in ,

Gardu Action, Spot Selfie Kece dari Bahan Limbah Sampah di Bantul

Destinasi Wisata yang Merupakan Daur Ulang Sampang, Gardu Action di Bantul

Via Instagram gilang.shakty
Via Instagram gilang.shakty

Tempat pengolahan sampah selama ini identik dengan lokasi yang kumuh dan memiliki aroma tidak sedap. Namun ternyata, hal tersebut tidak selamanya benar. Di sudut Pantai Parangkusumo, sekelompok pemuda menyulap tumpukan limbah sampah menjadi obyek wisata yang menarik dan Instagenic. Namanya adalah Gardu Action. Tentu saja ini menjadi salah satu jujukan yang terbilang berbeda dari yang sebelumnya. Yuk kita ulas lebih mendalam mengenai Gardu Action ini.

Baca juga : Wayag Island, the Icon and Heart of Raja Ampat

1. Asal Usul Nama Gardu Action

Daur ulang sampah yang Instagenic, Via Instagram garduaction
Daur ulang sampah yang Instagenic, Via Instagram garduaction

Gardu Action merupakan kepanjangan dari Garbage and Education. Sesuai dengan namanya, wisata ini benar-benar disulap dari sampah dan juga memang berada di pusat pengolahan sampah. Sampah-sampah yang tidak bisa diuraikan dibuat menjadi kerajinan yang memiliki nilai artistik yang tinggi. Sehingga jadilah berbagai spot Instagenic yang mampu menyihir banyak pengunjung yang datang.

2. Lokasi Tepatnya Gardu Action

Panorama di sekeliling pantai yang apik, Via Instagram rully_alvarez
Panorama di sekeliling pantai yang apik, Via Instagram rully_alvarez

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, destinasi ini berlokasi di Pantai Parangkusumo. Lokasinya berada di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul. Lokasinya memang berdampingan dengan Pantai Parangtritis. Maka dari itulah ada beberapa orang yang menyebutkan jika lokai Gardu Action ini juga berada di Pantai Parangtritis. Akses menuju ke lokasi ini sudah sangat mudah, jadi Teman Traveler tidak akan nyasar.

3. Kegiatan Menarik di Gardu Action

Spot yang sangat asyik berburu foto, Via Instagram gilang.shakty
Spot yang sangat asyik berburu foto, Via Instagram gilang.shakty

Meskipun ini merupakan destinasi wisata yang merupakan hasil dari daur ulang sampah, ternyata banyak hal seru yang bisa dilakukan. Mulai dari belajar mengenai tata kelola sampah, selfie, sampai dengan camping bisa dilakukan. Banyak spot foto unik yang disediakan di sini, misalnya saja bentuk sayap kupu-kupu, tokoh kartun, hiasan warna warni, gardu pandang dan lain sebagainya.

Cantik dan memikat hati, Via Instagram verlitata
Cantik dan memikat hati, Via Instagram verlitata

Buat Teman Traveler yang datang ke sini dengan keponakan ataupun juga adiknya, Gardu Action juga bisa menjadi lokasi yang sempurna untuk belajar tentang pengolahan sampah. Selain sebagai tambahan informasi, tentu saja hal tersebut menjadi pengingat untuk semuanya untuk tidak membuang sampah sembarang.

4. Fasilitas yang Ada di Gardu Action

Momen istimewa, Via Instagram baraeb
Momen istimewa, Via Instagram baraeb

Teman Traveler yang ingin jalan-jalan ke lokasi ini tak perlu khawatir. Telah disediakan berbagai fasilitas yang memudahkan. Misalnya saja gazebo, warung kopi, toilet, bangku-bangku dari bahan bekas, dan masih banyak lagi lainnya. Bisa menjadi lokasi menyepi yang sangat asyik jika lelah dengan keramaian kota dan isinya.

Keindahan berbagai daur ulang sampah yang dipadukan dengan panorama Pantai Parangkusumo menjadi hal unik yang ditawarkan di Gardu Action. Yuk jangan lupa mampir ke wisata ini jika kamu berjelajah ke Jogjakarta. Jadi, kapan main ke sini? Next

ramadan
Oncom dan olahannya, Via Instagram evasandra01

Tempe Hingga Oncom, Inilah Kuliner Nusantara Hasil Fermentasi Kedelai

Gulo Jowo Solo

Jajal Aneka Jajanan Tradisional Khas Nusantara di Gulo Jowo Solo