in , ,

7 Fakta Menarik Hongaria, Negara Tertua Di Eropa

Hongaria atau Hungaria merupakan negara yang terletak di Eropa Tengah. Hongaria didirikan pada tahun 897 sebelum Negara Prancis dan Jerman berdiri dan sebelum penyatuan Kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Negara ini pernah menjadi rebutan 3 kekuasaan terbesar di dunia yaitu Kekaisaran Romawi, Kesultanan Ottoman dan Kekaisaran Mongolia.

Baca juga : Pagoda Shwedagon, Tempat Disimpannya Helaian Rambut Buddha

Dikarenakan sejarahnya yang kuat dan berpengaruh di dunia Hongaria banyak memiliki peninggalan sejarah yang unik dan menarik. Berikut 5 fakta menarik Hongaria Negara tertua di Eropa.

Memiliki Dua “Ibukota”

Via IG @cinuuus

Budapest merupakan ibukota Negara Hongaria sekaligus kota terbesar di negara tersebut dengan jumlah penduduk 1,7 juta jiwa. Pada tahun 1873, Kota Buda dan Kota Obuda (Buda tua) di pinggir sebelah barat sungai Danube disatukan dengan Kota Pest di sebelah pinggir timur sungai, sehingga menjadi kota Budapest dua kota ini dihubungkan dengan jembatan.

Kota ini juga memiliki sumber air panas terbanyak di dunia. Sekitar 70 juta liter air panas keluar ke permukaan setiap harinya. Sumber air panas tersebut menjadikan banyaknya pemandian-pemandian untuk kesehatan dan tradisi mandi yang sudah biasa sejak zaman Kekaisaran Romawi. Sampai sekarang tempat-tempat pemandian ini masih ada dan dipertahankan arsitektur aslinya.

Gedung Parlemen Terbesar Di Dunia

Via IG @pitravelers

Gedung Orszagha merupakan gedung Parlemen Hongaria yang terletak di kota Budapest ini memiliki luas 18.000 km persegi, mempunyai 691 kamar, 20 kilometer total panjang tangga dan tingginya 96 meter. Gedung ini dihiasi 90 patung di bagian depannya dengan berat 40 kg dan terdiri dari 23 karat emas. Gedung ini dibangun pada tahun 1885 dan selesai pada tahun 1902.

Gedung ini merupakan salah satu gedung legislatif tertua di Eropa dan merupakan tujuan wisata yang populer di Hongaria. Bahkan luas gedung ini mengalahkan gedung parlemen Westminster Palace dari Inggris yang terkenal megah dan super mewah itu.

Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua Di Eropa

Via IG @inspirationtravelhungary

Hongaria juga memeiliki sistem kereta bawah tanah tertua di Eropa selain di Kota London di Inggris. Jalur kereta ini dibuka pada tahun 1896 ketika Hongaria merayakan hari jadinya yang ke-1000, oleh sebab itu dinamai Millenium Underground. Jalur kereta ini digunakan sebagai kereta bawah tanah M1 dan menghubungkan pusat kota dengan City Park.

Sinagoge Terbesar Di Dunia

Via IGguest_churches

Sinagoge atau Kanisah merupakan tempat ibadah umat yahudi. Di Hongaria terdapat Sinagoge terbesar di dunia yaitu Sinagoge Dohany Street. Sinagoge ini dapat menampung 3000 jamaah, dengan tinggi 44 meter dan luasnya 2000 meter persegi. Sinagog ini dibangun pada tahun 1854 dan 1859 dengan gaya arsitektur Neo-Moorish.

Makam Gul Baba

Via IG @hjulis91

Gul Baba merupakan seorang darwis Kesultanan Ottoman yang disegani. Tempat pemakamannya dibangun selama invasi Kekaisaran Turki Ottoman pada abad ke 16. Dia dihormati sebagai orang suci dan setelah dia meninggal pada tahun 1541, kuburannya di sisi Kota Buda menjadi tempat favorit umat Islam sebagai tempat untuk berziarah.

Tempat ini dibangun antara tahun 1543 dan 1548 ini merupakan sedikit dari peninggalan bangunan Turki di Hongaria. Bangunan peninggalan lainnya adalah Kiraly dan lokasi pemandian Rudas Turkish.

Negara Orang-Orang Pintar

Via IG @futurism

Pada tahun 2007, ada 13 orang Hongaria yang mendapatkan Nobel dalam semua bidang kecuali perdamaian. Tingkat baca tulis orang Hongaria mencapai 99%. Selain menghasilkan ilmuan-ilmuan terkemuka di dunia. Hongaria juga menghasilkan komposer musik klasik yang terkenal seperti Béla Bartók, Zoltán Kodály dan Franz Liszt. Bahkan balpoint yang biasa kamu pakai untuk menulis diciptakan oleh orang Hongaria yang bernama Laszlo Biro. Beberapa penemuan-penemuan ini dipajang di museum Center of Scientific Wonders yang menjadi tempat wisata populer di Hongaria.

Gulyásleves Sup Yang Mengugah Selera

Via IG @tibor_cook

Gulyásleves merupakan makanan khas dari Hongaria yang terbuat dari daging sapi, sayur-mayur, paprika dan bumbu-bumbu lain. Sup ini berasal dari makanan yang dimasak oleh penggembala yang terbuat dari daging sapi, sayur-mayur, paprika dan bumbu-bumbu lain. Sup ini berasal dari makanan yang dimasak oleh penggembala, gulyás berarti gembala dan leaves yang berarti sup.

Goulash rebus dan Dobos torte atau Dobosh merupakan makanan yang juga terkenal di Hongaria. Di samping itu masih ada kue dan roti lainnya, seperti Langos, Palacsinta, Porkolt yang bakal bikin kamu ketagihan.

Nah itu tadi 7 fakta menarik Hongaria negara tertua di Eropa bagaimana kamu sudah tertarik mengunjunginya?. Next

ramadan
Hotel Kuda

Hotel ⭐⭐⭐⭐⭐ Untuk Kuda, Dari Kandang Marmer sampai Kasur Hipoalergenik

Museum Ganesya

Museum Ganesya, Belajar Sejarah di Malang dengan Cara Menyenangkan