in ,

Rekomendasi Festival Bulan Desember 2018, Mulai dari Budaya hingga Film

Festival di Bulan Desember 2018, Paket Komplit Mulai dari Film sampai Budaya

Festival Bulan Desember 2018
Festival Bulan Desember 2018

Penghujung tahun 2018 sudah di depan mata, saatnya habiskan jatah cuti tahunan. Agar liburan lebih maksimal, Teman Traveler bisa jelajah destinasi wisata di daerah yang sedang melaksanakan festival. Tak sekedar melepas penat, momen liburan juga jadi lebih menyenangkan dengan memori pertunjukan seni budaya setempat. Bagi Teman Traveler yang berniat liburan sembari menyaksikan festival, berikut rekomendasi destinasi dari Travelingyuk.

Baca juga : Potret Cantiknya Gunung Rinjani Bertopi, Yuk Intip Pesonanya di Sini!

Festival Wonderful Halmahera Utara 26 November-1 Desember

Sudut Tanjung Bongo, Lokasi Festival Wonderful Halmahera 2018 via Instagram @nruladisty
Sudut Tanjung Bongo, Lokasi Festival Wonderful Halmahera 2018 via Instagram @nruladisty

Kali ini Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Halmahera Utara akan mengadakan festival bulan Desember 2018 ini. Bertajuk Festival Wonderful Halmahera Utara yang akan dilaksanakan mulai 26 November 2018-1 Desember 2018. Event dengan pusat acara di Tanjung Bongo, yang dikenal sebagai miniatur Raja Ampat, ini bertujuan untuk mengenalkan budaya lokal dan mempromosikan potensi pariwisata kabupaten ini. Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara juga mengagendakan untuk memecahkan rekor MURI goyang tobelo terpanjang di jalan pemerintahan. Kegiatan dalam event ini diantaranya balap sepeda, lari maraton 10 kilometer, lomba seni budaya, lintas alam Gunung Dukono, dan banyak lainnya.

Jogja Netpac Asia Film Festival 27 November-4 Desember

JAFF 2018 via Instagram @jogjapunyaacara
JAFF 2018 via Instagram @jogjapunyaacara

Festival bulan Desember 2018 kali ini datang dari dunia perfilman, Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-13. Kembali digelar pada tanggal 27 November-4 Desember 2018 bertempat di Kota Jogja. Festival film ini bertujuan untuk memperkenalkan sinema Asia ke khalayak luas, hasil kerja sama antara Jogja Asian Film Festival (JAFF) dengan Network for the Promotion of Asia Pasific Cinema (NETPAC), sebuah organisasi internasional untuk memberi wadah bagi penggiat film di Asia. Selain seni, festival ini pun menjadi jembatan bagi sektor budaya dan pariwisata. Agenda akan dibagi menjadi 3 lokasi yaitu Jogja National Museum, Empire XXI Yogyakarta, dan Cinemaxx Lippo Plaza. Selain pemutaran film, akan ada penghargaan dalam bidang perfilman. Teman Traveler yang ingin menyaksikan, bisa membeli tiket di situs resmi JAFF mulai 21-26 November 2018.

Festival Pesona Budaya Minangkabau 28 November-2 Desember

Arakan 1111 Jamba saat Pembukaan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2017 via Instagram @kuntumchairaa
Arakan 1111 Jamba saat Pembukaan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2017 via Instagram @kuntumchairaa

Tahun 2018 ini giliran Kabupaten Tanah Datar yang menjadi tuan rumah untuk Festival Pesona Budaya Minangkabau. Beberapa agenda yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November-2 Desember ini diantaranya adalah pertunjukan seperti Tari Massal Minangkabau, Pawai Budaya Minangkabau dan Raja Nusantara, Pacu Jawi, pameran benda-benda pusaka, kompetisi olahraga, dan banyak lainnya. Agenda tersebut akan dilangsungkan di tiga lokasi yaitu Istano Basa Pagaruyuang, Lapangan Cindua Mato, dan Gedung Nasional.

Festival Danau Toba 5-8 Desember

Festival Danau Toba 2017 via Instagram @mitromamo
Festival Danau Toba 2017 via Instagram @mitromamo

Festival di bulan Desember 2018 yang satu ini jangan sampai dilewatkan, telah diselenggarakan semenjak tahun 1980an. Semenjak tahun 2013, festival ini diadakan bergantian di wilayah yang menduduki Danau Toba. Festival Danau Toba 2018 akan dilaksanakan pada 5-8 Desember di Kabupaten Dairi, tepatnya di sepanjang Pantai Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan. Alternatif pusat kegiatan berada di area Tugu dan Makan Raja Silahisabungan atau lapangan terbuka Desa Silalahi II. Festival Danau Toba mempunyai beragam agenda diantaranya kompetisi olahraga tradisional, pertunjukan seni dan budaya, pameran, seminar pariwisata, dan banyak lainnya.

Batam International Culture Carnival 8-9 Desember

Batam International Culture Carnival 2017 via Instagram @matakaca_photoart
Batam International Culture Carnival 2017 via Instagram @matakaca_photoart

Batam International Culture Carnival tahun ini akan digelar pada tanggal 8-9 Desember 2018, tepatnya di Jalan Imam Bonjol, Nagoya. Event berskala internasional ini diselenggarakan dalam rangka perayaan ulang tahun Batam ke-189. Selain itu, festival di bulan Desember 2018 ini berjutuan untuk memperkenalkan Batam ke publik terutama ke negara-negara selain Indonesia. Beberapa agenda adalah pertunjukan seni budaya Melayu dan kepulauan, wisata kuliner nusantara, dan parade karnaval. Pawai karnaval akan dimeriahkan oleh pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer dari Indonesia dan internasional.

Lovely Toraja atau Lovely Desember 28-29 Desember

Lovely Desember 2017 via Instagram @pia_toraya_official
Lovely Desember 2017 via Instagram @pia_toraya_official

Lovely Toraja atau disebut juga Lovely Desember tahun ini akan digelar di Makale, ibu kota Kabupaten Tana Toraja pada 28-29 Desember 2018. Event yang termasuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018 ini diselenggarakan untuk semakin menggencarkan potensi pariwisata di kawasan Tana Toraja dan sekitarnya. Agenda dalam festival ini diantaranya adalah pagelaran seni Toraja, festival kopi, perayaan Natal, dan banyak lainnya.

Festival Kora-Kora Ternate (Akhir Desember)

Festival Kora-Kora 2017 via Instagram @jpnncom
Festival Kora-Kora 2017 via Instagram @jpnncom

Akhir Desember ini Ternate akan mengadakan Festival Kora-Kora yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Kora-kora merupakan kapal khas Kesultanan Ternate yang digunakan sebagai armada berperang pada zaman dahulu. Festival ini dilaksanakan demi memperkenalkan Kora-kora sebagai salah satu potongan sejarah dan budaya Ternate, selain itu juga demi menghidupkan kembali wisata bahari Ternate. Akan menampilkan beragam atraksi, diantaranya parade perahu kora-kora, lomba dayung perahu tradisional, dan pertunjukan seni budaya tradisional Ternate lainnya.

Itulah festival bulan Desember 2018 yang dilaksanakan di Indonesia. Saat yang tepat untuk menjelajah di daerah tersebut, selain pergi ke berbagai destinasi wisatanya, Teman Traveler juga sekalian menyaksikan secara langsung festivalnya. Mau ke festival yang mana nih? Next

ramadan
Pesona Alam Pulau Yamdena

Pesona Alam Pulau Yamdena, Salah Satu Wilayah Terluar Indonesia yang Berbatasan dengan Australia

Via Instagram/whulandary

Whulandary Herman Traveling ke Bali, Begini Potret Anggunnya Sampai yang Romantis