in ,

Gotraswala 2016, Pertunjukan Seni dan Budaya Khas yang Menggema di Jawa Barat

Gotraswala [image source]

Gotraswala adalah gelaran festival yang banyak menyuguhkan berbagai  hal tentang budaya Jawa barat, khususnya dari daerah Cirebon. Sayangnya, tidak banyak masyarakat luas tahu hal itu. Padahal kekayaan budaya dan alam Jawa Barat itu memiliki potensi untuk dikenalkan pada dunia.

Baca juga : Pemerintah Luncurkan Aplikasi Mudik untuk Mudahkan Perjalanan Pulang Kampung

Wajar bila beberapa pihak jadi greget dan termotivasi membuat Jawa Barat semakin membahana sebagai tempat wisata populer. Sebagai salah satu upayanya, maka digelarlah festival Gotraswala dari tahun ke tahun. Hasilnya cukup baik karena semakin banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan festival tersebut.

1. Gotraswala dari Tahun ke Tahun

Gotraswala [image source]
Gotraswala [image source]

Gelaran yang meriah itu pertama kali dilakukan pada tahun 2013 dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni khas dari Jawa Barat. Dengan hasil yang positif, pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak sepakat untuk  menggelar lagi festival Gotraswala di tahun berikutnya.  Untuk yang kali kedua Gotraswala meraih kesuksesan, bahkan berbagai direktur festival dari belahan dunia lain turut diundang untuk melihat seberapa meriah Gotraswala tahun 2014. Kemudian pada tahun 2015, Gotraswala semakin menggema lagi karena sempat diundang dalam dua festival world music terbesar di dunia, yaitu Sharq Taronalari di Kota Samarkan, Uzbekistan dan Jeonju International Sori Festival di Kota Jeonju, Korea.

2. Digelar Lagi Tahun Ini

Gotraswala [image source]
Gotraswala [image source]

Untuk melestarikan seni dan budaya itu nggak mudah, jika tidak ada tekad dan kemauan pasti tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita sudah digantikan oleh kebiasaan modern yang dianggap kekinian oleh sebagian orang. Padahal budaya itulah identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Dengan adanya festival Gotraswala, maka langkah pelestarian itu bisa lebih efektif. Pengemasan yang unik dan kreatif juga mampu menjadi daya tarik untuk berbagai kalangan.  Untuk tahun ini, rencananya Gotraswala akan digelar pada 30 Oktober hingga 1 November 2016. Sedangkan lokasinya masih tetap sama yaitu beberapa tempat di Cirebon jawa Barat.

3. Tidak Hanya Pertunjukan Seni

Gotraswala [image source]
Gotraswala [image source]

Berbagai workshop diadakan untuk meningkatkan semangat dan antusiasme para pengunjung dan masyarakat Cirebon. Salah satunya adalah workshop melukis gelas dan toping. Kegiatan tersebut digelar di Kasepuhan pada 30 Oktober. Bertepatan dengan pembukaan acara di panggung budaya yang telah dipersiapkan. Kali ini daerah  yang dipilih sebagai lokasi pembukaan adalah Kacirebonan dan Sunyaragi. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan  Tari Sekar Keprabon dan musik bedug khas Kacirebonan dalam acara tersebut.

4. Bertabur Kegiatan Bermanfaat

Gotraswala [image source]
Seni Tari Jawa Barat [image source]

Kemudian sehari setelahnya yaitu pada tanggal 31 Oktober 2016, ada seminar dengan tema Kebudayaan Jawa Barat, baik itu masa lalu, masa kini atau masa mendatang.  Sedangkan pembicaranya adalah Undang Ahmad Darsa, seorang dosen dari Unpad. Jika kamu suka membaca,  jangan melewatkan peluncuran novel tentang sejarah Tarumanegara tulisan Okki Jusuf Judanagara pada hari itu juga. Keramaian juga akan terjadi di Lapangan Kasepuhan karena ada workshop dan pameran seputar batik berkualitas dan kerajinan khas Cirebon.

Pada Hari Terkahir, Gotraswala akan menyuguhkan berbagai pertunjukan seni sampai akhirnya resmi ditutup  oleh Gubernur Jawa Barat. Kolaborasi antara  Gotrasawala Dance Company, Gotrasawala Ensemble , dan music  director dari negara lain, dipastikan akan membuat kamu terkagum-kagum. Next

ramadan

Anak Bintaro Wajib Tau Destinasi Kuliner Lezat di Daerahnya

Pulau-Pulau di Sumatera Barat yang Ternyata Lebih Indah dari Maldives