in ,

Es Puter Tape Ketan, Jajanan Khas Solo Siap Segarkan Tenggorokan

Yuk Cicipi Es Puter Tape Ketan Khas Solo yang Siap Membuatmu Bernostalgia ke Masa Kecil

Jika berwisata ke Solo, belum sempurna rasanya jika tidak dilengkapi dengan mencicipi beragam kuliner dan jajanan legendaris hingga khas. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan dan wajib banget Teman Traveler cicipi adalah Es Puter Tape Ketan. Meski sudah sangat jarang ditemukan, namun jajanan ini selalu bisa mengambil hati wistawan. Sebelum mencicipi langsung di Solo, simak ulasan berikut untuk kenal lebih dekat dengan jajanan ini.

Baca juga : Lima Kafe Bandung yang Baru dan Instagenic, Bikin Nongkrong Makin Asyik

Es Puter Jadul

20190726_131855_tKx.jpg
Unik dan Enak (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Es puter merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari santan kelapa dengan tekstur yang lembut dan rasa santan yang khas serta manis. Jika mencicipi jajanan ini, Teman Traveler akan dibawa kembali ke masa kanak-kanak. Jika Teman Traveler lahir tahun 90an, pasti udah tau bukan dengan jajanan jadul yang satu ini? Sensasinya benar-benar buat ketagihan!

Asal Usul Nama Es Puter

20190726_131947_RFG.jpg
Es Puter Tape Ketan (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Teman Traveler tau gak sih, kenapa jajanan ini dinamakan es puter? Dalam proses pembuatannya, adonan jajanan jadul khas Solo ini diputar-putar dalam alat berbentuk tabung hingga menjadi kristal-kristal es. Awalnya, jajanan ini dibuat karena pada jaman dahulu harga susu sangat mahal sehingga dibuatlah es putar berbahan dasar santan kelapa. Jadi, semua orang tetap dapat menikmati es krim dengan harga yang terjangkau dengan cita rasa yang lezat.

Cara Penjajiannya yang Unik

20190726_131912_7cc.jpg
Proses Penyajian (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Es putar ini mempunyai cara penyajian yang unik loh! Jika es putar disajikan dengan wadah berupa cone berbentuk kerucut atau diapit menggunakan roti tawar, Teman Traveler juga bisa menikmatinya menggunakan gelas plastik. Tapi, es putar dengan campuran tape ketan hanya bisa Teman Traveler temukan di Solo. Jadi kalau ngiler, bisa langsung datang ke kota yang berjulukan Spirit of Java ini.

Lokasi Es Putar Tape Ketan

20190726_131903_5mm.jpg
Penjual Es Puter Ketan (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Es putar tape ketan ini dapat Teman Traveler temui disekitaran Pasar Triwindu Kawan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Es putar tape ketan ini berjualan mulai dari jam 10.00 pagi sampai habis. Jadi jangan sampai kehabisan ya Teman Traveler!

Harga Es Puter Tape Ketan

20190726_131910_GWg.jpg
Es Puter Solo (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Harga satu porsi es ketan ini sangat terjangkau! Teman Traveler hanya perlu membayar Rp6.000/gelas. Sangat murah bukan? Untuk rasanya, tidak perlu dipertanyakan lagi deh. Enaknya buat satu mangkuk saja gak cukup! Jadi kapan main ke Solo dan coba langsung jajanan khasnya yang satu ini?

Dibuat dari Bahan Alami

20190726_131846_8d1.jpg
Es Puter Jadul (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Es tape ketan ini dibuat dari bahan yang alami. Beberapa bahan diantaranya ialah tepung kanji, santan kelapa, air putih, gula pasir, susu kaleng dan vanili. Terbuat dari bahan tanpa pengawet membuat rasa es yang satu ini sangat nikmat. Siap-siap ketagihan dengan jajanan khas Solo ini.

Itulah ulasan singkat mengenai Es Tape Ketan khas Solo yang sangat sayang untuk tidak Teman Traveler coba jika berkesempatan untuk berkunjung ke Solo. Pastikan alamatnya tidak salah dan datanglah dekat jam buka agar dapat mencicipi lezatnya Es Tape Ketan yang akan membawamu bernostalgia akan masa-masa kecil yang indah. Next

ramadan

Taman Wisata Batu Kapal Jogja, Arsitektur Tebingnya Buat Foto Lebih Sempurna

5 Cafe Instagramable di Bali, Spot Uniknya Begitu Memanjakan!