in , ,

Bikin Kenyang Seharian! Nikmati Mendoan Raksasa Khas Banyumas

Satu kali makan, bikin kenyang seharian!

Sajian Mendoan Jumbo (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Sajian Mendoan Jumbo (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Mendoan merupakan salah satu kuliner yang menjadi ciri khas di Banyumas dan sekitarnya. Bagi masyarakat yang terkenal dengan bahasa ngapaknya yang kental, mendoan merupakan makanan wajib di setiap kegiatan dan upacara tradisi seperti tahlilan, mitoni, selamatan, dan berbagai acara tradisi lainnya.

Baca juga : Arlecchino, Sedia Gelato dan Tempat Super Instagenic

Bagi Teman Traveler yang hobi plesiran atau sering berkunjung ke kawasan Banyumasan, tentu tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Hampir setiap warung makan mulai dari kaki lima hingga sekelas restaurant tak pernah absen menghadirkan mendoan dalam daftar menu.

Belakangan masyarakat Banyumas Raya mulai ramai membicarakan mendoan yang terbilang tidak lazim. Mulai dari bahan utamanya yang divariasikan dengan buah-buahan seperti mendoan strawberry khas daerah Serang, hingga mendoan dengan ukuran jumbo. Seperi apa sajian mendoan jumbo ini? Langsung saja simak ulasan berikut ini ya.

Mendoan Unik Berukuran Jumbo

Mendoan Krispi (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Mendoan Krispi (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Teman Traveler yang biasanya suka menikmati mendoan dan gorengan tidak cukup hanya satu, alias suka nambah karena ukurannya yang kurang besar, mampirlah ke Oemah Mendoan Raksasa. Di sini, Teman Traveler akan menemukan mendoan dengan ukuran ekstra besar, dijamin bikin puas dan kenyang. Sesuai dengan namanya, mendoan yang satu ini berukuran 4 hingga 5 kali lipat dari mendoan pada umumnya.

Tempat yang Nyaman (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Tempat yang Nyaman (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Ukurannya yang super besar, bisa menyebabkan Teman Traveler tidak kuat untuk menghabiskan satu porsi gorengan ini. Hadirnya mendoan raksasa dengan cita rasa asli Banyumasan menjadi surga tersendiri bagi para pecinta mendoan. Tertarik mencoba?

Paling Pas Dinikmati Bersama Teh Poci

Teh dalam Poci (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Teh dalam Poci (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Saat menikmati menu hidangan ini, Teman Traveler akan disuguhi beberapa alternatif untuk memilih minuman, mulai dari minuman segar, jus buah, hingga minuman hangat. Begitu pula saat Teman Traveler menikmati si besar mendoan raksasa, minuman yang paling pas untuk menemaninya adalah teh poci.

Teh ini menjadi salah satu minuman andalan yang dihadirkan di Oemah Mendoan Raksasa. Disajikan secara unik dengan menggunakan poci dan teko berbahan tanah liat serta menggunakan pemanis gula batu, membuat minuman ini bisa diracik sesuai selera Teman Traveler. Selain itu, Teman Traveler juga dapat memilih teh poci untuk disajikan hangat atau dingin sesuai dengan selera dan permintaan.

Mendoan Unik Lainnya

Sajian di Atas Daun Pisang (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Sajian di Atas Daun Pisang (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Selain menghadirkan mendoan raksasa dengan ukurannya yang super jumbo, Oemah Mendoan Raksasa ini juga memiliki menu lain yang tak kalah unik yaitu mendoan baya (buaya) dan mendoan
semut. Mendoan baya merupakan sebutan bagi mendoan unik yang digoreng dalam ukuran besar dan ekstra panjang. Berbeda dengan mendoan raksasa dan mendoan baya, semut disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil. Satu porsi mendoan semut berisi 16 potong dan disajikan berbeda dengan sambal ekstra pedas.

Berbagai Pilihan Menu (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Berbagai Pilihan Menu (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Selain mendoan-mendoan unik, Oemah Mendoan Raksasa juga menghadirkan menu-menu pilihan lain seperti paket nasi macan yang berisi mendoan hangat dicampur dengan nasi putih hangat, ditambah teh poci atau es durian. Kemudian ada juga menu lainnya seperti pecel, ayam bakar atau goreng, ayam geprek dengan variasi sambal yang berbeda, dan jajanan lainnya seperti tahu krispi.

Dipelopori oleh Seorang Maniak Mendoan

Kedai Dipenuhi Pengunjung (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Kedai Dipenuhi Pengunjung (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Mendoan Raksasa pertama kali dipelopori oleh seorang maniak mendoan bernama Sarwono. Ia mengaku ide membuat mendoan raksasa terinspirasi dari kebiasannya yang memakan minimal 5 buah mendoan ukuran biasa. Berawal dari kebiasannya, Sarwono kemudian memiliki ide untuk membuat mendoan yang ekstra besar sehingga membuatnya jirem atau siji marem (satu puas). Pada akhir 2009, Sarwono mendirikan usaha Oemah Mendoan Raksasa.

Tempat Pembayaran (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk
Tempat Pembayaran (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Kedai ini pertama kali didirikan di depan Rumah Sakit Emanuel Klampok, Banjarnegara. Setelah sukses dengan warung pertamanya, kini Sarwono telah memiliki berbagai cabang dan franchise. Selain di Klampok, Banjarnegara, Teman Traveler bisa menemukan Oemah Mendoan Raksasa ini di Jalan Tentara Pelajar No.11, Wirasana, Purbalingga dan di Jalan Rs. Yosomiharjo No.19, Dusun 3, Bobotsari, Purbalingga.

Bagaimana Teman Traveler, pasti sudah tidak sabar ya untuk segera mencicipi mendoan-mendoan unik khas Banyumasan? Sempatkan untuk hadir dan cicipi kuliner ini ya. Next

ramadan

Doenjang Jjigae, Sup Hits Ala Negeri Gingseng yang Lezat

Keindahan Bawah Laut Pulau Samtellu yang Super Indah!