in , ,

Ekowisata Mangrove Lembar, Wisata Asri dengan Pemandangan Istimewa di Lombok Barat

Jelajah Keasrian Hutan Mangrove di Ekowisata Mangrove Lembar Lombok Barat

Ekowisata Mangrove Lembar
Ekowisata Mangrove Lembar

Lombok Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata. Selain pantai Senggigi, destinasi baru pun semakin bermunculan seperti kawasan wisata Mandalika, eiring waktu dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan potensi wisata di wilayahnya. di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar terdapat wisata yang memanfaatkan hutan mangrove. Selain dapat menjaga kelestarian ekosistem pantai, Ekowisata Mangrove Lembar ini juga bisa menjadi destinasi wisata di Lombok yang keren, lho. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannnya dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

Baca juga : Kopi Darat Komunitas Travelingyuk #KoperRansel Segera Dimulai, Gratis dengan Kuota Terbatas!

Mudah Dijangkau dengan Akses Pemandangan Memukau

Nuansa asri di Ekowisata Mangrove Lembar
Nuansa asri di Ekowisata Mangrove Lembar via Instagram.com/saluthpicture

Lokasi Ekowisata Mangrove Lembar ini mudah ditemukan. Jika Teman Traveler datang dari Kota Mataram (Ibu Kota NTB), kalian hanya perlu memakan waktu sekitar 50 menit menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju ke arah pelabuhan Lembar. Lokasinya persis berada di belakang kantor Dit Pol Air Polda NTB. Jarak ekowisata ini dari pelabuhan Lembar pun hanya 1 km. Jika masih bingung, Teman Traveler bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau bisa juga menggunakan google maps. Selain mudah dijangkau, pemandangan di sepanjang jalan cukup memanjakan mata.

Wisata Alam yang Masih Terjaga

Hutan mangrove yang masih terjaga dengan baik
Hutan mangrove yang masih terjaga dengan baik via Instagram.com/agus_harianto_pictures

Ekowisata Mangrove Lembar ini awalnya hanya berupa hutan mangrove yang rimbun. Tanamannya terjaga karena mendapatkan perhatian dari pemerintah dan juga warga sekitar. Karena melihat potensi wisata yang menjanjikan, dibangunlah fasilitas-fasilitas pendukung. Hingga akhirnya, tahun 2015 lalu tempat ini dijadikan destinasi wisata bernama Ekowisata Mangrove Lembar yang bisa dikunjungi semua kalangan.

Spot Instagenic yang Tawarkan Pemandangan Cantik

Sudut lain dari Ekowisata Mangrove
Track Kayu Warna Warni di Ekowisata Mangrove via Instagram.com/nirwanmulyawardana

Teman Traveler hobi berfoto di tempat-tempat yang bernuansa alami? Tempat ini sangat cocok karena memiliki beberapa sudu yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Area yang paling mencuri perhatian adalah jalur pejalan kaki yang dicat dengan aneka warna. Sangat sempurna dengan latar pepohonan hijau yang memanjakan mata. Ada pula gazebo yang bisa dijadikan untuk duduk-duduk sambil menikmati suasanya asrinya hutan. Jangan kaget, beberapa orang juga menjadi kawasan wisata ini sebagai tempat untuk sesi foto prewedding.

Track kayu yang keren di Ekowisata Mangrove Lembar
Track kayu yang keren di Ekowisata Mangrove Lembar via Instagram.com/subhansulaiman

Makin Lengkap, Jelajah dengan Perahu

Bisa naik perahu di Ekowisata Mangrove Lembar
Bisa naik perahu di Ekowisata Mangrove Lembar via Instagram.com/jdayu

Nah ada lagi hal menarik yang dapat dilakukan di sini. Ekowisata Mangrove Lembar menyediakan perahu untuk Teman Traveler yang ingin menjelajah hutan mangrove lebih luas. Selain bisa berfoto, mengenal lebih dekat wisata ini menjadi daya tarik destinasi ini. Menariknya pengemudi perahunya bisa menjadi juru foto yang handal. Para pengemudi perahu di sini sangat tahu cara mengarahkan para penumpangnya untuk berpose dan menjadi juru foto dengan hasil yang kece-kece. Menarik bukan? Untuk menggunakan jasa perahu ini, Teman Traveler hanya perlu membayar Rp10.000/orang.

Menikmati Sunset yang Menawan

Ekowisata Mangrove Lembar dilihat dari ketinggian
Ekowisata Mangrove Lembar dilihat dari ketinggian via Instagram.com/agus_harianto_pictures

Paket lengkap yang ditawarkan hutan mangrove berikutnya adalah pesona senja saat matahari mulai terbenam. Keindahan langit yang berpadu dengan hutan nan cantik menjadi pemandangan apik yang susah ditemukan di tempat lain. Perbukitan di sudut lain juga tak kalah menawan, sehingga membuat pemandangan makin elok dan susah untuk dialihkan. Pastinya Teman Traveler bakal termanjakan dengan tempat wisata di Lombok Barat ini.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sini, Teman Traveler tak perlu khawatir. Tak hanya mata termanjakan, kantong pun bakalan aman. Yap, ketika masuk ke kawasan wisata ini tidak akan menemukan penjaga pintu yang meminta biaya tiket masuk. Tak perlu heran, karena memang untuk masuk ke sini tak membutuhkan tiket. Hanya cukup membayar parkir.

Itu tadi pembahasan tentang Ekowisata Mangrove Lembar. Teman Traveler berencana berkunjung ke Lombok? Jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke sini. Tentunya bakal mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Next

ramadan

Written by Sidik Al-Anshori

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Makanan Mewah di Pesawat

Ini Dia Wujud Makanan Mewah di Pesawat Penerbangan Asia, Nggak Kalah Dengan Restoran

Liburan sekalian Saksikan Festival Pasraman Indonesia 2018 di Bali, Mulai dari Parade sampai Yoga Bersama