in ,

Gudeg Abimanyu dengan Cita Rasa Khas Semarang yang Konsisten Sejak 1960-an

Inilah Gudeg Abimanyu yang Legendaris di Semarang, Rasa Juara Bikin Selalu Terkenang

Gudeg Abimanyu
Gudeg Abimanyu

Gudeg selama ini dikenal sebagai kuliner khas Jogja. Meskipun begitu, kuliner ini sudah mudah ditemukan di mana saja, termasuk Semarang. Salah satunya adalah Gudeg Abimanyu yang kondang memiliki rasa enak yang konsisten. Bisa jadi jujukan makan kala berada di Semarang, yuk kita ulas lebih mendalam.

Baca juga : Krisna Beach Street, Tempat Nongkrong Asik dan Instagramable di Buleleng Bali

Gudeg Abimanyu Telah Ada Sejak 1960-an

Gudeg Abimanyu, via Instagram/gitoeste
Gudeg Abimanyu, via Instagram/gitoeste

Gudeg Abimanyu bukan pendatang baru dalam dunia kuliner di Semarang. Pasalnya, tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Nama asli tempat makan ini adalah Gudeg Ibu Lasmi. Namun karena berada di Jl. Abimanyu, tempat ini lebih kondang disebut dengan Gudeg Abimanyu. Konon katanya, Gudeg Abimanyu ini merupakan pelopor adanya gudeg di Semarang.

Tawarkan Cita Rasa Gudeg Ala Semarang yang Konsisten

Gudeg dengan sayur kol, via Instagram/gisella_tania
Gudeg dengan sayur kol, via Instagram/gisella_tania

Sejak berdirinya hingga sekarang ini, Gudeg Abimanyu menawarkan cita rasa yang konsisten. Gudeg di sini berbeda dengan yang biasa kita jumpai di Jogja karena memang menawarkan cita rasa ala Semarangan. Dari segi penampilan, gudeg di tempat ini cenderung basah, namun untuk rasa tidak semanis gudeg Jogja.

Cita rasa yang berbeda dari Jogja, via Instagram/angelinaenasoesanti
Cita rasa yang berbeda dari Jogja, via Instagram/angelinaenasoesanti

Penyajiannya juga cukup unik, gudeg ini dipadukan dengan daun singkong rebus, kol rebus, sambal krecek pedas, telur pindang, serundeng basah dan tidak lupa siraman kuah areh kental. Biasanya, akan ada tambahan lauk lainnya seperti halnya koyor, opor ayam, rempeyek udang gimbal, dan aneka ragam kerupuk.

Rekomendasi di Semarang, via Instagram/kakilimajateng
Rekomendasi di Semarang, via Instagram/kakilimajateng

Pembeda lainnya adalah di dalam kreceknya ada tambahan kentang dan juga buncis. Sambalnya juga merupakan kombinasi antara cabai rawit dan juga ebi sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan gurih. Seporsi kenikmatan gudeg yang akan membuat kamu ketagihan dengan cita rasanya. Terdengar menggiurkan sekali bukan?

Alamat Gudeg Abimanyu di Semarang

Gudeg enak di Semarang, via Instagram/ny.rempong
Gudeg enak di Semarang, via Instagram/ny.rempong

Gudeg Abimanyu ini berlokasi di Jl. Abimanyu VII No 6, Semarang. Jam bukanya mulai dari pukul 06:00 sampai 11:00 siang, kemudian sore harinya mulai buka kembali pukul 17:00 WIB.

Perlu dicoba saat ke Semarang, via Instagram/dad_dish
Perlu dicoba saat ke Semarang, via Instagram/dad_dish

Tempat ini telah membuka cabang di Jl. Kimangun Sarkoro, Semarang. Lokasinya memang sederhana, namun jangan salah ya, antriannya yang panjang akan buat kamu bertanya-tanya. Harganya, satu porsi nasi gudeg di tempat ini dipatok Rp20.000-an saja.

Nah, jika kamu berkesempatan untuk jalan-jalan di Semarang, jangan lupa mencicipi Gudeg Abimanyu ini ya Teman Traveler. Terutama buat kamu pecinta gudeg, cita rasa di sini berbeda dengan yang biasanya kamu coba. Jadi, kapan traveling ke Semarang? Next

ramadan
Kedai susu legendaris di Indonesia

Kedai Susu Legendaris di Indonesia, Alternatif Buat Kamu yang Nggak Suka Kopi

Tempat Menginap di Jogja dekat Sungai, Sensasi Liburan ala Pedesaan