in ,

Geco Nusasari Pa’ Iding, Taoge Tauco Khas Cianjur yang Langka dan Istimewa

Geco Nusasari Pa’ Iding yang Legendaris Namun Langka Keberadaanya

Geco Nusasari Pa' Iding
Geco Nusasari Pa' Iding

Cianjur memiliki kuliner enak namun keberadaannya sekarang sudah semakin langka. Namanya adalah Geco yang merupakan singkatan dari Tauge dan Tauco. Merupakan makanan khas Sunda yang langka, dan sekarang satu-satunya penjual kuliner ini adalah Pak Iding. Berencana untuk jalan-jalan di Cianjur? Geco Nusasari Pa’ Iding ini bisa dicicipi. Yuk kita bahas terus seperti berikut.

Baca juga : Menginap di Hotel Tua Surabaya, Saksi Bisu Perobekan Bendera Belanda

Usaha Turun Temurun yang Sudah Ada Sejak 1948

Geco yang semakin langka, via Instagram/kulinerlimitededition
Geco yang semakin langka, via Instagram/kulinerlimitededition

Kuliner berbahan dasar taoge dan tauco ini dibuat oleh Bapak Abdurahman ( atau yang lebih akrab disapa dengan Pak Bendol) pada tahun 1948. Kala itu nama geco ini masih goclang lantaran bahan utamanya adalah toge dan kacang. Kuliner ini pernah di masa jayanya pada tahun 70-80-an. Nah, semenjak diteruskan oleh Iding, yang merupakan putra dari Bapak Bendol, kuliner ini diubah menjadi geco.

Lantaran namanya berubah menjadi geco, yang sebelumnya citarasa kacang sekarang perlahan-lahan berubah menjadi rasa tauco. Menurut pengakuan Pak Iding, almarhum Bondan Winarno pun pernah mencoba geco buatanya. Iding sendiri mulai usaha ini sejak tahun 2001, dan menjadi generasi kedua.

Kenikmatan Geco Nusasari Pak Iding

Geco Pak Iding satu-satunya, via Instagram/sarapansiangmalam
Geco Pak Iding satu-satunya, via Instagram/sarapansiangmalam

Dalam satu porsi Geco Nusasari Pa’ Iding akan ada irisan ketupat, rebusan taoge, mie sagu berwarna kuning lalu ditambah dengan siraman bumbu tauco yang sebelumnya telah ditumis dengan tomat, daun bawang, cabai, udang, dan kacang.

Satu lagi yang membuat citarasanya makin kaya, yakni penggunaan cuka lahang yang diperoleh dari nira aren atau kelapa. Melengkapi kenikmatannya ada topping irisan kentang goreng dan juga telur rebus. Satu porsi geco akan memiliki perpaduan rasa manis, asam, gurih dan juga segar.

Alamat Geco Nusasari Pak Iding

Suguhkan rasa yang bikin kenyang, via Instagram/monxieur
Suguhkan rasa yang bikin kenyang, via Instagram/monxieur

Geco Nusasari Pa’ Iding berada di Jl. Siti Jenab No. 24, Cianjur. Tempatnya tidak jauh dari Masjid Agung Cianjur. Buka mulai dari jam 09:00 hingga 19:00 WIB. Tanpa merubah aspek tardisional, Pak Iding menjual geco racikannya dengan memanfaatkan gerobak warna biru.

Tempatnya memiliki ukuran 3×3 meter di depan garasi rumah yang tak berpenghuni. Agar para pengunjungnya nyaman, Iding memberikan tenda kecil. Satu porsi geco dibanderol Rp10.000-an saja. Harga yang sangat terjangkau. Jangan lupa cicipi jika ke Cianjur.

Langka dan istimewa, via Instagram/cjrfoodnote
Langka dan istimewa, via Instagram/cjrfoodnote

Geco Nusasari Pa’ Iding bisa dikunjungi saat ingin menikmati kuliner Cianjur yang sudah mulai langka tersebut. Makin nikmat dicoba di tempat asalnya. Bagaimana, setuju kan? Next

ramadan
The Kana Kuta. via Instagram/

6 Best Hotels in Kuta under USD40

Koto Baru, Kawasan Seribu Rumah Gadang

Nagari Koto Baru, Eloknya Kawasan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan