in , ,

Gellert Hill, Bukit Bersejarah di Ibukota Hungaria dengan Pemandangan Eksotis

Menikmati Kecantikan Sungai Danube Dari Puncak Gellert Hil di Hungaria

Gellert Hill
Gellert Hill (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Budapest yang merupakan ibukota Hungaria memang menarik untuk dijelajahi. Apalagi bagi Teman Traveler yang hobi mendatangi tempat ikonik di sebuah daerah. Di sini pula, terdapat Gellert Hill yang merupakan bukit setinggi 235. Destinasi yang dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Site oleh UNESCO pada tahun 1987 ini memiliki daya tarik tersendiri. Penasaran kan? Yuk, simak pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Muthia Anindita berikut.

Baca juga : Hotel Murah Dekat Bandara Kuala Lumpur, Anti Ketinggalan Pesawat

Pendakian Menuju Puncak Gellert Hill

Anak Tangga Menuju Puncak Gellert Hill
Anak Tangga Menuju Puncak Gellert Hill (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Terdapat beberapa akses menuju puncak Gellert Hill. Jalur pertama adalah menyusuri jalan setapak dan mendaki anak tangga yang dimulai dari ujung Jembatan Elisabeth atau Jembatan Liberty. Namun jika Teman Traveler tidak ingin mendaki, dapat menggunakan bus nomor 27 dari Stasiun Metro Fovam Terr, langsung menuju Citadella di puncak Gellert Hill.

Citadella, Tonggak Sejarah Budapest

Tembok Citadella
Tembok Citadella (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Citadella adalah sebuah banteng yang dibangun pada tahun 1854 oleh Habsburg, penguasa Austria, sebagai simbol kekuasaan Austria atas Hungaria saat itu. Benteng ini terbentang sepanjang 200 meter di puncak Gellert Hill. Tembok-tembok di sini dibangun setinggi enam meter dengan ketebalan sebesar tiga meter.

Gellert Hill
Gellert Hill (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Dulunya, tempat ini pernah dijadikan sebagai markas besar oleh tentara Jerman saat menduduki Hungaria pada Perang Dunia Kedua. Setelah perang berakhir, sebagian dinding ini dirobohkan sebagai simbol kebebasan Hungaria dari tiran. Dan Pada tahun 1960 Tembok Citadella mulai difungsikan sebagai tempat wisata.

Liberty Monument yang Terlihat Dari Segala Penjuru Budapest

Liberty Monument
Liberty Monument (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Didirikan pada tahun 1947, Liberty Monument menjadi simbol kebebasan Bangsa Hungaria dari cengkraman kekuasaan Nazi pada Perang Dunia Kedua. Liberty Monument ini terdiri dari tiga patung berdampingan yang dapat dilihat dari segala penjuru Budapest.

Patung utama berupa figure seorang wanita yang menggenggam daun palem di atas kepala. Daun palem merupakan simbol kemenangan.

Patung Kebebasan
Patung Kebebasan (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Di kedua sisi wanita tersebut didirikan patung yang melambangkan kemajuan dan kebebasan. Di sisi kanan berdiri patung laki-laki yang sedang bergulat dengan naga. Patung tersebut melambangkan kebebasan Hungaria dari cengkraman tiran. Di sisi kiri berdiri figure laki-laki yang sedang memegang obor, yang merupakan lambing kemajuan.

Patung Kemajuan
Patung Kemajuan (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Kecantikan Sungai Danube dari Ketinggian

Jembatan Liberty
Jembatan Liberty (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Selain kemegahan Citadella, Teman Traveler juga dapat menyaksikan kecantikan Sungai Danube dari puncak Gellert Hill. Jembatan Liberty, Jembatan Elilsabeth, serta sisi Buda dan Pest dari Budapest terbentang dengan indah di bawah bukit eksotis ini.

Jembatan Liberty (c) Muthia Anindita/Travelingyuk
Keindahan Jembatan Liberty dari ketinggian(c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Demikian daya tarik Gellert Hill, bukit eksotis yang bersejarah di Budapest. Waktu terbaik untuk mendaki tempat ini adalah kala matahari terbit atau matahari terbenam. Bagaimana, tertarik untuk menjadikan wisata di Hungaria ini sebagai tempat liburan impian? Next

ramadan

Written by muthia anindita

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

9 Jajanan Tradisional Berkuah, Ada Biji Buah Manisnya Sampai Tumpah-tumpah

Pantai cantik di Ambon, Maluku.

Ini Deretan Pantai di Ambon dengan Panorama Ciamik, Bikin Nggak Mau Pulang!