in , , , , , ,

Waduk Selorejo, Asri dan Asyik untuk Liburan

Bertamasya ke Waduk Selorejo, Bisa Berkeliling Sekaligus Memancing Ikan dengan Perahu

Waduk Selorejo
Waduk Selorejo

Di antara beragam wisata di Malang, ada salah satu tempat yang menyejukkan dengan semilir angin beserta pemandangan yang indah. Tempat wisata ini berada di bagian barat Malang, dan bernama waduk Selorejo yang letaknya berada di kabupaten Malang. Yuk simak ulasan berikut, Teman Traveler.

Baca juga : Pesona Wisata Budaya Singkawang, Jalan-jalan Sekaligus Tambah Pintar

1_img_0630_Qvj.jpg
Waduk Selorejo Berada di Bawah Pegunungan (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Bendungan yang dikelilingi Gunung Kelud, Anjasmoro, dan Gunung Kawi ini memiliki luas 650 hektar. Sedangkan lokasinya sendiri berada di Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Untuk jarak tempuhnya, dari Kota Malang menuju arah barat sejauh kurang lebih 43 km. 

8_en_1915_Cgj.JPG
Perahu-perahu Berada di Tepi Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Berdasarkan dari beberapa sumber, waduk ini dibangun pada saat penjajahan Jepang. Fungsi utamanya sebagai pembangkit listrik sekaligus sebagai irigasi pertanian daerah sekitar. Daerah sebelah barat waduk ini adalah lahan pertanian, jadi selain fungsinya yang bermanfaat waduk ini juga menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

2_img_0628_nKC.jpg
Kawasan Pertanian di Sekitar Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Fasilitasnya tergolong lengkap, mulai dari lapangan golf, lapangan tenis, hotel serta penginapan lainnya serta wahana bermain di air. Selain itu, di waduk ini juga digunakan oleh warga untuk memancing, menjala ikan. setiap hari nelayan berada di sini untuk menangkap ikan dengan menggunakan perahu kecil. 

3_en_1873_aHc.jpg
Nelayan Menebarkan Jala di Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang tertarik atau suka memancing, kalian juga bisa melakukannya di sini. Beragam jenis ikan ada di waduk ini, namun yang paling banyak adalah ikan mujaer.

4_en_1860_6I1.jpg
Nelayan Berada di Atas Perahu Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Hasil tangkapan nelayan ini biasanya dijual di warung-warung atau rumah makan yang ada di kawasan ini. memang, kawasan yang indah ini juga terdapat banyak warung makan yang menjual aneka makanan, khusunya berbagai macam ikan.

6_img_0634_JFh.JPG
Kawasan Pujasera Ngantang di Dekat Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Di sekitar waduk ada banyak warung, tetapi di area pinggir jalan raya yang menghubungkan Malang Kediri juga ada. Para penjual menyajikan beragam menu dari hasil waduk. Selain itu, harganya juga terjangkau jadi Teman Traveler tak perlu khawatir.

7_img_0635_jz8.JPG
Pemandangan dari Tempat Makan di Kawasan Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Selain menikmati hidangan, Teman Traveler juga bisa bisa menikmati pemandangan yang indah. Suasana yang asri dan sejuk menambah nikmat saat berkunjung ke sini. Selain itu, Teman Traveler juga bisa berkeliling waduk dengan menyewa perahu. Adapun harga yang ditawarkan untuk penyewaan perahu sekitar Rp 40.000 per jam, dan untuk perahu bermotor sekitar Rp 60.000,00 per jamnya.

5_en_1797_fb2.jpg
Perahu-perahu di Tepi Waduk Selorejo (c) Bayu Eka/Travelingyuk

Ada satu lagi yang tak kalah menarik dari Waduk Selorejo ini, tak hanya sebagai tempat wisata saja, namun juga menyediakan penginapan sendiri, yakni Hotel dan Resort Selorejo. Bagi Teman Traveler yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir jika ingin bermalam di sini. Lokasinya juga tak jauh dari waduk dan juga masih dekat dengan wisata lainnya di kawasan Ngantang.

Itulah tadi ulasan mengenai Waduk Selorejo yang ada di Kabupaten Malang. Jika Teman Traveler ada waktu luang, jangan lupa untuk berkunjung ke sini ya. Selamat berlibur! Next

ramadan

Satu Hari Jelajah Wisata Alam Seputar Cikole, Temukan Spot Instagenic

Deretan Foto Wuhan Pasca Virus Corona, Terisolir Seperti Kota Zombie