in , ,

Dumbo, Gajah Kecil Menggemaskan Penghuni Baru Batu Secret Zoo

Pusing menghadapi laporan keuangan di akhir bulan? Untuk meredakan pikiran bisa coba atasi dengan liburan. Bisa datang ke Batu Secret Zoo yang memiliki koleksi hewan baru, yakni seekor anak gajah yang menggemaskan. Anakan gajah berkelamin jantan yang diberi nama Dumbo itu lahir pada tanggal 5 Juli 2019 lalu. Dumbo lahir dari indukan gajah Sumatera bernama Nazumi yang berusia 21 tahun dan pejantan bernama Andalas berumur 22 tahun.

Baca juga : Pecel Warung Boma, Hits di Selatan Jakarta

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Kedua orang tua Dumbo ini berasal dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Padang Sugihan, Banyuasin, Sumatera Selatan. Sebelum berada di PLG, Nazumi dan Andalas dimanfaatkan untuk atraksi. Mereka didatangkan ke Batu Secret Zoo pada tanggal 19 Maret 2015 yang bertujuan untuk konservasi dan sarana edukasi bagi pengunjung tentang gajah, khususnya gajah Sumatera. Kelahiran Dumbo menambah koleksi gajah Sumatera di Batu Secret Zoo yang kini menjadi tujuh ekor.

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Dumbo lahir dengan berat badan 87 kg dan tinggi 76 cm. Ketika pertama kali diperkenalkan ke pengunjung Batu Secret Zoo, Dumbo masih tampak malu-malu. Bahkan, mulai keluar dari kandang, dia tidak bisa jauh-jauh dari induknya. Dengan langkah kecilnya, dia mencoba mengikuti induknya dengan berada di bawah tubuh besar Nazumi. Dumbo sangat senang berada di antara keempat kaki induknya. 

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Saat diperkenalkanke pengunjung Batu Secret Zoo, Dumbo tidak bisa jauh dari induknya. Tubuh kecilnya terlihat menggemaskan, apalagi bila dibandingkan dengan ibunya. Saat menemani induknya untuk makan, Dubo sempat sesekali menyusu pada Nazumi. Nazumi pun terlihat sangat sabar menunggu Dumbo selesai menyusu. 

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Kehadiran Dumbo menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung. Tingkahnya yang menggemaskan menjadi daya tarik pengunjung untuk berlama-lama memperhatikan gajah tersebut. Apalagi, Dumbo selalu mengikuti kemanapun induknya berjalan. Dumbo juga sempat terlihat memejamkan matanya sejenak sembari menunggu induknya makan.

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Gajah-gajah yang ada di Batu Secret Zoo selalu dijaga dan dirawat oleh pawang. Di dalam satu kandang, terdapat beberapa orang pawang yang bertugas untuk mengawasi tingkah laku gajah, memberi mereka makan, hingga membersihkan kandang.

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Pengelola Batu Secret Zoo membuat kandang gajah sedemikian rupa. Mereka juga menyulap tempat itu menjadi seperti layaknya di habitat aslinya. Di salah satu sisi zona gajah juga terdapat sebuah kolam yang biasanya digunakan untuk gajah mandi. Pengelola juga memberikan batas berupa pagar serta sebuah tempat aliran air antara letak gajah dengan pengunjung. Hal itu untuk menjaga keamanan, baik pengunjung maupun gajah itu sendiri.

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Pada saat-saat tertentu, pengunjung bisa mempunyai kesempatan untuk memberi makan langsung kepada gajah. Mereka juga bisa berinteraksi dengan mengelus belalai gajah.Tentunya dengan tetap dibawah pengawasan para pawang. Biasanya, makanan yang diberikan berupa wortel dan pisang.

Batu Secret Zoo (c) Fisca/Travelingyuk

Meskipun merupakan hal biasa, tidak sedikit pengunjung yang penasaran dan ingin melihat tingkah laku gajah. Apalagi ketika mereka sedang makan. Bahkan, beberapa pengunjung juga tak lupa untuk mengabadikan momen tersebut melalui smartphone mereka.  Next

ramadan
Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi, Wisata di Jogja untuk Liburan Bareng Keluarga

fi ruang lapang

Ruang Lapang di Bandung, Tempat Piknik Dengan Api Unggun