in ,

4 Wisata Gardu Pandang di Bantul, Berpose Menawan di Ketinggian

Bagai berfoto di atas awan nih

Bantul memang tidak pernah lelah menyuguhkan tempat wisata menarik bagi para pelancong. Mulai dari wisata alamnya hingga buatan yang semuanya seakan tak pernah mengecewakan. Salah satu destinasi yang paling banyak dicari adalah gardu pandang yang tentu menyuguhkan panorama apik. Maka dari itu, Travelingyuk akan mendaftar beberapa wisata gardu pandang di Bantul untuk Teman Traveler sekalian. Siapa tahu bisa jadi referensi liburan kalian. Yuk deh kita jelajah bersama-sama. 

Baca juga : Di Bali, Kamu Tidak Perlu Mahir Berenang Untuk Menikmati 5 Aktivitas Seru di Air Ini

1. Hutan Pinus Asri 

gardu pandang bantul
Salah satu spot di Hutan Pinus Asri via instagram/anisadheaa

Destinasi gardu pandang pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah di Hutan Pinus Asri. Wisata yang diresmikan pada tahun 2017 ini dibuat sesederhana mungkin, menyerupai deck lantai tanpa sentuhan artistik apapun. Walau demikian, itu tidak akan mengurangi keindahan foto kalian nantinya. 

Waktu yang tepat untuk berkunjung di Hutan Pinus Asri ini adalah pagi atau sore hari pada saat senja. Ini karena kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan di gardu pandang ini. Berupa hutan pinus dan juga dataran rendah Kecamatan Imogiri. 

gardu pandang bantul
Spot lain di Hutan Pinus Asri via instagram/khaidaraim

Bagi kalian yang ingin ke sini, bisa langsung datang ke  Jalan Raya Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk tiketnya, kalian harus membayar sebesar Rp2.500 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.  

2. Bukit Mojo Gumelem 

gardu pandang bantul
Salah satu gardu pandang di Bukit Mojo via instagram/desminsa

Ada lagi yang tak kalah indah dari Hutan Pinus Asri. Adalah Bukit Mojo Gumelem yang berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata satu ini mempunyai sejumlah gardu pandang yang bisa dijajal. Namun yang paling dicari oleh para pengunjung adalah sangkar burung dan bunga matahari. 

gardu pandang bantul
Gardu pandang matahari via instagram/shellamulia

Apabila kalian berada di gardu pandang, akan ada banyak panorama indah yang bisa dilihat. Yaitu deretan perbukitan seribu dan Kali Oya yang berkelok-kelok. Untuk dapat menikmati pemandangan tersebut, kalian perlu membayar beberapa tiket. Pertama adalah retribusi parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Lalu kalau ingin mencoba gardu pandangnya, wajib membayar Rp3.000 per spot. 

3. Puncak Becici 

Pemandangan di Puncak Becici via instagram/alfian.d.putra

Kemudian, ada Puncak Becici yang berlokasi di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Di sini ada gardu pandang yang menawarkan sejumlah panorama menawan bagi para pengunjungnya. Berupa deretan pohon hijau dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. 

Pemandangan di sore hari via instagram/rizal.bulugh

Selain itu, tempat ini juga menjadi jujugan favorit untuk menikmati sunset. Matahari akan perlahan turun hingga menghilang di balik perbukitan dan kemudian lampu-lampu akan bermunculan dari kejauhan yang akan membuat pemandangan bertambah menakjubkan. Untuk harga tiketnya sangat murah yaitu Rp2.500. Sedangkan biaya parkirnya, Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 bagi mobil.  

4. Bukit Panguk Kediwung 

Salah satu spot Bukit Panguk via instagram/awkarin

Terakhir, ada Bukit Panguk Kediwung yang juga mempunyai gardu pandang. Bahkan, bisa dibilang gardu pandang yang ada di sini sangat anti mainstream. Seperti berbentuk perahu kertas, kupu-kupu, istana langit dan masih banyak lagi. Menariknya, semua gardu pandang yang ada menghadap ke tebing yang berhadapan langsung dengan hutan lebat serta di bawahnya terdapat Sungai Oya yang panjang membentang. 

Spot lainnya via instagram/ayynitadyah

Bagi kalian yang tertarik untuk datang ke sini, langsung saja mampir ke Dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Lalu harga tiketnya adalah Rp2.500 dan Rp3.000 untuk berfoto di setiap gardu pandangnya. 

Itulah beberapa wisata gardu pandang di Bantul yang bisa Teman Traveler kunjungi. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing yang bisa kalian pilih sesuai selera. Bagaimana, sudah siap untuk menjelajah ke semua tempat? Next

ramadan
Berpose di depan penginapan

WoyWoy Paradise Bulukumba, Penginapan Kece Gaya Santorini

Kuliner Hits Sidoarjo

4 Kuliner Hits di Sidoarjo, Ada yang Buka Tengah Malam!