in ,

Pilihan Gulai Khas Indonesia, Olahan Penuh Rempah dengan Cita Rasa Mewah

Deretan Gulai Khas Indonesia, Rasanya Tak Ada Tandingannya

gulai khas Indonesia
gulai khas Indonesia

Kuliner tradisional Indonesia terkenal dengan penggunaan rempahnya yang kaya. Salah satunya adalah gulai dengan citarasanya yang gurih dan nendang. Membahas gulai khas Indonesia, banyak jenisnya lho. Mulai dari daging yang digunakan, bumbu, sampai dengan rasanya. Berikut ini merupakan jajaran gulai khas Indonesia yang bisa kamu coba kenikmatannya. Apa saja, ya?

Baca juga : 5 Tempat Wisata Indah ini Berawal Dari Kebetulan

Gulai Cubadak, Minang

Gulai Cubadak, via Instagram/afdhalie
Gulai Cubadak, via Instagram/afdhalie

Gulai cubadak atau gulai nangka muda merupakan kuliner yang banyak tersedia di rumah makan Padang. Tekstur nangka yang kenyal dipadukan dengan santan biasanya akan memberikan rasa yang enak, apalagi dicampur dengan nasi hangat, benar-benar mantap lho. Biasanya, tidak hanya nangka muda saja, ada isian lainnya, irisan kol dan kacang panjang.

Gulai Belacan, Riau

Gulai Belacan, via Instagram/jatratour
Gulai Belacan, via Instagram/jatratour

Dari Riau ada yang namanya gulai belacan. Dinamakan demikian lantaran ada belacan di dalamnya, sehingga membuat warnanya jadi kemerahan. Untuk citarasanya sendiri, gulai balacan memiliki rasa gurih dan asam yang samar-samar. Nah, rasa asamnya ini berasal dari campuran air asam jawa pada bumbunya. Sangat menarik buat dicoba, bukan?

Gulai Tunjang, Padang

Gulai Tunjang, via Instagram/kummelissa
Gulai Tunjang, via Instagram/kummelissa

Gulai Tunjang terbuat dari kikil kambing ataupun sapi. Kuliner khas Padang ini memang memilik tekstur kenyal dan gurih. Jika pengolahannya benar, kikil akan memiliki tekstur yang empuk dengan citarasa enak tentunya. Buat kamu yang ingin mencicipi kuliner ini, bisa mencobanya di berbagai Rumah Makan Padang ya.

Kuah Pliek U, Aceh

Kuah Pliek U, via Instagram/fitrianisamidan
Kuah Pliek U, via Instagram/fitrianisamidan

Dari Aceh ada gulai yang bernama kuah pliek u. Bahan dasar pembuatan masakan tradisional ini adalah ampas kelapa yang minyaknya sudah diperas. Jangan salah ya, meskipun terbuat dari ampas, makanan ini memiliki gizi yang begitu tinggi, lho. Terutama untuk menambah gairah dan kekebalan tubuh. Jika jalan-jalan ke Aceh, jangan segan mencoba kuah pliek u ya Teman Traveler.

Indonesia memang kaya sekali dengan makanan yang enak, termasuk gulai ya. Maka dari itulah, jika ada kesempatan langsung saja mencoba berbagai gulai yang ditawarkan. Menggiurkan, bukan? Next

ramadan
kuliner Kalimantan Utara

Kuliner Kalimantan Utara, Cicip saat Jelajah ke Berbagai Wisatanya

Chicken Katsu Cheese

Kedai Sumochi Malang, Puas dengan Porsi Sumo