in ,

7 Fakta Menarik Indonesia yang Buat Kamu Makin Bangga!

Deretan Fakta Menarik Indonesia yang Buatmu Bangga dan Makin Cinta!

Indonesia dikenal memiliki beragam budaya dan destinasi indah yang begitu memanjakan turis baik domestik maupun mancanegara. Namun, apakah Teman Traveler tahu bahwa Tanah Air juga memiliki fakta unik lainnya yang belum banyak orang ketahui? Ulasan ini akan menjabarkan 7 fakta menarik tentang Indonesia yang pasti akan membuat Teman Traveler bangga lahir dan hidup di negara yang baru saja merayakan hari ulang tahun ke 75 ini.

Baca juga : Ucok Durian Bogor, Asli Langsung dari Medan!

1. Danau Toba

Danau Toba via Instagram @el_sunny11

Fakta menarik yang pertama adalah Indonesia memiliki Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Mungkin danau yang satu ini tidak asing di telinga Teman Traveler, tapi apakah Teman Traveler tahu bahwa Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dengan panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan mempunyai kedalaman 505 meter yang dibentuk langsung oleh alam.

2. Komodo

Komodo via Instagram @santi_mustika

Sama halnya dengan negara lain, Indonesia juga memiliki binatang yang tidak bisa Teman Traveler jumpai di negara lainnya. Salah satu diantaranya adalah Komodo. Hal yang paling menarik, Komodo merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup hingga hari ini. Teman Traveler dapat menemukan spesies biawak besar ini di Pulau Komodo, Rica, Gili Motang, dan Gili Dasami yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

3. Puncak Cartenz

Puncak Cartenz via Instagram @yaftebbi

Teman Traveler yang gemar mendaki pasti sudah tidak asing dengan Puncak Cartenz yang masih merupakan bagian dari Barisan Sudirman yang berlokasi di Provinsi Papua. Piramida Carstensz atau dikenal dengan sebutan Puncak Jaya merupakan satu-satunya wilayah khatulistiwa yang bersalju. Sehingga jangan heran jika puncak yang satu ini begitu terkenal di kalangan pendaki.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur via Instagram @viajerosaladeriva

Seperti yang Teman Traveler dengar, Candi Borobudur yang pernah masuk dalam 10 keajaiban dunia ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-19. Candi Borobudur terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Selain menikmati arsitektur candi yang unik, Cand Borobudur juga kerap dijadikan tempat untuk melihat sunrise sehingga banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata ini.

5. Blue Fire, Kawah Ijen

Blue Fire via Instagram @ijenexpedition

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.386 mdpl yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Daya tarik utama dari gunung ini adalah kawah birunya yang menawan. Hal yang spesial dari kawah ini, Teman Traveler dapat menyaksikan Blue Fire yang hanya dapat diaksikan pada 2 tempat di dunia dan salah satunya adalah Kawah Ijen, Banyuwangi. Keren ya?

6. Cincin Api Dunia

Gunung Merapi via Instagram @gemilangmiko

Jika Teman Traveler bertanya mengapa terdapat banyak sekali gunung berapi di Tanah Air. Jawabannya karena Indonesia merupakan cincin api dunia karena memiliki kurang lebih 400 Gunung Berapi dimana 130 diantaranya masih aktif. Sehingga jangan heran jika Indonesia juga sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi.

7. Negara Kepulauan Terbesar Dunia

Pulau Padar via Instagram @catherineyucia

Hal yang tidak kalah unik dari Indonesia adalah menduduki predikat pertama sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah 1,904,569 kilometer persegi yang berhasil mengalahkan Madagarkar dengan luas wilayah 587.041 kilometer persegi hingga Jepang dengan luas wilayah hanya 337.915 kilometer persegi.

Bagaimana? Adakah dari beberapa fakta menarik tersebut yang belum Teman Traveler ketahui sebelumnya? Tidak ada alasan lagi untuk tidak mencintai Tanah Air dengan segenap raga dan jiwa. Selamat Ulang Tahun NKRI yang ke 75! Next

ramadan

Rayakan Kemerdekaan di Gunung Merbabu, Pendakian Jalur Suwanting!

4 Menu Lezat Ingka Restoran Seminyak, Buat Liburamu Lebih Sempurna!