in ,

Destinasi Geowisata di Indonesia, Ada yang Dijuluki Raja Ampat Riau Lho

Yuk Singgah di Geowisata di Indonesia, Berwisata Sekaligus Edukasi Geologis

Deretan Geowisata di Indonesia
Deretan Geowisata di Indonesia

Indonesia memiliki beragam jenis wisata, salah satunya disebut geowisata. Jenis ini adalah salah satu kegiatan pariwisata yang mencakup sumber daya alam seperti bentang alam, batuan, struktur geologis, dan kebumian. Destinasi geowisata dapat berupa bebatuan, gunung berapi, danau, sumber air panas, dan sungai. Selain berwisata Teman Traveler juga bisa sekalian belajar mengenai struktur geologisnya, lho. Nah ada beberapa geowisata di Indonesia yang cukup populer dan siap didatangi oleh Teman Traveler. Di mana saja ya?

Baca juga : Mix & Match Scarf untuk Traveling Saat Musim Hujan, Tetap Keren Tanpa Kedinginan

Ulu Kasok Kampar, Riau

Ulu Kasok Kampar via Instagram @caesadhanisa
Ulu Kasok Kampar via Instagram @caesadhanisa

Ulu Kasok berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, merupakan salah satu geowisata di Indonesia yang memiliki pemandangan unik. Dahulu merupakan pemukiman warga yang dijadikan proyek PLTA, tersisa perbukitan yang puncaknya terlihat bermunculan seperti pulau terapung di dalam danau. Itulah mengapa kawasan ini juga disebut sebagai Raja Ampatnya Riau.

Teman Traveler yang ingin mencapai puncak Ulu Kasok, harus mendaki bukit setinggi 500 meter. Memasuki kawasan ini cukup bermodalkan sekitar Rp10 ribuan saja.

Tebing Breksi, Jogja

Tebing Breksi via Instagram @len.nyn
Tebing Breksi via Instagram @len.nyn

Tebing Breksi merupakan destinasi geowisata di Indonesia yang berlokasi di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Lokasinya berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Kawasan ini dulunya merupakan tempat penambangan batu breksi, yaitu endapan lahar dari gunung api. Setelah proses penambangan dihentikan, bebatuannya berbentuk unik sehingga menjadi daya tarik bagi pelancong.

Teman Traveler yang ingin berwisata sekaligus mengetahui cerita dibalik terbentuknya tebing ini, bisa menggunakan jasa pemandu yang memiliki latar belakang pendidikan Teknik Geologi. Tempat ini biasanya memang menyediakan paket tur geowisata.

Karangsambung, Kebumen

Karangsambung via Instagram @lipiindonesia
Karangsambung via Instagram @lipiindonesia

Karangsambung sebagai salah satu destinasi geowisata di Indonesia yang rutin mendapat pengunjung dari luar negeri karena keunikan struktur geologisnya. Berada 20 kilometer dari Kota Kebumen, kawasan ini pun tepat dijadikan lokasi berlibur. Namun demi menjelajah area ini, Teman Traveler harus mempunyai kondisi tubuh yang benar-benar sehat mengingat medannya berupa bebatuan yang terjal dan melewati sungai juga. Bahkan disediakan paket tur sampai beberapa hari, agar bisa puas berkeliling geowisata di Karangsambung ini.

Kampung Karst Rammang-rammang

Kampung Karst Rammang-rammang via Instagram @ridha_jihad
Kampung Karst Rammang-rammang via Instagram @ridha_jihad

Dikenal sebagai salah satu dari tiga kawasan karst terbesar di dunia, Rammang-rammang yang berlokasi di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa. Rammang-rammang dalam bahasa Makassar memiliki arti kabut atau awan, sesuai dengan kondisi area ini yang diselimuti kabut tebal di pagi hari. Dengan luas sekitar 45ribu hektar, Teman Traveler bisa puas berkeliling wisata kabupaten Maros. Namun memang untuk bisa puas berkeliling di sini harus menggunakan perahu. Uniknya, sebelum berkeliling bisa menyewa topi untuk melindungi dari panas seharga Rp5 ribuan.

Destinasi wisata yang telah diulas di atas hanya segelintir dari deretan objek di Indonesia yang dikategorikan sebagai geowisata. Memang tidak akan pernah ada habisnya kalau membahas mengenai ragam wisata di nusantara ya. Nah Teman Traveler sudah pernah singgah di mana ya? Next

ramadan
Via Instagram/sugih_d

Nasi Tim Ayauw di Jakarta, Tempat Kuliner Legendaris yang Sudah Setengah Abad Lamanya

Eksotisnya Pantai Pasir Hitam di Tabanan Bali, Meski Gelap Banyak yang Cari!