in , ,

Doenjang Jjigae, Sup Hits Ala Negeri Gingseng yang Lezat

Nikmati rasa manis, asin dan asam yang lezat di dalam sup Doejang Jjigae

Sajian Lengkap (c) Arfani/Travelingyuk
Sajian Lengkap (c) Arfani/Travelingyuk

Doenjang jjigae atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Soybean Paste Stew merupakan salah satu makanan khas dari Korea Selatan. Bagi yang sering melihat drama ataupun variety show korea pasti sudah pernah mendengar ataupun melihat makanan Doenjang jjigae ini kan. Makanan ini berupa sup yang berbahan dasar pasta kedelai yang dicampur dengan sayuran segar seperti lobak, bawang bombai, zucchini,cabai hijau, daun bawang dan lain-lain. Tidak hanya sayuran saja di dalam Doenang jjigae ini juga terdapat daging sapi yang di potong dengan ukuran kecil. Sebagai pelengkap, dalam sub ini diberi potongan tahu putih yang dipotong berbentuk dadu menambah cita rasa kelezatan hidangan ini. Seperti apa kenikmatannya? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Wae Rebo NTT, Rasakan Liburan Ethnic Desa di Atas Awan

Porsi Lengkap yang Cukup Besar

Doejang Jigae (c) Arfani/Travelingyuk
Doejang Jjigae (c) Arfani/Travelingyuk

Doenjang jjigae ini berwarna merah pekat seperti sup korea pada umumnya dan disajikan dalam mangkok yang berukuran besar. Satu porsi Doenjang jjigae ini bisa dimakan untuk 2-3 orang jadi cukup pesan satu saja agar bisa disantap bersama-sama. Makanan ini sangat lezat jika dimakan bersamaan dengan nasi putih hangat, di sini sudah disajikan dalam bentuk paket makanan. Jika memesan Doenjang jjigae,  Teman Traveler akan medapat satu porsi nasi dan satu porsi sayuran segar berisi selada dan kecambah yang ditaruh dalam mangkuk besar serta diberi saus gochujang dalam wadah kecil.

Cara Menikmati

Sayuran Segar (c) Arfani/Travelingyuk
Sayuran Segar (c) Arfani/Travelingyuk

Cara menikmati sup Doenjang Jjigae ini ada caranya lho, tidak dimakan begitu saja. Caranya dengan mencampur nasi putih kedalam mangkuk yang berisi sayuran aduk-aduk hingga merata. Teman Traveler juga bisa merasakan bau minyak wijen gurih yang ternyata ada di dasar mangkuk sayuran. Tambahkan saus gochujang secukupnya, lalu ambil Doenjang jjigae dan campurkan secara merata. Setelah itu, saatnya menyantap makanan khas negeri gingseng yang sangat terkenal ini. Rasanya cukup tajam dan sedikit asam, mungkin karena kandungan saus pasta kedelai dan gochujangnya.

Harga Satu Porsi

Perlengkapan Makan Khas Korea (c) Arfani/Travelingyuk
Perlengkapan Makan Khas Korea (c) Arfani/Travelingyuk

Satu paket Doenjang jjigae ini di hargai sebesar Rp79.000 kalau dibagi berdua ataupun bertiga, jadi tidak terlalu mahal ya. Saat memesan makanan ini, Teman Traveler akan mendapatkan makanan pendamping yang ada di Korea atau biasa disebut banchan.

Berbagai Jenis Makanan Pendamping

Makanan Pendamping Korea (c) Arfani/Travelingyuk
Makanan Pendamping Korea (c) Arfani/Travelingyuk

Ada 7 jenis banchan yang di berikan yaitu sosis, tahu putih, kimchi, gorengan, daging sapi, ketela, dan jagung. Lauk ini disajikan dalam mangkuk kecil dan di masak dengan berbagai rasa. Lauk ini bisa Teman Traveler makan bersamaan dengan Doenjang jjigae yang pastinya bisa menambah cita rasa makanan. 7 macam banchan yang disediakan di sini free refill lho, jadi bisa nambah sepuasnya namun tidak untuk dibawa pulang ya Teman Traveler. Untuk minuman disini juga diberikan percuma alias gratis. Minumannya sejenis teh namun tawar bisa free refill juga.

Lokasi dan Jam Operasional

Minuman Refil (c) Arfani/Travelingyuk
Minuman Refil (c) Arfani/Travelingyuk

Restoran korea yang bernama Bornga ini berlokasi di Jl. Lempongsari Raya, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Restoran ini mulai buka pada jam 11:30 dan tutup jam 22:00 WIB. Restoran ini cukup besar dan luas, sehingga cocok untuk makan bersama keluarga ataupun rombongan.

Suasana Restoran

Suasana Restoran Bak Negeri Gingseng (c) Arfani/Travelingyuk
Suasana Restoran Bak Negeri Gingseng (c) Arfani/Travelingyuk

Desain di dalam restoran ini bergaya rumah khas Korea yang sangat unik dan menarik hati. Bahkan, kebanyakan pengunjung restoran ini adalah warga asli dari Korea. Jadi berasa makan di koreanya langsung lho Teman Traveler.

Pelanggan Asli Korea (c) Arfani/Travelingyuk
Pelanggan Asli Korea (c) Arfani/Travelingyuk

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai salah satu restoran Korea di Jogja. Tertarik nikmati berbagai macam makanan serta suasana khas Negeri Gingseng. Kunjungi dan rasakan sendiri sensasi seru kuliner di sini! Next

ramadan

Gunung Andong, Perisai Menawan di Tanah Magelang

Bikin Kenyang Seharian! Nikmati Mendoan Raksasa Khas Banyumas