in , , , , ,

Berkunjung Ke Puri Mataram, Sajian Wisata Murah Meriah Dengan Suasana Asri

Puri Mataram adalah wisata perpaduan alam dan budaya khas Jawa satu-satunya di Kabupaten Sleman menyajikan resto dengan menu tradisional sistem prasmanan

Taman bunga yang cantik di kawasan Puri Mataram Sleman
Taman bunga yang cantik di kawasan Puri Mataram Sleman

Yogyakarta sudah tidak diragukan lagi dengan sejuta wisata alam dan kuliner serta budayanya yang sangat berkesan. Bagi kamu yang berkunjung ke Jogja, tak lepas dengan area Malioboro dan tugu Jogja yang sangat fenomenal. Namun, Jogja sebelah Utara juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kabupaten Sleman ini juga menyuguhkan pesona alam lereng Merapi dan ratusan wisata lainnya seperti Puri Mataram. Perpaduan wisata alam dengan budaya khas Jawa yang begitu unik dan serasi.

Baca juga : Festival Tanjung Lesung 2019, Ajang Perpaduan Olahraga dan Budaya Banten

Taman bunga yang cantik di kawasan Puri Mataram Sleman
Taman bunga yang cantik di kawasan Puri Mataram Sleman. Foto via travelspromo.com

Bagi kamu yang ingin mengetahui budaya Jawa yang kental, Puri Mataram sebagai lokasi yang sangat rekomendasi. Lokasinya sangat strategis, berada di area kompleks perkantoran Kabupaten Sleman tepatnya di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

Suasana Khas Jawa Terpadu Dengan Taman Yang Indah

Sebagai lokasi dengan budaya Jawa yang sangat kental sehingga konsep yang disuguhkan terlihat seperti masa Kerajaan Mataram kuno. Wisata ini menjadi satu-satunya destinasi yang mengusung konsep vintage oriental kerajaan. Uniknya lagi, wisata ini milik desa yang dikelola oleh warga asli desa Tridadi. Meski demikian, Pemerintah setempat tetap memberikan kucuran dana untuk perkembangan sektor pariwisata.

Pintu amsuk yang khas dengan pintu masuk benteng kerajaan
Pintu masuk dengan bangunan khas ala pintu masuk kerajaan. Foto via tridadi.com

Selain taman, tersedia berbagai bangunan joglo yang menjadi bangunan utama untuk restoran. Sisi lain terdapat kolam ikan yang sangat luas dan dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air yang cukup menarik. Bagian sudut lainnya tersedia hamparan sawah yang menghijau dengan aura padi yang cukup menarik banyak pengunjung. Uniknya, berbagai spot seperti jembatan bambu biasa dijadikan background foto para pengunjung.

Spot unik di area wisata Puri Mataram
Spot unik di area wisata Puri Mataram. Foto via genpi.com

Ranting-ranting bambu inilah menjadi aksesories untuk berfoto selfie menjadi spot sajian paling artistik. Kerennya lagi, bambu ini akan terdengar tak beraturan namun tetap merdu bila tertiup angin. Bagi kamu yang penasaran, rasanya kamu cukup datang ke restorannya dan biaya parkir untuk kendaraanmu saja. Puri Mataram ini akan buka setiap hari sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Restoran Khas Jawa dengan Menu Tradisonal Yang Lezat

Restoran Joglo yang terdapat di Puri Mataram ini merupakan lokasi utama dari kawasan wisata. Bangunan Joglo ini adalah bangunan terbesar di Puri Mataram yang menyediakan masakan khas tradisional. Tentu saja kamu akan menemui menu menu seperti tempe, tahu, sayuran khas Jawa dengan harga yang sangat murah. Kamu dapat menemui harga mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 15.000.

Sajian prasmanan menjadi resto Puri Mataram ini terkesan sangat tradisional
Sajian prasmanan menjadi resto Puri Mataram ini terkesan sangat tradisional. Foto via business.site

Sistem penyuguhannya pun dengan cara prasmanan sehingga kamu bebas memilih dan mengambil sesuka hati namun tetap pada porsi yang kamu butuhkan ya! Nah, perlu kamu ingat ya teman traveler, Puri Mataram tidak menggunakan pembayaran chassless, jadi kamu harus membawa uang tunai untuk proses pembayaran.

Spot Keren di Puri Mataram

Puri Mataram ini juga disediakan kolam yang luas dengan sajian ikan-ikan yang cantik dan besar. Tak lupa berbagai wahanan seperti becak air yang berbagai bentuk dapat kamu naiki dengan memutari kolam serta memberi makan ikan. Selain itu ada taman kelinci yang sangat cocok untuk anak-anak ketika bermain. Mereka bisa menggendong dan memberi makan kelinci yang sudah disediakan.

Suasana sore hari di Puri Mataram yang sangat indah
Suasana sore hari di Puri Mataram yang sangat indah. Foto via yanacircle.com

Bila kamu ingin ke taman bunga, maka pengunjung diarahkan melewati jembatan bambu yang sangat eksotis. Dan bila hari libur Puri Mataram ini terdapat pasar dadakan yang disediakan diarea gubug-gubug kecil. Rasanya semacam pasar tempo dulu karena berbagai sajian masakan dan jajanan khas Jawa dapat kamu nikmati di pasar Ndelik area Puri Mataram.

Jembatan bambu yang sangat unik dan menawan di Puri Mataram Sleman
Jembatan bambu yang sangat unik dan menawan di Puri Mataram Sleman. Foto via wisatakaka.com

Uniknya sistem pembayaran didalam pasar Ndelik ini menggunakan pandel. Dimana pandel ini sebagai pengganti uang yang bisa kamu dapatkan dipintu masuk pasar dengan menukar uang terlebih dahulu dimana 1 pandel dihargai Rp. 1.000. Uang pandel ini berupa kayu sebagai alat tukar pembayaran sah di Pasar Ndelik. Next

ramadan
Kuppel Biergarten & Bar dengan kubah kaca yang mewah sehingga tampak langit Surabaya yang cantik

Jelajah Cafe Unik dan Nyentik di Surabaya, Bikin Betah Pengunjung

Excellent Bakery

Excellent Bakery, Toko Roti Legendaris di Semarang yang Buka Sejak 1950