in , ,

Gado-gado Cemara, Istimewa Sejak ’47

Sambal Kacang Super Gurih, Nikmatnya Gado-gado Cemara Bikin Nagih

Gado-gado Cemara
Gado-gado Cemara (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler sedang wisata di Jakarta, pantang jika tak menjajal ragam kuliner yang ada. Banyak sajian legendaris yang bisa kalian cicipi. Salah satunya adalah Gado-gado Cemara yang sudah begitu ternama. Sambal kacangnya sungguh istimewa, konsisten enak sejak 1947. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga : 10 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Wisatawan di Nusa Lembongan

Tiga Kali Pindah Lokasi Sejak 1947

img_20190911_113639_MyF.jpg
Kedai Gado-gado Cemara (c) Intan Deviana/Travelingyuk
img_20190911_113721_h1U.jpg
Area depan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Namanya unik kedai ini diambil dari lokasi sang pemilik, Niawati Setiawan, pertama kali berjualan. Kala itu ia menempati sebuah depot kecil di pertigaan Jalan Cemara, Jakarta. Luar biasanya lagi, usaha ini sudah dirintis sejak 1947 atau telah bertahan hingga tujuh dekade lebih.

Lokasinya sendiri berpindah-pindah. Setelah 13 tahun mangkal di Jalan Cemara, gado-gado ini sempat nangkring di Pasar Boplo Jakarta Pusat antara 1960 hingga 2001, tepatnya di samping Stasiun Gondangdia. Memasuki 2002, kedainya pindah lagi ke Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat hingga 2010.

2011 hingga sekarang, kedai legendaris ini menempati bangunan permanen di kawasan Tanah Abang, tepatnya di Jalan Tanah Abang 5 no. 36, Jakarta Pusat. Tempatnya bahkan sudah punya dua cabang, masing-masing di Setiabudi One Building, Jakarta Selatan dan Citywalk Gajah Mada, Jakarta Barat.

Bukan di Tepi Jalan Protokol

img_20190911_112901_aL7.jpg
Kedainya cukup nyaman (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Uniknya, kedai pusat Gado-gado Cemara tidak berlokasi di tepi jalan utama atau jalan protokol. Letaknya ada di sebuah gang kecil yang sedikit jauh dari jalan besar. Buat Teman Traveler yang berencana kulineran di sini, mau tidak mau harus menumpang kendaraan pribadi atau menggunakan jasa angkutan online.

Eits, tapi jangan salah. Meski letaknya agak kurang strategis, tempatnya benar-benar nyaman lho. Ruangannya memang tidak terlalu luas, namun tersedia cukup banyak bangku untuk pelanggan.

Memaskuki jam makan siang, kedai ini biasanya bakal dipenuhi para pembeli dan driver transportasi online. Semuanya berebut ingin membeli gado-gado yang racikannya sudah melegenda sejak era kemerdekaan ini.

Gado-gado Medium dan Reguler

img_20190911_105847_Cwv.jpg
Seporsi gado-gado medium dengan lontong (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler bisa pilih dua jenis porsi gado-gado di sini, medium atau reguler. Kalian juga bisa tentukan, mau pakai lontong atau tidak. Satu porsi gado-gado biasanya terdiri dari beragam sayur melimpah seperti bayam, kubis, kacang panjang, serta tauge. Semuanya direbus dengan kematangan tepat. Tak lupa pula ditambahkan pelengkap berupa kerupuk kuning, emping, dan taburan bawang goreng.

img_20190911_110244_xsx.jpg
Potongan lontong (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Saran saya, jika Teman Traveler punya porsi makan standar, sebaiknya pesan gado-gado medium dengan lontong. Sebab potongan lontongnya besar-besar dan banyak, pas untuk meredam rasa lapar.

Sambal Kacang Istimewa

img_20190911_110610_n6F.jpg
Sambal kacangnya terasa gurih dan wangi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Salah satu komponen penting dari gado-gado tentu saja sambal kacangnya. Di sini, sambal kacangnya memang terkenal istimewa. Dibuat dari kacang tanah dengan sedikit campuran mede, hingga menciptakan rasa gurih yang memanjakan lidah. Aromanya wangi, begitu tercium langsung ampuh menggugah selera makan.

img_20190911_111206_dBa.jpg
Tekstur sambalnya halus (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Konsistensi sambal kacangnya pas, tidak terlalu lembek atau encer. Terasa sangat halus karena di-blend dengan baik, membuat tampilannya makin mengesankan. Terlepas dari namanya, racikan ini sama sekali tak terasa pedas lho. Teman Traveler masih harus menambalkan sambal sendiri jika ingin menyantap Gado-gado Cemara dengan sensasi pedas. 

Paket Cemara

img_20190911_113539_nJ0.jpg
Banjir pesanan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler datang bersama kawan atau rombongan, boleh banget memesan Paket Cemara. Menu paketan ini terdiri dari beberapa pilihan sajian seperti gado-gado, sate ayam, ayam goreng, empal goreng, dan sayur sop. Harganya tentu lebih hemat. Bahkan cukup menambah Rp2.000, kalian bakal langsung dapat air minum kemasan ukuran kecil.

Nah, bagaimana Teman Traveler? Gado-gado Cemara pasti langsung masuk daftar wisata kuliner kalian jika sedang pelesiran ke Jakarta. Cukup rogoh kocek sekitar Rp30.000, kalian sudah bisa menikmati lezatnya gado-gado legendaris ini. Next

ramadan
Seia resto dengan Menu Indonesia

SEIA Resto, Kulineran Nusantara Bernuansa Ekslusif

itinerary jogja

Itinerary 3D2N Jogja: Dari Bukit hingga Situs Sejarah, Semua Bisa!