in , ,

Segarnya Es Drop, Jajanan Khas Blitar yang Rasanya Melegenda

Es Drop, Jajanan Enak Khas Blitar yang Siap Manjakan Lidah

Es Drop
Es Drop

Berkunjung ke suatu tempat, kurang lengkap rasanya jika tak mencoba kuliner khasnya. Begitu pula ketika liburan ke Kota Bung Karno. Jangan sampai melewatkan kuliner Blitar yang siap memanjakan lidah. Salah satu yang patut Teman Traveler coba adalah es drop. Kuliner legendaris yang melekat di nama kota kecil ini. Seperti apa rasa dan bentuknya? Yuk, simak penuturan Kontributor Travelingyuk, Verwati Iriani.

Baca juga : 5 Gaya Liburan Masa Kini, Bukti Ada Banyak Cara Untuk Bahagia

Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan

Sumber : Ig ikmadj
Es Enak di Blitar via instagram/@ikmadj

Es drop adalah es lilin dengan panjang 10 cm. Jajanan enak ini terbuat dari bahan dasar gula merah dan santan yang dibekukan. Jenis es ini termasuk kuliner legendaris Blitar karena sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Tepatnya sekitar tahun 1937 dengan cita rasa yang masih dipertahankan sampai saat ini.

Es drop memiliki ciri unik yang membedakan dengan lainnya. Stik dari jajanan ini bukan seperti stik pada umumnya, melainkan lebih mirip tusuk sate kambing. Rasa tempo dulu juga terlihat dari kemasannya yang unik terbuat dari selongsong kertas. Desain kemasan sederhana, namun memberikan ciri khas tersendiri.

Dijajakan Secara Keliling

Sumber: Ig Nina_epicure
Segarnya es drop di Blitar via instagram/Nina_epicure

Jajanan segar ini dijajakan keliling baik dengan sepeda atau pun dengan berjalan kaki oleh penjualnya. Ciri khasnya, batang es ini diletakkan di wadah tabung kaca berwarna merah. Nah, penjual kuliner Blitar ini biasa membunyikan alat seperti lonceng. Nah, Teman Traveler yang penasaran dengan rasanya bisa berkunjung di tempat wisata di Blitar. Ada Makam Bung Karno, Candi Penataran, Kampung Cokelat, Istana Gebang, dan tempat-tempat ramai lainnya. Kita pun bisa datang langsung ke sentra industrinya di Jl. Anggrek No. 49 Blitar.

Aneka Rasa yang Menggigit di Lidah

Kelezatan es khas blitar via instagram/ardiyantiu
Kelezatan es khas blitar via instagram/ardiyantiu

Mengenai rasa tak perlu diragukan lagi. Cita rasa dari jajanan dingin ini sama sekali tak berubah. Menurut informasi, kuliner es ini sudah dikelola oleh generasi ketiga. Cita rasanya tetap sama yaitu gurih, manis, dan lembut di lidah. Sementara varian rasa yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari kacang hijau, cokelat, melon, durian, dan banyak lainnya. Tinggal pilih sesuai selera Teman Traveler.

Untuk bisa menikmati cita rasanya, Teman Traveler hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp2.000 per tusuknya. Jadi, kapan nih liburan ke Blitar dan mencoba jajanan es drop satu ini ? Next

ramadan

Written by Verwati Iriani

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Cara Unik Pelancong Abadikan Momen Traveling

Cara Unik Para Pelancong Ini Abadikan Momen Traveling, Mau Ikutin yang Mana?

Liburan Syahrini di Tokyo

Potret Jalan-jalan Syahrini di Tokyo, Nikmati Kehangatan Onsen di Negara Asalnya