in , ,

Excellent Bakery, Toko Roti Legendaris di Semarang yang Buka Sejak 1950

Toko roti legendaris di Semarang, Excellent Bakery, sudah berjualan sejak 1950. Mereka pertahankan resep roti jadul secara turun temurun.

Excellent Bakery

Kota Semarang identik dengan tempat wisata sejarah yang sampai sekarang menjadi destinasi favorit wisatawan, salah satunya adalah Lawang Sewu. Dulunya merupakan gedung perkantoran pada zaman Belanda yang sekarang menjadi museum dan galeri sejarah perkeretaapian. Tak jauh dari Lawang Sewu, sekitar 650 meter, terdapat toko roti legendaris bernama Excellent Bakery & Ice Cream

Baca juga : Ragam Olahan Daging Sapi di Pandaan, Nikmatnya Tiada Tara

Toko roti ini sudah buka sejak lebih dari setengah abad, tepatnya pada tahun 1950. Bernuansa klasik, toko roti ini juga menjadi pusat oleh-oleh yang patut kamu kunjungi saat liburan di Semarang. Yuk, simak 72 tahun perjalanan salah satu toko roti legendaris di Indonesia ini.

Bangunan Excellent Bakery bernuansa klasik

Excellent Bakery & Ice Cream pusat berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 169, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 650 meter dari Lawang Sewu, bisa ditempuh jalan kaki kira-kira 10 menit. Sementara, cabang lain ada di Jalan Gajah Raya Raya, Sambirejo, Gayamsari. Berlokasi lebih kurang 550 meter dari Masjid Agung Jawa Tengah.

Excellent Bakery
Foto via Instagram

Excellent Bakery & Ice Cream Imam Bonjol terletak di sebuah bangunan berpintu dan jendela kaca. Memasuki gedung, Teman Traveler dapat merasakan suasana klasik. Di bagian pinggir, terdapat lemari kayu tempat menyimpan berbagai produk roti di dalam kemasan plastik dan kardus.

Kuliner Semarang
Foto via Instagram

Sementara di bagian tengah ruangan, juga terdapat rak kayu tempat aneka roti. Di salah satu sudut toko, Teman Traveler akan melihat tembok berbata cokelat dengan hiasan berupa pintu oven jadul berwarna hitam. Di atasnya terdapat tulisan “Cikal Bakal” yang berarti awal mula.

Pertahankan resep selama 72 tahun

Mempertahankan bisnis kuliner bukan hal yang mudah, tetapi hal tersebut berhasil dilakukan oleh tempat kuliner satu ini. Berawal dari toko roti keluarga yang kini telah beroperasi selama 72 tahun. Tak heran jika pelanggan terus datang ke toko roti ini karena tekstur dan rasa roti yang lembut.

Excellent Bakery
Foto via Instagram

Rahasianya adalah mempertahankan resep warisan selama 72 tahun untuk menjaga rasa roti yang otentik. Mereka menggunakan bahan roti berkualitas tinggi dan tanpa bahan pengawet. Pengelolaan Excellent Bakery juga diturunkan dari generasi ke generasi.

Peralatan bikin roti berusia 20 tahun

Excellent Bakery
Foto via Instagram

Hal menarik lain dari toko roti ini yaitu mereka masih menggunakan timbangan jadul yang usianya sudah 20 tahun. Beberapa peralatan membuat roti berkapasitas besar juga berusia lebih dari 20 tahun. Mereka menjaga dan merawat peralatan bikin roti sedemikian rupa sampai bisa awet selama puluhan tahun. Bahkan, pembuat roti pun banyak yang sudah bekerja selama lebih dari 20 tahun di Excellent Bakery.

Excellent Bakery lestarikan roti jadul

Roti jadul menjadi primadona di Excellent Bakery. Toko roti ini mempertahankan resep dan bentuk roti asli yang mendapat pengaruh dari Eropa, khususnya Belanda. Terdapat beberapa roti jadul yang sudah ada sejak toko roti ini buka sampai sekarang. Seperti Roti Bloeder, Roti Tawar Casino yang bentuknya membulat, dan Roti Sobek alias roti sisir jadul.

Kuliner Semarang
Foto via Instagram

Selanjutnya ada Krenten Brood, yaitu roti manis berisi kismis dan sukade. Juga Warmbol Semir atau roti bagelen versi basah. Selain menyediakan berbagai produk roti, Excellent Bakery juga menjual es krim jadul aneka rasa dan berbagai kue kering.

Kuliner Semarang
Foto via Instagram

Harga roti bervariasi mulai dari Rp7.000 per biji. Sementara itu, harga kue kering, misalnya kastengel dan nastar mulai dari Rp50.000-an per stoples. Teman Traveler juga bisa mencicipi es krim rasa coklat, rum raisin, stroberi, jeruk, moka, vanila, tutti fruity, dan almond. Harganya Rp13.000 per cup.

Lengkapi liburan Teman Traveler di Semarang dengan membeli oleh-oleh aneka roti di Excellent Bakery. Selain datang langsung ke toko, Teman Traveler juga bisa memesan roti melalui aplikasi makanan online yang tertera di Instagram @excellentbakery. Next

ramadan
Taman bunga yang cantik di kawasan Puri Mataram Sleman

Berkunjung Ke Puri Mataram, Sajian Wisata Murah Meriah Dengan Suasana Asri

Barbeque sepuasnya di Hotel Harper Purwakarta dengan promo

Konsep Kuliner Baru di Purwakarta, Bisa Makan Daging Kambing dan Sapi Sepuasnya