in ,

Deretan Foto Wuhan Pasca Virus Corona, Terisolir Seperti Kota Zombie

Geliat tenaga medis dipertaruhkan

Suasana Wuhan pasca merebaknya virus Corona berubah 180 derajat. Ibukota Provinsi Hubei, Tiongkok yang terkenal dengan geliat ekonominya ini lumpuh total pasca pemerintah setempat memutuskan mengisolasi kota ini. Dengan kata lain, tidak ada warga yang bisa keluar-masuk Wuhan kecuali otoritas dan tenaga medis. Berikut kondisi Kota Wuhan yang berhasil terekam dalam jepretan kamera.

Baca juga : Pria ini Menggantung di Belakang Kereta! Apa Alasannya?

Pasca Diisolir, Kota Jadi Sepi dan Nyaris Tak Berpenghuni

Suasana Kota Wuhan, Tiongkok via Getty Images

Suasana perkotaan jadi sepi sejak virus Corona memakan korban jiwa di Wuhan. Aktivitas masyarakat dibatasi, jalanan ditutup, dan geliat perekonomian nyaris lumpuh.

Nyaris Tak Ada Aktivitas, Bagaikan Kota Mati

Salah satu sudut jalan Kota Wuhan via Getty Images

Sudut-sudut kota yang dulunya ramai sekarang sepi sejak ada aturan pembatasan aktivitas warga. Suasana Wuhan tak ubahnya seperti kota mati yang berhantu.

Siapapun yang Keluar Wajib Menggunakan Masker

Seorang Ibu yang sedang memeriksa kesehatan anaknya via Getty Images

Dikarenakan virus corona dapat menular antar manusia, masyarakat yang hendak keluar rumah diwajibkan menggunakan masker dan pakaian yang ketat. Hal ini guna menghindari tertular virus corona.

Tiap Warga yang Beraktivitas Wajib Dicek Kesehatannya Tiap Hari

Seorang pengendara mobil yang dicek temperaturnya via Getty Images

Untuk mencegah penyebaran virus, tiap warga dicek kesehatannya tiap hari. Mulai dari ditermometer hingga disemprot disinfektan, semua dilakukan demi menjaga tubuh tetap steril dari penyakit berbahaya ini.

Semua Tenaga Medis Harus Steril Sebelum Beraktivitas

Seorang tenaga medis menyemprotkan disinfektan kepada anggota medis lainnya via Getty Images

Tidak hanya masyarakat, tenaga medis dan otoritas setempat juga dicek kesehatannya secara ketat. Bahkan sebelum keluar, mereka bakal disemprot disinfektan agar tetap terjaga steril dan aman.

Warga yang Terserang Gejala Batuk, Pilek, dan Sesak Napas Langsung Dibawa ke Rumah Sakit

Para petugas medis memapah seorang warga yang sedang sakit via Getty Images

Saking ketatnya pengawasan kesehatan, warga yang terkena gejala batuk, pilek, demam, hingga sesak napas bakal langsung dibawah ke rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apakah ia terserang virus atau tidak.

Suasana Rumah Sakit Tak Kalah Chaos

Para petugas medis mengantar pasien ke rumah sakit via Getty Images

Rumah sakit di Wuhan sangat sibuk mengurus datangnya pasien-pasien baru. Dalam sehari, belasan hingga puluhan orang datang dengan beragam diagnosa. Tak jarang para pasien ditemukan dalam kondisi beragam, ada yang ditemukan bergelimpangan di jalan.

Antrean Pasien Membludak, Tenaga Medis Kewalahan

Suasana rumah sakit di Wuhan pasca virus Corona via Getty Images

Hingga 28 Januari 2020, korban tewas virus Corona sudah mencapai 108 orang, dengan total yang sudah terinfeksi lebih dari 2000 orang. Hal ini membuat tenaga medis kewalahan dengan kondisi yang ada.

Pembangunan Rumah Sakit Baru Dikebut di Wuhan Pasca Virus Corona

Pembangunan rumah sakit yang konon bisa terselesaikan dalam 6 hari via Getty Images

Kondisi darurat pandemik ini membuat Pemerintah Tiongkok tanggap membangun rumah sakit tambahan. Tidak tanggung-tanggung, mereka menargetkan bangunan ini akan selesai hanya dalam waktu 10 hari.

Itulah tadi deretan foto Kota Wuhan pasca virus Corona merebak di sana. Kita berdoa semoga tenaga medis di sana cepat tanggap dalam mengendalikan virus Corona agar bibit pandemik ini segera usai. Next

ramadan
Waduk Selorejo

Waduk Selorejo, Asri dan Asyik untuk Liburan

Bikin Betah! Menikmati Ikon Kota Mojokerto yang Artistik