in ,

Makan Diluar saat New Normal, 7 Tips Memilih Restaurant yang Tepat!

Ikuti Tipsnya agar Makan bersama Keluarga di Luar Rumah Tetap Aman dan NYaman

Pandemi yang mulai mereda membuat berbagai macam aktivitas di luar rumah sudah mulai berjalan seperti biasanya, begitu pula dengan bisnis restaurant. Sebelum makan diluar, Teman Traveler perlu memerhatikan berbagai tips berikut agar tetap aman dan nyaman saat makan diluar terlebih bersama kaluarga.

Baca juga : Traveler Wajib Tahu, Inilah 10 Hal Menyenangkan di Lombok

1. Pilih Restaurant yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Ilustrasi Menyemprot Disinfektan via Instagram @go_disinfex

Protokol kesehatan di restaurant tentu cukup jelas terlihat terlebih jika bagian dalam restaurant sudah bisa terlihat dari luar. Pilihlah restaurant yang jarak kursinya tidak berdempetan sehingga tetap menjaga physical distancing, makanan siap santap seperti salad tertutup rapat, serta antrean restaurant berjarak antara satu orang dengan orang yang lainnya. Selain itu, perhatikan juga apakah pelayan restaurant menggunakan masker atau tidak. Jika beberapa protokol tersebut tidak ada, hindarilah makan di tempat tersebut.

2. Pilih Restaurant yang Tengah Sepi Pengunjung

Ilustrasi Restaurant yang Sepi via Instagram @hechino2019

Tips berikutnya adalah datang berkunjung dan makan di restaurant yang tidak banyak pengunjung. Selain menghindari kerumunan orang, Teman Traveler juga tidak perlu mengantri panjang untuk memesan makanan. Jika ingin makan di tempat yang populer, hindari berkunjung saat jam makan baik siang maupun malam sehingga kerumunan dapat dihindari, penularan juga sangat kecil terjadi.

3. Pilih Area Luar Ruangan

Ilustrasi Outdoor Restaurant via Instagram @eat_with_lou

Sirkulasi udara pada tempat makan tentu dapat menjadi salah satu penyebab seseorang menularkan hingga tertular Covid-19. Menyantap makanan didalam ruangan tentu akan lebih berisiko dibandingkan luar ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Jangan lupa untuk tetap menerapkan physical distancing agar semakin memperkecil risiko tertular walaupun diluar ruangan.

4. Tetap Menggunakan Masker

Ilustrasi Menggunakan Masker via Instagram @melinaribas

Makan diluar rumah harus tetap waspada terlebih saat menikmati makanan di restaurant. Tetaplah menggunakan masker terlebih saat mengantri hingga berinteraksi dengan karyawan restaurant. Ketika makanan sudah siap Teman Traveler santap, pastikan untuk menyimpan masker di tempat yang aman. Hindari menaruh masker pada meja terlebih jika meja yang Teman Traveler pakai sudah ditempati

5. Tetap Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Ilustrasi Makan di Restaurant via Instagram @far.northh

Tentu tidak hanya Teman Traveler yang berniat untuk makan diluar, banyak keluarga lain juga merencanakan hal yang sama. Walaupun demikian, tetaplah menjaga jarak dengan orang lain baik sesama pengunjung maupun karyawan restaurant. Tidak hanya saat makan, pada saat antre pun Teman Traveler diminta untuk sabar menunggu giliran memesan tiba.

6. Pilih Menu yang Dimakan setelah Dimasak

Ilustrasi Makanan via Instagram @louieschicken

Setelah sabar menanti, pesanlah makanan yang harus langsung dimakan begitu selesai dimasak. Makanan yang terlalu lama didiamkan diluar ruangan berisiko tinggi telah terkontaminasi virus. Bahan makanan yang dimasak langsung dengan suhu yang panas tentu akan membunuh virus yang menempel sehingga aman untuk dikonsumsi.

7. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Ilustrasi Mencuci Tangan via Instagram @our.family.in.snippets

Setelah memesan makanan, Teman Traveler disarankan untuk mencuci tangan sebelum menyantap makanan karena bisa jadi tangan Teman Traveler telah terkontaminasi udara luar yang membawa virus sehingga dengan mencuci tangan virus tersebut akan mati. Pastikan juga sebelum menggunakan sendok atau garpu yang telah disediakan, Teman Traveler bisa membersihkannya dengan hand sanitizer.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Teman Traveler lakukan saat makan di restaurant bersama dengan keluarga terlebih pasca pandemi seperti saat ini. Pastikan tetap waspada dan higienis, selalu menggunakan masker saat keluar dan jangan menyentuh sembarang tempat terlebih di restaurant yang kerap dikunjungi. Next

ramadan

Pasca Pandemi, Begini Tampilan Berbeda Awak Kabin Dunia

4 Es Khas Jawa Barat yang Wajib Kamu Coba!