in ,

Es Sagwan, Jajanan Legendaris di Tegal

Kuliner Es Sagwan di Tegal

Es Sagwan
Es Sagwan

Kuliner Indonesia tak hanya enak tapi juga bikin ketagihan. Hampir semua kota memiliki makanan khas dengan cita rasa tersendiri. Begitu pula Tegal, kota kecil yang sebelumnya dikenal dengan Nasi Bogana. Makanan lezat yang terdiri dari nasi putih serta lauk pauk yang dibungkus dengan daun pisang.

Baca juga : 5 Kuliner Olahan Jengkol, Tak Hanya Disemur

Ternyata, makanan enak di sini tak hanya Nasi Bogana. Kamu wajib coba Es Sagwan yang susah ditemukan di tempat lain. Es Sagwan merupakan minuman segar dengan isinan adonan aci (tepung kanji) berbentuk panjang-panjang berwarna putih. Biasanya, kuliner ini disajikan dengan serutan es serta siraman sirup atau gula merah.

Es Sagwan dan Gorengan
Es Sagwan dan Gorengan [image source]
Kuliner dingin dan menyegarkan ini sendiri cukup legendaris. Konon, es ini diciptakan oleh seseorang bernama Sagwan sekitar tahun 60-an. Karena itu pula, kuliner di bernama Es Sagwan. Sementara itu, ada beberapa orang yang menyebutkan nama sebagai singkatan dari Seger Adem Glenggem Wangi Ancleng Niaket. Dalam bahasa Indonesia berarti segar, dingin, ringan diteguk, wangi, manis, dan kental kenyal.

Es Sagwan Khas Tegal
Es Sagwan Khas Tegal [image source]
Soal rasa, es sagwan tak perlu diragukan lagi. Beli seporsi, kamu bakalan ingin nambah lagi. Saat ini, warung penjual es sagwan tersebar di beberapa titik. Di antaranya, ada di Jl KS Tubun sebelah selatan RSUD Kardina, Jl. AR Hakim, Jl. Srigunting, Jl. Cendrawasih, Jl. Sumbirodo, dan masih banyak lagi cabang lainnya.

Soto dan Es Sagwan
Soto dan Es Sagwan [image source]
Hingga artikel ini ditulis, harga untuk seporsinya sangat terjangkau, yaitu Rp6.000. Sangat murah, apalagi untuk pecinta jajanan. Sebagian besar penjual es sagwan tak hanya menawarkan minuman segar ini. Namun, ada di antara mereka yang juga menyediakan gorenga, mie ayam dan soto. Tentu saja menjadi teman paling pas untuk menikmati makan siang di Tegal bukan?

Bagaimana, penasaran dengan kesegaran es Sagwan. Yuk, ke Tegal dan jangan lupa mampir ke deretan pantainya yang kece banget. Next

ramadan

Mama Toko Kue, Kafe dengan Ragam Kuliner Makassar yang Menggiurkan

Hotel dengan Paket Tahun Baru di Jakarta

Hotel di Jakarta yang Sediakan Paket Tahun Baru Seru, Siap-siap Berpesta!