in , , ,

Geopark Belitung Diakui UNESCO Menjadi Global Geopark

Geopark Belitung resmi diakui UNESCO

fi geopark belitung

Patut berbangga keindahan alam serta wisata edukasi Indonesia diakui menjadi warisan dunia bertambah. Pada 15 April 2021 di Paris melalui sidang UNESCO telah resmi mengesahkan Geopark Belitung sebagai warisan dunia yang tergabung dalam UNESCO Global Geopark. Yuk simak penjelasannya.

Baca juga : Goa Batu Kapal, Eloknya Lukisan Mahakarya Alam yang Memesona

Menjadi Anggota Baru UGG

menjadi anggota baru ugg
Ilustrasi via instagram sdp_belitung

Sidang UNESCO yang dilaksanakan di Paris pada 15 April 2021 ini, menyatakan bahwa Geopark Belitung yang memiliki 17 geosite lulus, menjadi anggota baru UGG (UNESCO Global Geopark).

Selanjutnya setelah menerima predikat tersebut pihak pemerintah provinsi akan lebih mendorong pelestarian situs-situs Geopark agar menjadi objek wisata yang dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

17 Geosite yang Diakui

17 geosite
Ilustrasi via instagram ibal_mambal

Sebanyak 17 geosite yang diakui masuk dalam kawasan Geopark Belitung ini diantaranya ada Juru Sebrang, Terong Tourism village, Kuale Granite Mangrove Forest, Peramun Hill, Granite Forest, Tanjung Kelayang Trias Granite.

Kemudian ada Batu Bedil Trias Granite Rock, Nam Salu Open Pit, Lumut Hill, Batu Pulas Granite Rock, Cendil Heat Forest, Tebat Rasau Cenozoic Swamp, Burung Mandi Cretacious Granidiorite, Siantu Pillow Lava, Tajam Mountain, Baginda Rocks, Punai Beach, Garumedang Tektite.

Keunikan Geologis, Biologis dan Budaya

keunikan geologis
Ilustrasi via instagram titanatalia

Geosite pulau Belitung ini memang memiliki keunikan dilihat dari aspek geologis, biologis dan budaya. Menjadi ekosistem bagi berbagai flora dan fauna yang hanya ditemukan di sini. Keunikan ini juga sebagai magnet para turis untuk berwisata pada objek alamnya.

Memiliki 4 Warisan Geologi

4 warisan geologi
Ilustrasi via instagram sipanabila

Selain itu Pulau Belitung memilki potensi empat warisan geologi bernilai tinggi yaitu geomorfologi batuan granit perairan Pulau Belitung, peninggalan gunung api purba bawah laut Lava Bantal Siantu, penemuan mineral timah terbesar di Asia Tenggara, formasi kelapa kampit dan Batu Meteorit yang tersebar pada zona kuarter alluvial.

Demikian ulasan Geopark Belitung diakui UNESCO menjadi Global Geopark, sudah pernah ke sini Teman Traveler? Next

ramadan
fi kota taif

Kota Taif di Arab Saudi, Panen Bunga Mawar Saat Ramadan

Wrapped Lobby Lounge

Wrapped Lobby Lounge Bali, Makan di Hotel Berbintang dengan Harga Murah