in , , , , ,

Pagoda Avalokitesvara, Spot Foto Semarang Berasa di Luar Negeri

Sensasi Luar Negerinya Kental Banget di Pagoda Ini

Pagoda Avalokitesvara (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Teman Traveler punya keinginan untuk berjalan-jalan ke luar negeri supaya bisa berfoto di beberapa landmark wisatanya, namum masih terkendala masalah biaya dan waktu? Jangan khawatir pasalnya Teman Traveler tetap bisa berjalan-jalan di Indonesia dengan spot foto yang bisa dibilang mirip dengan beberapa spot foto di luar negeri. Salah satunya bisa Teman Traveler jumpai di Semarang. Kota yang terkenal dengan lumpianya ini memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang menawarkan nuansa ala luar negeri.

Baca juga : Mie Ayam Ceker Pak Paino, Kelezatan Kontras di Jogja

Contohnya ada obyek wisata alam Brown Canyon yang memanjakan wisatawan dengan suasana ala Green Canyon di America Serikat, kemudian ada Masjid Agung Jawa Tengah yang mirip dengan bangunan Masjid Nabawi di Madinah, selain itu ada juga Kampung Pelangi yang membawa Teman Traveler seolah berada di Rainbow Village, Meksiko. Teman Traveler bisa berlibur di salah satu destinasi wisata ala luar negeri yang ada di Semarang ini, yaitu Pagoda Avalokitesvara. Penasaran dengan spot foto yang ala-ala luar negeri ini? Yuk, simak ulasannya.

Seperti Liburan ke Taiwan dan Tiongkok

Nampak Depan Pagoda (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Semarang sebagai salah satu kota yang multikultural ternyata memiliki banyak bangunan-bangunan yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Baik itu berupa tempat ibadah seperti masjid, klenteng, vihara, dan pura, maupun tempat-tempat bersejarah seperti Kota Lama dan Lawang Sewu.

Bangunan yang unik dan menjadi salah satu landmark Semarang adalah Pagoda Avalokitesvara. Pagoda merupakan kuil yang memiliki atap betumpuk-tumpuk, bergaya seperti gunung. Bangunan ini merupakan rumah ibadah bagi Umat Budha.

Pagoda ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Budha hingga saat ini, namun tempat ini dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wisata andalan Semarang.

Pita Merah (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Bahkan banyak wisatawan yang keluar masuk Pagoda baik untuk sekedar melihat-lihat hingga menjadikannya sebagai spot berfoto. Tidak mengherankan memang, mengingat Pagoda Avalokitesvara memiliki nuansa ala Pagoda di Sun Moon Lake, Taiwan. Ketika berada di lokasi, Teman Traveler seakan lupa kalau sedang berada di Semarang lantaran bentuk, desain dan berbagai ornamen di Pagoda Avalokitesvara ini memang mengadopsi arsitektur ala Tiongkok dan Thailand.

Selain itu, di pelataran pagoda terdapat Pohon Bodhi sebagai lambang keabadian, di bawahnya terdapat patung Buddha yang sedang duduk bersila. Ada banyak sekali pita merah dengan huruf-huruf kanji berwarna kuning yang terikat di ranting-ranting pohon. Pengunjung yang mempercayainya akan menuliskan nama, harapan serta doa di pita-pita tersebut. Berfoto di antara pita-pita merah ini akan membuat suasana serasa di Negeri Tiongkok loh Teman Traveler.

Pagoda Tertinggi Kedua di Indonesia

Pagoda Avalokitesvara memiliki ketinggian sekitar 45 meter, menjadikannya sebagai pagoda tertinggi ke dua di Indonesia. Awalnya rekor pagoda tertinggi dimiliki oleh pagoda ini, namun posisi itu bergeser setelah pada tahun 2010 lalu Pagoda Lumbini telah diresmikan. Pagoda Lumbini yang berada di kawasan Taman Alam Lumbini, Karo ini memiliki ketinggian sekitar 46,8 meter. Kendati demikian ke dua pagoda ini memiliki desain dan arsitektur yang berbeda.

Jika Pagoda Avalokitesvara merupakan bangunan yang mirip dengan Pagoda yang ada di Sun Moon Lake, Taiwan, berbeda dengan Pagoda Lumbini yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagong di Yangon, Myanmar. Masing-masing bangunan meiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri.

Bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong

Patung Buddha (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Pagoda Avalokitesvara merupakan bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong yang terletak di kawasan Pudahpayung, Banyumanik, Semarang. Kompleks Vihara Buddhagaya ini terdiri dari dua bangunan induk utama yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Dharmmasla serta beberapa bangunan lainnya di sekitar kompleks vihara.

Patung Sang Buddha (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Di dalam Pagoda Avalokitesvara terdapat patung Dewi Kwam Im dengan tinggi sekitar 5 meter. Sedangakan Dharmmasla merupakan bangunan yang terdiri dari dua lantai.

Lantai dasar biasanya digunakan sebagai aula serbaguna dan lantai atas digunakan untuk upacara keagamaan. Di lantai atas ini, Teman Traveler dapat menjumpai Patung Sang Buddha dengan ukuran yang besar dan berwarna keemasan.

Salah Satu Spot di Pagoda (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Bangunan lainnya yang terdapat di kompleks vihara adalah Watugong, Plaza Borobudur, Kuti Meditasi, Pohon Boddi, Kuti Bhikku, Buddha Parinibana, Abhaya Mudra, dan Taman Bacaan Masyarakat.

Tarif Masuk

Spot Pagoda (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang tertarik untuk mengunjungi Pagoda Avalokitesvara tidak perlu khawatir dengan tarif atau tiket masuknya.

Yayasan Buddhagaya selaku pengelola dan penanggung jawab vihara tidak menarik biaya tiket masuk alias gratis. Namun, pengunjung hanya akan dikenai biaya retribusi parkir seikhlasnya saja.

Patung Buddha Tertidur (c) Eka Oktavikasari/Travelingyuk

Jangan lupa, ketika berada di kompleks Vihara Buddhagaya ini Teman Traveler harus berlaku dan bertutur kata yang sopan serta menggunakan pakaian yang tertutup, karena tempat ini merupakan tempat suci dan tempat beribadah bagi umat Budhha.

Bagaimana nih Teman Traveler, sudah siap “keliling dunia” di Semarang? Next

ramadan

2D1N Explore Belitung, Taklukkan Pantai Eksotik hingga Kuliner Seafood yang Lezat

Menikmati Keindahan Alam Depok dari Ketinggian di Kafe Instagenic Ini