in , ,

Gronjong Wariti, Dari Sungai Kumuh jadi Destinasi Wisata Air Tercantik di Kediri

Pesona alam Kediri

Kediri terkenal dengan deretan wisatanya yang hits dan apik. Salah satunya yang hendak dibahas kali ini adalah Gronjong Wariti. Apa istimewanya tempat ini? Wahana apa yang ditawarkannya? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Segara Anak, a Lake Shrouded in Thousands of Myths in Lombok

Tawarkan Pesona Alam yang Indah

img20190824151917_XFh.jpg
Bagian depan (c) Nevan Jayadi/Travelingyuk

Gronjong Wariti adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Kediri yang mempunyai nuansa desa yang sangat kental. Kita bisa bersantai di tepi sungai sambil menikmati jajanan kas pedesaan yang beragam.

img20190824152115_wsa.jpg
Pemandangan sungai (c) Nevan Jayadi/Travelingyuk

Rindangnya pohon bambu dan gemricik air tentunya sangat mendukung kenyaman bagi pengunjung. Tak lupa tentunya juga tersedia berbagai wahana permainan dengan harga yang begitu terjangkau, seperti rafting, flying fox, hingga ATV.

Bagi kalian yang bosan dengan kebisingan dan hiruk pikuk kota, tempat ini bakal sangat cocok untuk kalian kunjungi. Tiket masuknya gratis, loh!

Gampang Diakses dan Terjangkau Masyarakat

img20190824151827_Lf6.jpg
Pemandangan Gronjong Wariti (c) Nevan Jayadi/Travelingyuk

Lokasi destinasi wisata ini sangat gampang dicari. Sesudah dari perempatan Bago, kalian bakal belok kanan ke arah Pare. Jalan terus hingga menemui papan petunjuk bertuliskan ‘Gronjong Wariti’ di sisi kanan jalan.

Lokasi parkir juga tertata rapi karena posisinya di halaman rumah penduduk, lengkap dengan penjaganya yang ramah. Pintu masuknya cukup gampang dikenali dari papan petunjuk dan dekorasi bambu yang tersusun cantik di depannya.

Bagi Teman Traveler yang ingin berfoto, jangan khawatir. Di sini sudah tersedia aneka spot foto cantik dan instagramable. Apabila kalian ingin bertanya-tanya mengenai tempat wisata ini, pengurus tempat di sana akan menjelaskan dan memberi petunjuk dengan sangat ramah.

Berawal dari Aliran Sungai yang Kumuh

img20190824151808_ykw.jpg
Kolam renang Gronjong Wariti (c) Nevan Jayadi/Travelingyuk

Tak disangka, destinasi air hits ini berawal dari aliran sungai kumuh, kotor, serta dangkal yang mengaliri Desa Mejono. Kondisi tersebut disebabkan adanya kebiasaan masyarakat yang sering membuang sampah di lokasi sungai.

Melihat kondisi seperti itu, Kepala Desa, pengurus Bumdes, pendamping desa, SDM setempat serta seluruh masyarakat desa bergerak untuk menciptakan sungai yang bersih. Harapannya selain mengurangi erosi juga membuat kualitas air jadi membaik dan membuka potensi wisata.  

Proses menciptakan wisata air tersebut tentunya sudah dilakukan melalui koordinasi seluruh pihak yang berperan untuk mengonsep lokasi wisata. Tahap awal pembuatan wisata air tersebut dengan cara membersihkan daerah aliran sungai dari sampah rumah tangga dan ranting-ranting pohon terlebih dahulu.  

img20190824151949_UFO.jpg
Gronjong Wariti (c) Nevan Jayadi/Travelingyuk

Setelah itu, lokasi sungai ini ditata sedemikian rupa untuk membentuk tempat wisata yang rindang, asri, serta nyaman bagi para pengunjungnya.   Tidak hanya penataan daerah aliran sungai, mereka juga memperindah lokasi wisata dengan lukisan-lukisan yang memiliki unsur nilai seni serta menghiasi sungai dengan ikan koi.

Selain itu, wisata air ini dilengkapi berbagai macam wahana yang dapat dinikmati wisatawan. Mulai dari rafting, perahu, sepeda air, flying fox, taman yang hijau dan rindang, hingga gazebo yang menyediakan aneka kuliner.  

Untuk wisatawan yang ingin merasakan segar dan jernihnya air sungai tersebut juga dapat menceburkan diri ke dalam sungai yang tentunya sudah dilengkapi dengan pengaman. Tidak perlu khawatir, akses menuju lokasi juga sudah dilengkapi dengan jembatan rabat.

Jadi Magnet Wisatawan Dalam dan Luar Kediri

img20190824152127_mgD.jpg
Gronjong Wariti (c) Nevan Jayadi/Travelingyuk

Setelah adanya wisata air ini, banyak sekali wisatawan dari Kediri maupun dari luar Kediri yang senang dan datang untuk mencoba wahana air. Tidak hanya itu saja, adanya wisata air ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta membentuk masyarakat yang lebih cinta dan merawat aliran sungai yang menjadi aset Desa Mejono.  

Dimas, salah satu pengelola Gronjong Wariti mengatakan, keberadaan wisata air ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  “Banyak warga yang dulunya menganggur sekarang kerja disini. Ada yang jualan, ada yang jadi pemandu rafting atau buka jasa parkir. Alhamdulillah makin banyak yang mengetahui tempat ini, paling ramai ketika liburan. Seperti lebaran kemarin, pemasukan mencapai 15 juta,” katanya.

Itu dia ulasan tentang destinasi wisata Gronjong Wariti di Kediri. Tertarik untuk berwisata sambil bermain air di sini? Yuk, segera berlibur! Next

ramadan
Pantai Walaikiri

Pantai Walaikiri, Kecantikan Sumba yang Bikin Tak Berkedip

Teras Kaca Pantai Nguluran Yogyakarta, Sensani Berfoto di Atas Tebing

Teras Kaca Pantai Nguluran Yogyakarta, Sensasi Berfoto di Atas Tebing