in , ,

Gamplong Studio Alam Sleman, Lubang Waktu ke Masa Lalu

Salah satu destinasi liburan wajib apabila Teman Traveler berkunjung ke Jogja

Yogyakarta ini selalu menjadi destinasi favorit untuk liburan. Baik tujuannya pantai, pegunungan, museum, pusat hiburan hingga desa wisata telah menarik minat banyak pengunjung. Baru-baru ini ada destinasi hits di Yogyakarta yang peresmiannya dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. namanya adalah Gamplong Studio Alam. Yuk simak apa yang bikin tempat ini begitu spesial!

Baca juga : Deretan Pulau di Batam yang Bikin Kagum, Surga Tersembunyi di Kepulauan Riau

Terlempar ke Masa Lalu

img_20190921_105939_jyi.jpg
Area pemukiman di Gamplong Studio Alam (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Gamplong Studio Alam berada di area sekitar 2,5 hektar. Area yang semula merupakan daerah desa tersebut disulap menjadi sebuah tempat wisata. Ketika teman Traveler memasuki area, seakan ditarik ke masa lampau.

Bagaimana tidak, semua bangunan di sini bercirikan abad ke-16. Di sana terdapat beberapa bangunan seperti pertokoan bergaya kuno, pendopo, hingga pemukiman lawas. Ornamen yang digunakan pun sangat bercirikan tempo doeloe. Berjalan di Gamplong Studio Alam seakan masuk ke lorong masa lalu. Tak heran tempat ini dijuluki Mini Hollywood.

Lokasi syuting film Sultan Agung

img_20190921_105701_V0J.jpg
Salah satu area syuting film Sultan Agung (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Siapa sangka lahan gersang dan panas yang berada di dalam kompleks studio ini adalah salah satu tempat syuting film Sultan Agung? Film yang disutradarai oleh Hanung Bramatyo tersebut bukan saja menarik minat penonton, tapi juga membuat lokasi syutingnya menjadi tempat wisata budaya.

Rumah Nyai Ontosoroh dalam Film Bumi Manusia

img_20190921_114343_a3y.jpg
Salah satu lokasi syuting film Bumi Manusia (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Film Bumi Manusia beberapa waktu lalu begitu disambut antusias oleh penonton. Film yang diangkat dari salah satu karya fenomenal Pramoedya Ananta Toer tersebut juga di sutradarai Hanung Bramantyo dan mengambil tempat yang sama.

Bedaya, film ini mengambil lokasi syuting di rumah Nyai Ontosoroh; salah satu tokoh dalam film Bumi Manusia. Rumah tersebut akhirnya diresmikan sebagai museum oleh Hanung Bramantyo baru-baru ini. Di dalam rumah tersebut terdapat beberapa koleksi ornamen-ornamen yang digunkan untuk syuting film Bumi Manusia.

Untuk memasuki area museum, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 saja. Namun untuk masuk, pengunjung dibatasi sejumlah 15 saja, itupun tidak boleh berlama-lama di dalam.

Instagenic untuk berfoto

img_20190921_110011_T1O.jpg
Beberapa pengunjung berfoto di lokasi (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Bangunan serta ornamen yang berada di lokasi Gamplong Studio Alam telah menarik banyak pengunjung. Antusiasme sudah terlihat sejak lokasi studio dibuka pukul 09.00 WIB. Ramai sekali!

Gamplong Studio Alam telah menjadi magnet bagi pemuja foto. Bagaimana tidak, pengunjung dari anak muda hingga orang tua begitu antusias berfoto di lokasi. Tampaknya suasana tempo dulu di sana menjadi daya tarik tersendiri untuk konten yang anti mainstream.

Tempat ini menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Lokasinya sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Pedukuhan Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Sleman. Nah, sudah punya rencana ke Gamplong Studio Alam? Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Salah satu menu di RM Kampung Kecil Depok

Kampung Kecil Depok, Lesehan Nikmat Harga Bersahabat

Panorama Bromo dari Seruni Point

Seruni Point, Spot Sunrise Favorit Bromo dengan Ratusan Anak Tangga