in , ,

Melongok Dunia Bawah Laut Gili Ketapang, Sapa Langsung Si ‘Nemo’

Panorama Pesisir Gili Ketapang Juga Tak Kalah Eloknya

Menyelam di Gili Ketapang
Menyelam di Gili Ketapang (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk

Keindahan dunia bawah laut Gili Ketapang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Apalagi jika Teman Traveler hobi snorkeling atau menyelam . Di sini kalian bisa menemukan habitat beragam jenis spesies ikan. Semuanya terlihat cantik, meliuk di antara gugusan terumbu karang.

Baca juga : Rekomendasi Wisata Manado, Telusuri Tiap Sudut Indah Maldives van Celebes

Gili Ketapang sendiri merupakan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya delapan kilometer di lepas Pantai Utara Probolinggo. Lokasinya masyk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Perjalanan menuju Gili Ketapang

Menuju Pulau Gili Ketapang mengunakan kapal motor (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk
Menuju Pulau Gili Ketapang mengunakan kapal motor (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk

Pulau kecil ini dapat dicapai dengan kapal motor sewaan di pelabuhan Tanjung Tembaga. Untuk menghemat biaya sewa, Teman Traveler bisa kok bergabung dengan rombongan wisatawan lainnya. Biasanya jika penumpang mencapai sekitar 15 orang, kapal motor akan segera berlayar.

Saat itu saya bersama teman datang bersamaan dengan rombongan wisatawan dari berbagai daerah, seperti Surabaya dan Malang. Kami tidak perlu repot menunggu lama sebelum kuota penumpang terpenuhi.

Penyeberangan dengan kapal motor ini dimulai pukul 08.00 hingga 16.00. Sementara untuk penyebrangan dari Gili Ketapang ke Probolinggo dimulai dari jam 06.00 hingga 18.00. 

Tarif menyeberang Tanjung Tembaga-Gili Ketapang adalah Rp10.000 per orang. Jika ingin snorkeling, bisa memilih harga paket seharga Rp90.000 per orang. Paket tersebut sudah termasuk ongkos pulang-pergi, pemandu snorkeling, dan makan siang.  

Fasilitas Lengkap

Rest area Gili ketapang (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk
Rest area Gili ketapang (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk

Penyebrangannya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Begitu sampai, kami langsung disuguhi indahnya hamparan luas pasir putih. Selain itu juga ada banyak rest area berupa saung, terbuat dari bambu dengan atapkan jerami. Bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang dan beristirahat.

Setelah duduk sejenak sambil menikmati panorama sekitar, kami langsung dituntun untuk ganti baju dan mengambil peralatan menyelam yang telah disediakan. 

Mengunjungi Dunia Bawah Laut Gili Ketapang

Pemandangan bawah laut Gili ketapang (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk
Pemandangan bawah laut Gili ketapang (c) Haris Kurniawan/Travelingyuk

Yakin deh, Teman Traveler nggak akan tahan berlama-lama santai di saung. Kalian bakalan nggak sabar ingin segera menyelam menikmati keindahan bawah lautnya. Bertemu ikan-ikan lucu di antara gugusan terumbu karang.

Sebelum nyemplung ke laut, kami diajarkan teknik-teknik dasar snorkeling dan menyelam di pinggir pantai. Buat Teman Traveler bisa sekalian belajar bagaimana cara menyelam yang baik dari pemandu snorkeling yang menemani kalian.

Setelah lancar dan paham soal teknik dasar snorkeling, kami dibawa menuju laut tak jauh dari garis pantai. Sesaat setelah ‘nyemplung’ kami langsung disuguhi hamparan terumbu karang yang dihuni beragam spesies ikan. Habitat hewan-hewan mungil tersebut masih sangat terjaga, mengingat bagaimana ketatnya pengawasan penduduk sekitar Gili Ketapang.

Banyak Spot Foto

Beberapa titik menyelam yang kami kunjungi punya keunikan masing-masing. Salah satu yang paling terkenal adalah spot foto batu balok bertuliskan Gili Ketapang. Lokasi ini juga merupakan habitat clown fish yang sering kita lihat di film Finding Nemo.

Setelah puas menikmati keindahan bawah lautnya, kami kembali ke saung untuk makan siang. Menu yang disajikan adalah ikan bakar, terasa sangat nikmat setelah seharian lelah ber-snorkeling.

Selepas menyantap ikan bakar dan bersantai menikmati keindahan pantai, kami harus segera kembali menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga. Air laut sudah terlihat mulai pasang dan rawan membuat kapal motor kurang stabil selama perjalanan,

Semua lelah yang kami rasakan terbayar lunas dengan indahnya pemandangan pantai dan bawah laut. Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Yakin deh, keindahan Gili Ketapang bakal bikin kalian nggak mau pulang! Next

ramadan
Spot Glamping di Malaysia

Liburan ke Negeri Jiran? 6 Spot Glamping di Malaysia Ini Wajib Kamu Coba

Durian J-Queen Seharga Sepeda Motor yang Fenomenal, Laku Dijual!