in , , , ,

Jalur Mudah ke Grojogan Sewu Tawangmangu yang Punya Ketinggian Fantastis

Tinggi dan keindagannya buatmu terkagum-kagum

Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tepatnya terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Pemandangannya seperti apa? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Tempat Menginap dengan Sentuhan Bambu di Jogja, Berasa Tinggal di Pedesaan!

Kenal Lebih Dekat

Gapura Selamat Datang (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk
Gapura Selamat Datang (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Wisata ini merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Grojogan dalam bahasa Jawa berarti air terjun dan sèwu berarti seribu. Sehingga Grojogan Sèwu berarti air terjun seribu. Meskipun air terjun di sini tidak dapat menampung seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu di sini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu merupakan air terjun tinggi. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Sebuah air Terjun Tertinggi yang ada sekitar 81 meter.

Fasilitas Wisata

Keindagan Air Terjun dari Jauh (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk
Keindagan Air Terjun dari Jauh (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pengembangannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Saat sedang musim hujan, sekitar tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering. Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh kelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah taman hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cenderamata, mushola dan MCK.

Jalur yang Cukup Mudah

 

Berwisata dengan Keluarga (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk
Berwisata dengan Keluarga (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang memiliki jiwa petualangan. Pintu masuk ini menjadi yang paling direkomendasikan. Bukan terdiri dari jalur atau jalur yang menantang. Melainkan, jalur yang cukup mudah tetapi menuntut fisik Teman Traveler. Ya,  seperti pemanasan sebelum mendaki Gunung Lawu.

Siapkan Fisik yang Prima

Menaiki Tangga (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk
Menaiki Tangga (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Jalur yang harus dilalui adalah anak tangga yang sudah sangat bagus dan nyaman untuk Teman Traveler. Lalu, apa yang harus ditakutkan dari jalur ini? Jalur tangga merupakan area yang nyaman dan aman. Kenapa harus menuntut Fisik? Jawabannya adalah jumlah anak tangga yang cukup fantastis. Kurang lebih ada 1000 anak tangga, bahkan ada yang bilang terdapat 1250 anak tangga loh.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Grojongan Sewu. Pahami medahnnya, siapkan fisik yang bugar dan selamat berlibur. Next

ramadan

Fakta Coban Baung Purwodadi yang Mencengangkan!

Bermain Sambil Belajar di Jogja? Kebun Binatang Gembira Loka Jawabannya!