal-kapal nelayan serta kota yang terlihat dari kejauhan.

Pemandangan laut di Chew Jetty (c) Arfani/Travelingyuk

Nah, itulah destinasi wisata populer yang wajib kamu kunjungi saat berada di Penang. Mana yang paling bikin kamu penasaran? Next

ramadan

Nikmatnya Nyeruput Segelas Kopi Janji Jiwa di Blitar Bersama Teman-Teman

4 Bar Tersembunyi di Bali, Ada yang Menyamar Pakai Gerobak Bakso