in ,

Empal Gentong Mang Darma, Kuliner Legendaris Cirebon yang Bikin Jatuh Cinta!

Gurih dan lezatnya gak cukup satu piring!

Kuliner legendaris memang tidak pernah habis! Berwisata ke suatu daerah atau kota justru tidak lengkap jika belum mencoba berbagai kuliner khas yang jarang bahkan tidak dapat ditemukan selain di tempat tersebut. Begitu pula dengan kuliner khas Cirebon yang wajib Teman Traveler coba saat berkunjung ke Kota Udang!

Baca juga : Di Kalimantan Selatan Ada Rumah Seperti di Film “Up”

Cara Pengolahan yang Unik

Empal Gentong Mang Darma via Instagram @ananghijau

Empal Gentong merupakan kuliner khas masyarakat Cirebon yang sangat mirip dengan gulai namun cara membuatnya terbilang unik. Tidak hanya menggunakan daging sapi, olahan empal gentong juga dilengkapi dengan usus dan babat.

Diberi nama Empal Gentong karena olahan daging dimasukkan ke dalam gentong kemudian dibakar menggunakan kayu bakar. Proses pembuatannya inilah yang membuat kuliner khas Cirebon tersebut punya cita rasa khas yang lezat.

Kuliner Legendaris Cirebon

Dua Porsi Empal Gentong via Instagram @kuninganrepost

Mang Darma merupakan salah satu orang yang menjual Empal Gentong yang masih menggunakan cara tradisional dalam memasak empal yang dijualnya. Menggunakan gentong tanah liat yang dibakar dengan kayu pohon asam membuat Empal Gentong jualannya punya cita rasa yang berbeda

Tidak hanya itu, tempat ini bahkan menjadi salah satu penjual empal gentong tertua di Cirebon. Bagaimana tidak, Mang Darma bahkan selalu berada dan menjual Empal Gentongnya di tempat yang sama sejak 70 tahun lalu. Pasti banyak dari Teman Traveler bahkan belum lahir pada waktu tersebut bukan?

Harga Kualitas Jadi 1 yang Terbaik

Empal Gentong Khas Cirebon via Instagram @susie.agung

Tempat makan Mang Darma ini menyediakan berbagai racikan yang membuat Empal Gentongmu semakin nikmat disantap yakni ada jeruk nipis, sambal, hingga garam. Satu porsi Empal Gentong disajikan lengkap bersama lontong bisa Teman Traveler santap hanya dengan membayar Rp25.000 per porsinya.

Lalu dimana sih tempat Mang Darma yang tidak pernah berpindah itu? Teman Traveler bisa berkunjung langsung ke Jalan Slamet Riyadi No 1 Corebon yang mulai bisa dikunjungi dari pukul 09:00 hingga 17:00. Waktu bukanya membuat Empal Gentong cocok dijadikan sebagai santapan pagi maupun siang di Kota Udang.

Nah itulah informasi lengkap mengenai Empal Gentong Mang Darma. Salah satu tempat yang menjual kuliner khas Cirebon yang tidak pernah berpindah tempat sejak 70 tahun yang lalu. Pastikan untuk mencoba Empal Gentong pertamamu di tempat yang tepat! Yuk berkunjung setelah pandemi berakhir nanti. Stay safe! Next

ramadan

Negara Ini Buat Masker Jadi Tren! Khawatir Hilang, Gaya Tetap Menjulang

Semakin Ramai Jelang Lebaran, Kini Mall Jadi Pantauan Tim Gugus Covid19!