in , ,

Museum Ganesya, Belajar Sejarah di Malang dengan Cara Menyenangkan

Museum Ganesya
Museum Ganesya

Jika kamu berada di Malang dan ingin berwisata edukasi yang menyenangkan, tak ada salahnya mengunjungi Museum Ganesya. Museum ini memiliki berbagai koleksi seperti arca, terakota, kendi, patung keris dan juga berbagai jenis batu bata. Beberapa miniatur candi juga ada di sini. 

Baca juga : 4 Tempat Makan Legendaris di Solo, Rasa Menu Andalannya Bikin Melongo

Pengunjung berada di area peninggalan kerajaan, Museum Ganesya. foto Bayu

Tempat ini menjadi salah satu destinasi baru di kota Malang yang dibuka pada tanggal 5 Juni lalu, sementara grand opening pada tanggal 12 juli mendatang. Lokasinya berada di area perumahan Graha Kencana dan menjadi satu bagian dari wisata Hawai Waterpark.

Gong besar yang berada di halaman luar museum Ganesya. foto Bayu

Museum ini bertempat di loket masuk Hawai Waterpark. Berada di dua lantai, yaitu lantai dua dan lantai tiga. Sementara yang lantai satu digunakan sebagai jalan masuk ke museum dan juga wisata Hawai.

Pengunjung berada di lanta dua, berbagai wayang dan topeng ada di sini. foto Bayu

Di lantai dua, berbagai peninggalan budaya dan kesenian tertata rapi. awal memasuki lantai dua, kamu akan melihat jajaran wayang potehi dengan latar merah yang menarik perhatian. Jalur untuk berjalan dibuat memutar, jadi bisa menikmati apa yang disuguhkan di sini tanpa khawatir terlewat.

Pengunjung melihat koleksi wayang Potehi di museum Ganesya. foto Bayu

Setelah melihat wayang potehi, berjajar topeng-topeng dan juga berbagai wayang lainnya yang merupakan karya budayawan Malang dan juga dari berbagai daerah di Indonesia. Ada sebanyak 1.000 jenis topeng Malangan dan karya kesenian lainnya. Berbagai jenis kesenian ini diantaranya adalah gamelan, reog ponorogo dan masih banyak lagi hasil karya dari seluruh Indonesia.

Selain hanya melihat, kamu juga dapat mencoba memainkan alat musik gamelan. bahkan ada yang menjaganya, jika kamu ingin belajar dan bertanya, dengan senang hati mereka akan menerangkan.

 Pengunjung bermain gamelan di museum Ganesya. foto Bayu 

Lain halnya di lantai tiga, kamu akan menyusuri kejayaan berbagai kerajaan. Berbagai peninggalan era kerajaan Singosari hingga Kerajaan Majapahit ada di sini. berbagai macam peninggalan itu berupa guci dan perlengkapan yang biasa digunakan sehari-hari hingga pusaka. ada juga deretan patung Presiden Indonesia yang menyerupai karikatur. Mulai Soekarno hingga Joko Widodo yang saat ini menjabat sebagai Presiden Indonesia. 

Peninggalan era kerajaan yang terpampang di museum Ganesya. foto Bayu

Untuk menuju lokasi ini jika dari arah Surabaya sangat mudah. setelah exit tol Karanglo menuju arah Kota Malang, tak jauh dari exit tol sebelah kiri jalan terdapat perumahan Graha Kencana, masuk hingga menemukan museum ini. 

Pengunjung berfoto dengan background topeng, di museum Ganesya. foto Bayu.

Selain berwisata di museum, kamu juga dapat bermain permainan air dan lainnya di Hawai Waterpark. beragai permainan air seperti merasakan sensasi di terjang gelombang tsunami ada di sini. Next

ramadan

7 Fakta Menarik Hongaria, Negara Tertua Di Eropa

Bermain perahu dayung (c) Latifah/Travelingyuk

Serunya Bermain Canoe di Pantai Drini Yogyakarta