in , , , , , , , ,

2D1N Explore Belitung, Taklukkan Pantai Eksotik hingga Kuliner Seafood yang Lezat

Jelajahi Belitung Hanya 2D1N Bisa Taklukkan Banyak Pantai Eksotik

Lengkuas Island via Shutterstock

Belitung atau Belitong yang dulunya dikenal sebagai Billiton merupakan sebuah pulau di lepas Pantai Timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tidak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda.

Baca juga : Berburu Tapis Lampung, Kain Tenun untuk Para Bangsawan

Pariwisata di Belitung mulai tumbuh pada awal 2000 an, saat ini pariwisata di tempat ini mulai mengalami peningkatan yang pesat sejak Boomingnya Film Laskar Pelangi pada tahun 2008, destinasi wisata di Belitung seperti Gantung, Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas mulai dikenali oleh wisatawan. Serta dengan ditetapkannya Pantai Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) dan juga ditetapkannya Pulau Belitung Sebagai Geopark Nasional, semakin mendukung Kegiatan Pariwisata di pulau ini.

Indahnya Laut dan Pasir Putih Pulau Kepayang (c) Fujiwati/Travelingyuk

Selama 2 hari 1 malam, Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa tempat wisata mulai dari Belitung barat hingga Belitung timur. Teman Traveler bisa memulai penjelajahan dari Belitung barat yaitu Pantai Tanjung Kelayang. Dari pantai ini, Teman Traveler bisa naik sebuah perahu untuk menyusuri pulau-pulau yang lain seperti Lengkuas dan Kepayang. Letak pulau yang berdekatan membuat Teman Traveler cukup menggunakan perahu saja untuk menyusuri pulau ini.

Day 1

Pantai Tanjung Kelayang

Indahnya Pantai Tanjung Kelayang (c) Fujiwati/Travelingyuk

Pantai ini memiliki puluhan batu granit raksasa yang sangat mirip dengan kepala burung garuda. Menurut cerita masyarakat setempat, batu tersebut dipercaya memiliki kekuatan mistis. Nama “Kelayang” diambil dari salah satu jenis burung yang ada di pantai ini. Pada tanggal 15 Maret 2016, Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016, dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. KEK Tanjung Kelayang dengan lahan seluas 324,4 hektare merupakan KEK ke-9 yang ditetapkan pemerintah sampai tahun 2016.

Pulau Lengkuas

Explore Pulau Lengkuas (c) Fujiwati/Travelingyuk

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, Teman Traveler bisa naik perahu untuk mengunjungi Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utamanya adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, Teman Traveler juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving.

Pulau Kepayang

Mencoba Memegang Bintang Laut (c) Fujiwati/Travelingyuk

Jika berangkat dari Pulau Lengkuas untuk menuju ke Pulau Kepayang, Teman Traveler membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit menggunakan perahu. Pulau ini memiliki laut yang jernih dengan pasir putih dan bebatuan granit yang besar. Teman Traveler bisa beristirahat dan menyantap makan siang. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menemukan bintang laut dengan mudah disini, karena banyak bintang laut yang berada di pinggiran pantai nya.  

Pantai Tanjung Tinggi

Menunggu Sunset di  Pantai Tanjung Tinggi (c) Fujiwati/Travelingyuk

Setelah menyusuri pulau, Teman Traveler kembali ke Pantai Tanjung Kelayang kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Tanjung Tinggi menggunakan bus. Keistimewaan dari pantai ini adalah batu granit dengan beraneka ragam ukuran, mulai dari hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Saat matahari mulai terbenam, pantai ini akan memancarkan pesona kecantikaannya yang luar biasa. Ciri khas yang mempesona membuat pantai ini banyak dikenal oleh wisatawan luar daerah maupun luar negeri. Pantai ini juga terkenal karena pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, jadi tidak jarang wisatawan luar menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi.  

Kulineran di Belitung

Menikmati Kuliner Seafood di Belitung (c) Fujiwati/Travelingyuk

Setelah menaruh barang-barang di hotel, Teman Traveler bisa berkunjug ke salah satu restoran. Teman Traveler bisa menikmati berbagai jenis hidangan seafood mulai dari kepiting asam manis, udang, sop seafood dan masih banyak lagi. Untuk rasanya, tidak perlu diragukan. Setelah menikmati hidangan seafood, Teman Traveler bisa menuju ke Kopi Kong Djie untuk menikmati malam.

Day 2

Belitung Timur

Mengunjungi Replika SD Laskar Pelangi (c) Fujiwati/Travelingyuk

Kemudian ke esokan harinya, Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa wisata yang ada di Belitung Timur seperti Danau Kaolin, Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Dermaga Kirana dan juga Rumah Ahok. Oh iya, Dermaga Kirana lokasinya tepat berada di seberang SD Laskar Pelangi, jadi sempatkan untuk mengunjungi danaunya juga ya.

Indahnya Pemandangan di Dermaga Kirana Belitung (c) Fujiwati/Travelingyuk

Jadi jika Teman Traveler ingin mengunjungi Pulau Belitung tapi hanya punya waktu sabtu dan minggu saja, tidak usah khawatir karena masih banyak yang bisa di dapatkan hanya dengan waktu 2 hari 1 malam, karena lokasi antara satu tempat ke tempat yang lain cukup berdekatan. Next

ramadan

Pecinta Dimsum Wajib Coba Restaurant yang Satu Ini!

Pagoda Avalokitesvara, Spot Foto Semarang Berasa di Luar Negeri