in , ,

Bersantap di Enak’e Moro, Hadirkan Rujak Soto di Tengah-tengah Yogyakarta

Di sini, kalian juga bisa berfoto di Tugu Jogja, lho

Usai jalan-jalan berkeliling Jogja, mengisi perut adalah pilihan yang tepat. Jika Teman Traveler sedang berada di Sleman, Enak’e Moro bisa jadi pertimbangan. Di resto ini tak hanya menawarkan kuliner Jogja, tapi juga berbagai makanan khas dari daerah lainnya.Sebelum berencana ke sini, simak dulu ulasannya ya.  

Baca juga : Ayung Dewata Rafting, Arum Jeram di Sungai Ubud Bali

Resto Baru di Sleman

enak'e moro
Bagian depan resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Enak’e Moro, dalam bahasa Jawa memiliki arti enaknya datang atau enaknya berkunjung. Sesuai dengan namanya, resto ini diharapkan bisa menjadi tempat berkunjung yang menyenangkan untuk bersantap.

Baru buka bulan Agustus 2019 lalu, resto ini beralamat di Jalan Sidomulyan, Tiyasan, Manukan, Condong Catur, Depok, Sleman. Buka dari pukul 10.00 – 02.00, resto ini memang enak jadi tempat bersantap sambil berkumpul bareng teman atau keluarga dari pagi hingga malam.    

Ada Replika Tugu Jogja di Enak’e Moro

enak'e moro
Replika Tugu Jogja (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Salah satu yang menarik dari resto ini adalah hadirnya replika Tugu Jogja yang berada di halaman depan resto. Seakan menawarkan spot wisata yang apik, banyak pengunjung resto tak ketinggalan untuk mengabadikan momen dan menjadikannya latar foto. Saat malam, spot ini jadi syahdu karena tugu terkena sorotan lampu. Alhasil berfoto saat suasana malam pun tak kalah kece.  

Ada Spot Indoor dan Outdoor

enak'e moro
Area lantai bawah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Restonya ini memiliki banyak spot, baik indoor maupun outdoor. Di area utama yang jadi satu dengan bar, tersedia banyak kursi sehingga cocok dijadikan spot bersantap bersama rombongan teman atau keluarga. Konsepnya simple dengan dominasi warna cokelat dan hiasan lampu gantung.  

enak'e moro
Area lesehan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Jika ingin lebih santai, Teman Traveler bisa memposisikan diri di area lesehan yang berada di lantai dua. Ada dua space, area dalam dan di luar. Meski tidak begitu luas, namun tempatnya cukup nyaman dan tidak gerah karena tepat di atas area ini terdapat pohon besar yang rindang.  

20191118_171526_01_3200x2400_z8I.jpeg
Spot saung (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Sementara untuk area outdoor berada di lantai bawah. Terdapat beberapa meja dan dua saung yang dihiasi dengan tanaman-tanaman hijau. Dengan area terbuka, tempat ini cocok dipilih ketika hari tidak begitu panas. Tapi akan menjadi syahdu ketika malam karena saat langit cerah, Teman Traveler bisa menyaksikan langsung bintang-bintang di langit.    

Sajikan Kuliner Daerah

20191118_171338_01_3200x2400_wK0.jpeg
Menu dengan harga terjangkau (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Enak’e Moro memiliki menu andalan kuliner Jawa. Dari beberapa menu yang ditawarkan, ada kuliner khas Banyuwangi yang tentu saja jarang ditemukan di Kota Gudeg. Beberapa menu tersebut adalah Sego Tempong, Rujak Soto, Pecel Pitik, dan Pecel Rawon.

enak'e moro
Rujak Soto Ceker (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Rujak Soto menjadi salah satu makanan yang patut dicicipi. Dalam satu mangkok kalian akan mendapati banyak komposisi seperti ketupat, tahu, tempe, timun, kacang panjang, tauge, dan bayam. Selanjutnya disiram dengan kuah soto kuning dan ditambahkan dengan sambal kacang.

enak'e moro
Sego Tempong (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Untuk Rujak Soto, kalian bisa pilih dengan tambahan babat, ceker, atau keduanya. Rasanya tidak biasa tapi sungguh bikin nagih. Untuk menikmati kuliner Banyuwangi ini, Teman Traveler cukup menyiapkan uang sebesar Rp15.000 – Rp20.000.  

Jika ingin makan berat dengan asupan karbohidrat dari nasi, Teman Traveler bisa pilih Sego Tempong. Nasi putih disajikan dengan aneka sayur rebus dan lauk-pauk. Ada kacang panjang, sawi hijau, labu siam, tahu, tempe, ikan asin, ayam goreng, timun, dan kerupuk. Satu porsi Sego Tempong komplit dibandrol dengan harga Rp15.000.

Fasilitas Enak’e Moro

enak'e moro
Salah satu sudut resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Resto ini mempunyai beberapa fasilitas untuk pengunjung. Seperti lahan parkir luas, mushola dan juga toilet. Selain itu, ada juga akses Wi-FI gratis yang akan membuat para pengunjung betah di sana. Ditambah lagi dengan adanya soket listrik di beberapa sudut resto.

Nah, tanpa perlu pikir panjang yuk rencanakan mampir di Enak’e Moro. Ajak teman atau keluarga juga ya untuk mencicipi berbagai kuliner daerah andalan Enak’e Moro. Lalu, jangan lupa untuk abadikan momen di replika Tugu Jogja di resto ini. Selamat mencoba. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Bukit Jaddih di Bangkalan

Bukit Jaddih, Tambang Aktif Instagenic yang Jadi Buruan Wisatawan

Sedekah Bumi di Klenteng Eng An Kiong Kota Malang