in , ,

6 Festival di India yang Serba Meriah dan Penuh Warna

Menjelajahi India Sekaligus Melihat Festival

Festival Kumbhalgarh via instagram @rahulsn852
Festival Kumbhalgarh via instagram @rahulsn852

India memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak ragam festival. Uniknya, setiap festival memiliki ciri khas tersendiri sesuai agama dan budaya penganutnya. Nah, buat Teman Traveler yang berlibur di India, berikut rekomendasi festival yang bisa dikunjungi.

Baca juga : 5 Negara Tujuan Wisata Medis, Kamu Wajib Tahu!

1. Festival Hornbill

Festival di India Desember
Perayaan Festival Hornbill / via instagram @travelstoriesbysuhail

Festival Hornbill atau disebut juga festival burung rangkong adalah perayaan Suku Nagaland, India untuk menjaga dan melestarikan warisan budayanya. Dalam perayaan ini, semua masyarakat terlibat karena menganggapnya sebagai festival yang sakral. Peserta pun menggunakan pakaian perang tradisional untuk memeriahkannya.

Festival tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pariwisata dan Seni & Budaya Negara ini biasanya berlangsung satu pekan, yaitu mulai 1-10 Desember. Lokasinya di Naga Heritage Village, Kisama yang berjarak sekitar 12 Km dari Kohima.

Dalam acara ini, teman traveler akan dimanjakan dengan warna-warni kecantikan budaya suku-suku Nagaland. Beberapa kegiatan seperti gulat naga, pameran kesenian tradisional (lukisan, seni patung, dan ukiran kayu), kuliner, naga morungs (menghias laki-laki yang belum menikah), peragaan busana, konser musikal, serta panahan tradisional bisa dinikmati di sini.

2. Festival Kumbhalgarh

Festival di India Desember
Festival Kumbhalgarh di malam hari / via instagram @rahulsn852

Merupakan pertunjukan seni budaya yang digelar untuk memperingati kontribusi Maharana Kumbha dalam dunia seni budaya. Festival tahunan ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Kumbhalgargh, Rajasthan dengan menghadirkan seniman, musisi, penari, hingga kesenian terbaik.

img_20191206_154744_7T6.jpg
Pertunjukan Festival Kumbhalgarh pada siang hari / via instagram @sancharinandi

Festival Kumbhalgargh biasanya diadakan selama 3 hari pada awal Bulan Desember, yaitu tanggal 1-3 Desember. Festival ini diadakan pada siang dan malam hari dengan menampilkan berbagai tarian, musik, serta kompetisi menarik untuk wisatawan seperti memanah dan mehendi.   

Menariknya, kegiatan ini diadakan dengan latar belakang benteng kumbhalgarh yang megah. Dimana benteng ini dianggap sebagai tembok terbesar kedua setelah tembok besar cina. Benteng ini juga dihiasi lampu-lampu yang berkilau indah pada malam hari.   

3. Festival Lumbini

img_20191206_185321_2wc.jpg
World Peace Stupa, Lumbini / via instagram @siraj.ig

Festival Lumbini adalah sebuah perayaan untuk penghormatan terhadap warisan ajaran Budha. Dimana nama “Lumbini” merupakan sebuah tempat kelahiran Sang Budha Gautama yang telah mengajarkan nilai cinta, ketenangan, kasih sayang, kesabaran, kedamaian serta kebebasan dalam agama Budha.  

Festival tahunan ini diselenggarakan di Nagarjunasagar , Hyderabad (ibu kota Telangana di India Selatan) oleh Pariwisata Andhra Pradesh. Festival di India ini berlangsung selama 3 hari pada pertengahan Bulan Desember  dengan berbagai kegiatan, seperti tarian, permainan, dan musik. Bendungan Nagarjunasagar juga dihiasi lampu-lampu selama festival yang semakin menambah kemegahan acara.  

4. Christmas atau Bada Din

Festival di India Desember
Nuansa Christmas di India / via instagram @ajtheshutterbug

Perayaan Natal di India biasa disebut dengan Bada Din (hari besar). Uniknya, masyarakat India mempunyai cara yang berbeda-beda untuk merayakannya. Ada yang menyalakan lampu tanah liat di atap dan dinding rumah, menyanyikan lagu sepanjang malam selama satu minggu, menceritakan kisah Natal kepada semua orang, serta menghias pohon mangga atau pisang dengan hiasan Natal.  

Selain itu, juga ada yang menghias gereja dengan bunga poinsettia dan diterangi dengan lampu lilin. Di rumah-rumah dan sepanjang jalan, teman traveler akan melihat gemerlap lampu warna-warni dengan beragam bentuk. Seperti bintang-bintang raksasa, lentera kertas, dan lampu peri.  

5. Festival Musik Chennai atau Madras music season

img_20191206_185404_8CY.jpg
Hiburan Musik karnatik / via instagram @kovilakkath

Festival musik Chennai adalah hiburan yang menampilkan seni musik karnatik, yaitu jenis musik tradisional India. Acara ini diselenggarakan pada pertengahan Desember hingga Januari di berbagai tempat di Chennai. Selain musik, kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan tari.  

Di sini teman traveler akan dimanjakan dengan alunan musik dari alat musik tradisional India. Seperti seruling, veena, goottuvadyam, nagaswaram, thavil, mridangam, dan juga ghatam. Festival ini juga dihadiri oleh seniman India maupun internasional ternama, lho.   

6. Festival Tari Mamallapuram 

Festival di India Desember
Festival Tari Mamallapuram / via instagram @gandhi_sankar_photography

Festival tari Mamallapuram merupakan perayaan tahunan yang digelar sebagai penghormatan pada kekayaan seni budaya Tamil Nadu. Kegiatan ini diadakan selama 4 minggu mulai Desember hingga Januari. Tarian klasik India, seperti Bharatanatyam, kuchipudi, kathak, odissi, mohiniyattam, kathakali dan juga tarian rakyat, akan memanjakan teman traveler.   

Nah, itulah beberapa rekomendasi festival di India yang diselenggarakan Bulan Desember. Teman Traveler pengin berkunjung ke festival yang mana? Next

ramadan
Warung Sop Kakap Bu Ndut

Sop Kakap Bu Ndut, Kuliner Nikmat Semarang yang Melegenda

Deretan Bangunan Bersejarah di Sekitar Alun-Alun Malang, Gedung Mewah Sarat Kisah