in , ,

Goa Lowo Trenggalek, Terbesar se-Asia Tenggara?

FI Goa Lowo
FI Goa Lowo

Berbicara tentang Kabupaten Trenggalek tentunya di benak Teman Traveler terbayang betapa banyaknya wisata alam memukau. Tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, Kabupaten Trenggalek juga terkenal dengan wisata goa. Salah satunya adalah Goa Lowo yang artinya adalah kelelawar.

Baca juga : Pilihan Tempat Wisata Samarinda, Destinasi Asyik di Kota Tepian yang Pas untuk Liburan

Pintu Masuk Kawasan Wisata Goa Lowo, Trenggalek.

Teman Traveler, Goa Lowo konon terkenal dengan sebutan Goa terbesar dan terpanjang se-Asia Tenggara. Diresmikan menjadi objek wisata pada Tahun 1984, Goa Lowo memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena eksotisme struktur batuan alam. Hingga saat ini, Goa Lowo masih menyimpan sejuta misteri dan mitos yang belum terpecahkan.

Akses Menuju Lokasi

Pemandangan Pintu Masuk Goa Lawa (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Goa Lowo terletak di Desa Watuagung, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Lokasi Goa Lowo berjarak sekitar 30km dari pusat Kota Trenggalek maupun dari Kota Tulungagung.

Jembatan didalam Goa Lawa, Trenggalek (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Akses menuju destinasi wisata Goa Lowo ini sangat mudah ditemukan Teman Traveler, karena melewati ruas jalan nasional dan searah menuju lokasi wisata Pantai Prigi dan Pantai Pasir Putih. Jadi Teman Traveler bisa sekaligus mengunjungi Pantai-pantai tersebut yaa!

Tiket Masuk Terjangkau

Pemandangan Dari Dalam Goa Lowo (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Teman Traveler harga tiket masuk objek wisata Goa Lowo saat weekday hanya Rp. 7.500,- per orang, sementara saat weekend Rp.10.000 per orang.   Sebutan Goa Terpanjang dan Terbesar se-Asia Tenggara didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli goa asal Perancis, panjang Goa ini berkisar 2km dari total keseluruhan goa hanya 850 meter yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Untuk menyusuri sisanya yang 1.150 meter, Teman Traveler harus menyelami sungai bawah tanah sedalam 10 meter.

Stalagtit dan Stalagmit nan Cantik

Stalatit dan Stalagmit di Goa Lowo (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Dinamakan Goa Lowo atau Goa Kelelawar karena di goa ini terdapat banyak kelelawar yang hidup didalam goa ini dan uniknya lagi tidak ada fauna lain yang mampu bertahan hidup di goa ini. Di dalam Goa Lawa, Teman Traveler akan menikmati keindahan goa yang diselimuti stalagtit dan stalagmit. Ukiran pada batu-batu tersebut terbentuk secara alami dari partikel yang terbawa tetesan air didalam goa selama ribuan tahun.

Batu Menara Goa Lowo (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Pemandangan dari dalam Goa Lowo ini cukup menarik Teman Traveler, karena disetiap sudut goa terdapat sensasi pemandangan yang berbeda.

Lubang Kecil Dilangit Goa Lowo (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Diujung jembatan, Teman Traveler dapat menikmati sinar matahari yang menerobos lubang kecil dilangit goa. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menyaksikan ribuan kelelawar yang bergelantungan di dinding goa.

Keindahan stalagtit dan stalagmit dengan lampu sorot warna-warni (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk.

Salah satu keunikan di dalam Goa Lowo ini adalah adanya batu-batuan yang menyerupai hewan atau benda hidup, seperti batu besar yang ada pada jalan masuk goa yang menyerupai hewan kura-kura. Selain itu, ada juga yang menyerupai singa, sangkar, tugu buceng, sepasang kaki, dan masih banyak lagi bebatuan yang memiliki bentuk unik. Keindahan pemandangan dari dalam Goa Lawa tersebut lebih sempurna dengan adanya lampu sorot warna-warni yang terpasang di sela-sela bebatuan.

Cocok Untuk Berburu Foto

Batu-batuan alami serta lampu sorot warna-warni yang terdapat di dalam Goa Lowo memang sangat memukau sehingga mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung disini. Sehingga tak sedikit para wisatawan yang berkunjung menyempatkan diri untuk berfoto selfie atau mengambil gambar pada keindahan yang disuguhkan di Goa Lowo, Trenggalek.

Jadi bagaimana Teman-teman Traveler tertarik untuk berkunjung ke Goa Lowo Trenggalek? Sangat worth it dengan harga tiket masuk yang murah serta Teman Traveler sudah dapat menikmati keindahan dari pesona stalagtit dan stalagmit nan cantik alami tentunya. Next

ramadan

Bukan Film! Bus Di Sumatera Barat Ini Terbelah Dua Karena Terobos Fly Over

FI Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai, Wisata dekat IKN Baru di Kalimantan Timur