in ,

4 Es Khas Jawa Barat yang Wajib Kamu Coba!

Segarkan Kembali Dahaga Setelah Berwisata dengan Berbagai Pilihan Es Khas Jawa Barat

Setiap daerah memiliki berbagai jenis minuman yang berbeda. Jika Teman Traveler berkunjung ke suatu tempat belum lengkap jika tidak mencoba berbagai kuliner hingga minuman segar khas dari daerah tersebut. Begitu pula dengan beberapa es khas Jawa Barat yang harus Teman Traveler tahu dan coba langsung ketika berlibur ke beragam kotanya. Segarkan dan lengkapi liburanmu dengan berbagai jenis minuman khas Jawa Barat.

Baca juga : Rekomendasi Resto Sop Saudara di Makassar, Menjajal Penganan Berkuah Telur Bebek dan Krimer Kental Manis

1. Es Bojong, Tasikmalaya

Es Bojong via Instagram @rendifsthe

Es Bojang merupakan salah satu minuman segar yang berasal dari Tasikmalaya. Es ini terbuat dari santan dan sirup segar yang lengkap disajikan dengan potongan buah seperti alpukat, nangka, durian dan nanas. Tidak hanya itu, tape ketan juga ikut meramaikan satu porsi es bojang yang lezat.

Minuman segar sudah ada sejak 1972 sehingga mencicipi kesegarannya saat berlibur atau sekedar berkunjung ke Tasikmalaya merupakan sebuah keharusan. Satu porsi kesegaraan penuh kebahagiaan bisa Teman Traveler cicipi mulai dari harga Rp10.000 hingga Rp15.000 saja.

2. Es Goyobod, Bandung

Es Goyobod via Instagram @oky_tobing

Goyobod diambil dari bahasa Belanda yang berarti basah karena mangkuk akan berembun ketika menyantap kesegaran es ini. Versi yang lainnya, Goyobod berasal dari bahasa sunda yang memiliki makna minuman berbagan tepung kanji.

Minuman segar ini merupakan salah satu minuman khas Bandung. Satu porsi Es Goyobod berisikan adonan tepung kanji, potongan roti, pacar cina, tapai singkong, kelapa muda, diberikan es kemudian diselimuti dengan kuah susu yang lezat.

3. Es Ciming, Purwakarta

Es Ciming via Instagram @violajogja

Salah satu es khas Purwakarta yang wajib diburu adalah Es Ciming. Minuman yang serupa dengan es campur dengan rasa yang berbeda ini memiliki isian yang lebih melimpah dari kebanyakan es biasanya. Minuman ini pertama kali dikenalkan pertama kali oleh warga keturunan Tionghoa.

Satu porsi Es Ciming berisikan hun kue, kolang kaling, kelapa, ketan hitam, kacang hijau, tersaji dengan sirup berwarna merah yang semakin menggugah selera. Semangkuk Es Ciming hanya dibanderol dengan harga Rp11.000 saja sehingga sangat ramah dikantong penikmatnya.

4. Es Oyen, Bandung

Es Oyen via Instagram @jogjabikinlaper

Primadona Bandung sejak 1954 ini menjadi salah satu minuman yang wajib Teman Traveler coba saat berkunjung maupun berlibur ke Kota Kembang. Pacar Cina yang ada dalam satu porsinya membuat minuman ini memiliki rasa berbeda dengan warna yang unik.

Satu porsi Es Oyen berisikan potongan alpukat, kelapa muda, cincau hitam, nangka, dan kolang kaling. Berbagai campuran bahan yang digunakan membuat warna es begitu menarik. Tidak hanya itu, es ini juga memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Beragam es khas Jawa Barat ini harus Teman Traveler coba saat berkunjung atau berlibur bersama keluarga ke Kota Kembang. Bahan dan cita rasa yang berbeda siap menyapa dan menyegarkan kembali dahaga setelah menjelajahi berbagai destinasi wisata di Tasikmalaya, Purwakarta dan Bandung. Next

ramadan

Makan Diluar saat New Normal, 7 Tips Memilih Restaurant yang Tepat!

New Normal, Warga Penuhi Objek Wisata Curug Leuwi Hejo