in , ,

Empal Gentong, Kuliner di Cirebon yang Enaknya Melegenda

Empal Gentong di Cirebon

Empal Gentong
Empal Gentong

Wisata kuliner sudah menjadi sebuah kebutuhan wisatawan. Mencicipi makanan khas suatu daerah menjadi agenda wajib setelah sampai di tujuan, begitu pula ketika liburan ke Cirebon. Banyak menu menggiurkan yang tak boleh dilewatkan. Termasuk empal gentong yang rasanya istimewa. Penasaran kan? Yuk, simak ulasan lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Baca juga : Foodcourt Sawah View di Prigen, Kuliner Dengan Pemandangan Alam Indah

Menu Istimewa yang Legendaris di Cirebon

Empal Gentong
Seporsi Empal Gentong (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Salah satu kuliner legendaris Cirebon yang sayang dilewatkan adalah Empal Gentong. Hidangan dari Cirebon ini istimewa dengan kuah kental. Sementara rasanya menyegarkan paduan rasa daun jeruk. Meski makin susah, penggemar menu ini masih banyak. Bahkan, menu tersebut masih jadi primadona di hati pecinta kuliner.

Sekilas, empal gentong mirip dengan gulai. Namun, ada istilah kembar belum tentu sama. Begitu pula dengan dua menu ini. Beberapa orang menyebut rasa empal gentong lebih gurih dibandingkan dengan gulai. Citarasa tersebut berasal dari proses memasaknya yang menggunakan kayu bakar. Pun sederhana, rasanya maknyus banget.

Alat Memasak yang Bikin Rasanya Spesial

Gentong
Gentong untuk menu enak di Cirebon (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Prosesnya dimulai dengan membakar gentong berisi air dan jatung pohon pinsang di atas tungku. Setelah itu gentong diangkat dan dilumuri getah pisang. Memasak menu satu ini memang susah-susah gampang. Penjual menu ini harus rutin membersihkan gentong agar menghasilkan rasa sempurna ketika digunakan lagi.

Tak banyak yang tahu, jika sebenarnya empal gentong bukan berasal dari racikan asli Cirebon. Menu ini merupakan perpaduan antara Cirebon dengan tempat asalnya, yaitu Timur Tengah. Sementara namanya tersebut berasal dari cara memasak orang-orang terdahulu yang menggunakan kendi atau gentong. Hal ini karena belum ada panci atau alat memasak sejenisnya. Nah, penampahan empal sendiri karena menu tersebut dimasak dalam gentong. Menarik banget kan?

Tempat Makan yang Jadi Primadona

Racikan empal gentong
Racikan empal gentong (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Untuk bisa menemukan menu enak ini sangatlah mudah. Hampir setiap sudut kota menyediakan menu ini. Salah satu yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Empal Gentong Krucuk. Letak tempat makan ini berada di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Kesengsem, Kejaksaan, Cirebon. Rasanya nendang, apalagi kuah sedapnya. Teman Traveler pasti bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Incip jajanan kuliner legendaris adalah sebuah kenikmatan tersendiri yang tidak akan pernah bisa diungkapkan dengan kata-kata. Cobalah untuk merasakan Empal Gentong satu ini. Dijamin bakal ketagihan. Next

ramadan

Written by Rizky Nusantara

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pantai Drini

Eksotisnya Pantai Drini di Gunung Kidul, Istimewa dengan Bukit Cantiknya

Pasar Triwindu Solo, Wisata Budaya dan Belanja yang Bikin Bahagia Pecinta Barang Lama