in ,

Tempe Hingga Oncom, Inilah Kuliner Nusantara Hasil Fermentasi Kedelai

Ragam Kuliner Hasil Fermentasi Kedelai yang Khas Nusantara

Oncom dan olahannya, Via Instagram evasandra01
Oncom dan olahannya, Via Instagram evasandra01

Kedelai merupakan bahan makanan yang memiliki banyak protein nabati di dalamnya dan banyak ditemukan di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, protein memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Bahan-bahan yang terbuat dari kedelai juga beragam jumlahnya. Ada yang langsung diolah ataupun melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Sebagai informasi, berikut ini kuliner nusantara dari kedelai yang bisa jadii sumber protein.

Baca juga : Kuliner Unik Khas Cirebon, Bubur Dicampur dengan Sop Gurih

1. Tempe

Tempe mendoan, Via Instagram food_and_passion
Tempe mendoan, Via Instagram food_and_passion

Siapa yang tidak kenal dengan tempe? Ini merupakan salah satu makanan hasil fermentasi dari kedelai yang memiliki banyak penikmat. Jika kebanyakan makanan fermentasi memiliki rasa yang asam, lain halnya dengan tempe. Kuliner ini sangat enak untuk diolah menjadi beragam kuliner. Digoreng, dibakar, atau diolah dengan cara lainnya juga tak kalah nikmat. Selain itu, harga tempe juga sangat ekonomis. Maka, tidak heran jika tempe memiliki banyak sekali penggemar.

2. Oncom

Olahan oncom, Via Instagram cicie_kitchen
Olahan oncom, Via Instagram cicie_kitchen

Kuliner hasil fermentasi kedelai lainnya adalah oncom. Ini merupakan bahan yang sangat populer dari Jawa Barat. Uniknya, oncom ini dimakan dan diperdagangkan setelah menghasilkan spora. Di Jawa Barat, kuliner satu ini juga diolah menjadi beragam masakan yang nikmat. Sebut saja digoreng, dipepes, dijadikan campuran sambal dan lain-lain. Konon, kandungan protein yang terdapat di dalam oncom ini banyak.

3. Tauco

Sambal tauco, Via Instagram mayaharudin
Sambal tauco, Via Instagram mayaharudin

Kuliner lainnya yang merupakan hasil fermentasi kedelai adalah tauco. Kedei yang telah direbus lalu diaduk dengan tepung terigu lalu dibiarkan sampai tumbuh jamur. Untuk proses fermentasinya, tauco direndam dengan air garam lalu dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai memiliki warna cokelat kecokelatan. Aromanya sedikit tidak sedap. Meskipun begitu masih saja memiliki banyak penikmat.

4. Kecap

Kecap manis untuk bumbu sate, Via Instagram perutendut
Kecap manis untuk bumbu sate, Via Instagram perutendut

Kuliner nusantara dari kedelai lainnya adalah kecap. Bahan baku utama pembuatan kecap ini adalah kedelai. Ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis kuliner hasil fermentasi kedelai. Kedelai direndam di larutan air garam untuk difermentasi. Mikroorganisme yang membantu dalam proses fermentasi kecap adalah aspergillus wentii dan juga aspergillus oryzae. Kecap seringkali menjadi penyedap makanan.

Itulah kuliner Nusantara dari kedelai yang bisa dinikmati. Tentu saja kamu sudah sangat familiar ya. Nah, mana dari yang sudah disebutkan di atas dan paling kamu gemari? Next

ramadan
Resort di Magelang

Resort di Magelang yang Bikin Kamu Betah. Ada yang Mencapai 20 juta!

Via Instagram gilang.shakty

Gardu Action, Spot Selfie Kece dari Bahan Limbah Sampah di Bantul