in ,

Gulai Ikan Sembilang, Kuliner Riau yang Mirip Lele

Gulai ikan sembilang yang menyerupai ikan lele di Riau.

Gulai ikan dari Riau yang mirip dengan ikan lele.
Gulai ikan dari Riau yang mirip dengan ikan lele.

Pulau yang berbatasan dengan negara tetangga dan terpengaruh oleh budaya Melayu ini memiliki ragam kuliner yang patut untuk dicoba. Tak hanya itu, kebanyakan makanan di Riau berasal dari hasil laut yang segar. Salah satunya adalah Gulai Ikan Sembilang. Menu ini hampir sama dengan gulai yang lain, namun ikan yang digunakan mirip seperti ikan lele. Travelingyuk akan membahas salah satu hidangan yang ada di Pulau Riau ini.

Baca juga : 9 Villa Instagenic di Jogja ala Ubud Pulau Dewata

Ikan Sembilang

Gulai ikan sembilang yang mirip lele
Gulai ikan sembilang yang mirip lele via Instagram/aylanin

Sekilas, Ikan Sembilang memang tampak seperti ikan lele karena memiliki kumis. Hal yang menjadi pembeda adalah adanya duri atau lebih dikenal dengan patil di dua sirip, dan satu di punggung. Patilnya pun beracun, jika tergores dan tertusuk di kulit akan membuat suhu badan menjadi panas, wajah menjadi pucat, bahkan bisa kejang-kejang. Meskipun begitu, racun hanya akan bertahan selama 24 jam. Dalam pengolahannya, ikan sembilang harus diolah secara hati-hati dan juga bersih agar orang yang mengonsumsi atau yang mengolah, tidak terkena racun.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan dalam memasak ikan
Bahan-bahan dalam memasak ikan via Instagram/rohaiza.siti

Untuk membuatnya, maka membutuhkan beberapa bahan seperti ikan sembilang, bawang merah, cabe rawit, merica, garam, teh biji ketumbar, dan teh jintan yang kemudian ditumbuk atau dihaluskan. Ikan dimasukkan ke dalam wajan penggorengan dan diberi buah belimbing serta lada hitam sebagai penyedap. Gulai disajikan dengan cita rasa pedas dan asam yang menjadi satu. Bagi yang tidak suka pedas, Teman Traveler bisa menakar berapa cabai yang harus dipakai ketika memasak.

Manfaat Bagi Tubuh

Ikan yang kaya manfaat bagi tubuh
Ikan yang kaya manfaat bagi tubuh via Instagram/ashiqinharis

Meskipun berbahaya dan beracun jika durinya tertusuk atau tergores di kulit, ikan sembilang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Ikan yang kaya akan protein, fosfor, dan asam lemak omega 3 ini dapat mempercepat proses kehamilan, mengontrol lemak, menurunkan tekanan darah, pembentukan jaringan otak bagi anak-anak, mengurangi kolesterol, dan masih banyak lagi. Jika diolah dengan tepat, Teman Traveler tidak perlu mencari alasan lagi untuk tidak mengonsumsi gulai ikan sembilang.

Tekstur yang Lembut

Gulai Ikan Sembilang
Gulai Ikan Sembilang via Instagram/imna.naim

Ikan sembilang yang cukup susah dicari nelayan karena suka bersembunyi ini memiliki tekstur daging yang hampir sama dengan lele. Daging ikan memiliki daging yang lebih padat dan juga lembut. Jika dimasak dengan benar, maka tulangnya pun terasa lunak sehingga Teman Traveler tidak perlu takut tertusuk ketika mengonsumsinya.

Itulah sajian khas Riau yang bernama Gulai Ikan Sembilang. Masyarakat Riau memang suka mengonsumsi hidangan ini dan Teman Traveler bisa menemukannya di berbagai daerah sekitaran Riau. Next

ramadan
Via Instagram/prillylatuconsina96

Liburan Berkesan Prilly Latuconsina di Amerika, Bertemu Noah Centineo Sampai YouTuber Hits

Akomodasi di Tanjung Benoa

Akomodasi di Tanjung Benoa dengan Pemandangan Sunset, Bikin Nggak Mau Pulang!