in , , ,

Goa Batu Cermin, Destinasi Alam Nan Cantik Milik NTT

Nusa Tenggara Timur memang identik dengan panorama alam bahari yang memukau, seperti Labuhan Bajo menjadi salah satu wisata paling top dunia yang berada di NTT ini. Namun tak hanya suguhan wisata bahari saja, cobalah melipir ke suatu tempat dimana terdapat salah satu goa yang indah dengan nama Goa Batu Cermin. Goa ini merupakan salah satu goa yang kini sedang hits di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Sunset Pantai Marina Semarang, Semburat Jingga nan Mempesona

Goa Batu Cermin dengan dinding dinding bebatuan yang indah dan menakjubkan. Foto via netralnews.com

Goa yang ditemukan oleh Theodore Verhoven, yakni seorang misionaris Katolik, pada tahun 1951 yang ternyata sudah cukup banyak diulas di berbagai media masa sebagai tujuan wisata yang unik. Karena kepopulerannya inilah, kalian jadi tidak akan menemukan kesulitan untuk menemukan informasinya. Ketika kalian tiba di lokasi kalian harus terlebih dahulu melewati jalur masuk menuju gua yang terdapat banyak pohon bambu dengan ratusan durinya. Ketika musim kemarau seluruh pohonnya akan terlihat begitu kering namun justru membuat mereka terlihat begitu indah dan menciptakan pemandangan menjadi makin eksotis.

keindahan bebatuan goa batu cermin yang memukau. Foto via labuhanbajotour.com

Goa Batu Cermin memiliki tangga dari semen yang cukup tinggi di pintu masuknya, membuat penampakan gua menjadi semakin megah dengan langit yang tinggi. Setelah masuk ke perut goa, teman traveler akan menemukan banyak ruang-ruang yang sangat besar serta luas. Meskipun begitu, semua pengunjung diwajibkan untuk mengenakan helm keselamatan dan membawa senter, karena ada bagian goa yang gelap gulita yang bisa kalian jelajahi. Goa ini memiliki berbagai keunikan, salah satunya terdapat bagian dinding goa yang bagaikan layar lebar.

cela cela bebatuan dalam goa yang bikin semua pengunjung merasa takjub. Foto via pesonawisata.com

Alasan dinamakan Goa Batu Cermin adalah karena pada musim hujan jika ada genangan air di bagian bawah dekat dinding tersebut maka genangan air tersebut akan ikut direfleksikan ke dinding. Namun pengunjung tidak selalu dapat menyaksikan fenomena tersebut, dikarenakan jarangnya musim hujan di tanah NTT. Namun kalian tetap akan dibuat terpesona oleh Goa Batu Cermin ini oleh berbagai keunikannya. Bahkan kalina akan dapat menemukan bagian-bagian dinding gua yang begitu mirip dengan batuan karang di dasar laut, serta seakan memiliki berbagai warna.

Keindahan Goa Batu Cermin ini terbentuk karena sebuah fenomena alam yang langka terjadi, yakni akibat aktivitas tektonik atau turunnya permukaan laut, sehingga membuat gua yang jutaan tahun lalu berada di dasar laut akhirnya naik ke permukaan tanah seperti saat ini. Next

ramadan

Omah Madhang Saridjoyo Batu, Sajian Menu Tradisional Berasa Tempo Dulu

Ayam Geprek Pak Atten, Kuliner Pedas dan Murah di Jogja. Levelnya Bisa Sesuai Selera!