in ,

Ramai The Nun, Gereja Cantik di Indonesia ini Jauh dari Kesan Seram

Gereja Cantik di Indonesia

Gereja Kepanjen Surabaya dari Atas
Gereja Kepanjen Surabaya dari Atas

Film The Nun, tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 05 September 2018 lalu. Seperti beberapa film horor lain, The Nun disambut baik oleh para pecintanya. Film ini bercerita tentang kehidupan biarawati dengan latar belakang castle tua di Rumania. Unsur keagamaan sangat kental di film ini. Salah satunya adalah gereja. Nah! Di Indonesia, ada beberapa gereja-gereja dengan desain cantik, yang tentu saja sangat jauh dari kesan seram. Apa saja gereja cantik di Indonesia yang desainnya luar biasa?

Baca juga : Solo Traveling Nggak Cuma Buat Jomblo, Meski Punya Pasangan Kamu Juga Perlu Mencoba

1. Gereja Katedral Jakarta

Megahnya Gereja Katedral Jakarta
Megahnya Gereja Katedral Jakarta via Instagram/roggercapistrano

Dengan nama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta yang aslinya diresmikan pada 1810. Gereja ini dibangun dengan konsep arsitektur neo-gotik yang banyak juga ditemukan pada bangunan-bangunan gereja di Eropa berabad lalu. Gereja Katedral yang berdiri dan sama-sama Teman Traveler dapat kunjungi saat ke Jakarta saat ini ternyata bukan gedung gereja yang sama dengan yang pertama dibangun.

Gedung tersebut merupakan hasil renovasi setelah pada 1826, bangunan beserta rumah-rumah di sekitar gereja terbakar. Setelah itu, salah satu gereja cantik di Indonesia ini terus mengalami perombakan karena beberapa peristiwa. Meski demikian, tidak ada yang dapat menafikan kecantikan Katedral.

2. Gereja Blendhuk Semarang

Gereja Blendhuk Semarang yang Khas dengan Kubahnya
Gereja Blendhuk Semarang yang Khas dengan Kubahnya via Instagram/happy.andriani

Gereja dengan bagian atas berbentuk seperti kubah ini ternyata adalah yang tertua di Kota Semarang. GPIB Immanuel Semarang dibangun oleh pihak Belanda yang tinggal di Semarang pada 1753 dengan bentuk persegi delapan (heksagonal). Arsitektur bagian dalam gereja dibuat berdasarkan salib Yunani. Gereja ini akrab dengan nama blenduk, sebab khas dengan kubah di bagian atas. Sebagai informasi, kubah di bagian atas gereja tersebut dilapisi perunggu yang di dalamnya terdapat orgel Barok.

3. Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Kepanjen Surabaya dari Atas
Gereja Kepanjen Surabaya dari Atas via Instagram/adieast

Gereja cantik di Indonesia selanjutnya, berdiri dengan kokoh di Kota Surabaya. Namanya adalah Gereja Kepanjen Surabaya atau Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria. Pembangunan gereja ini dimulai tahun 1899 dengan bantuan arsitek dari Semarang bernama W. Westmaas.

Gereja ini juga menjadi saksi dari berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia. Pada perang kemerdekaan 1945, gereja cantik ini bahkan sempat hancur terkena bom. Renovasi kemudian berulang kali dilakukan sampai saat ini.

4. Gereja Kayu Tangan Malang

Gereja Kayu Tangan Malang
Gereja Kayu Tangan Malang via Instagram/irakustedja

Dengan gaya arsitektur gothik yang menarik, Gereja Kayu Tangan Malang siap membuat siapa pun kagum dengan kecantikannya. Pada 1897, gereja ini menerima kehadiran paroki Hati Kudu Yesus (HKY) yang dipimpin oleh Romo Godefriedus Daniel Augustinus Jonckbloet. Baru pada 1905, resmi dibangun di utara Alun-alun Malang. Dengan jendela dan pintu berukuran besar khas bangunan bertema gothik-neo gothik, Teman Traveler dijamin akan terkagum-kagum dengan gereja cantik ini.

Keberadaan beberapa gereja cantik di Indonesia ikut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah negeri ini. Kemegahan bangunannya, keunikan desain interior dan eksteriornya merupakan hal-hal mengagumkan yang menyimpan banyak cerita menarik. Intip juga deretan Masjid indah di Indonesia, ya. Next

ramadan
Tips Aman dan Hemat Sewa Motor di Bali

Begini Ternyata Tips Aman dan Hemat Sewa Motor di Bali! Langsung Pratekkan!

Nabila JKT48

Imutnya Nabila Eks JKT48 Saat Traveling, Main Film Horor Lagi Lho!