in , , ,

Gunung Bismo di Wonosobo, Dengan Bentuk Unik Seperti Genggaman Tangan

figunung bismo

Bagi Teman Traveler yang baru pertama kali akan melakukan pendakian bisa mengunjungi Gunung Bismo di Wonosobo. Jalurnya dan ketinggian gunung sangat cocok bagi pemula. Mempunyai bentuk unik seperti genggaman tangan dengan panorama menakjubkan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Eksplorasi Wisata Sawah di Indonesia

Pendakian Bagi Pemula

pendakian bagi pemula
Ilustrasi via instagram fikrilifetrip

Gunung Bismo atau Bisma berada di kawasan pegunungan api Dieng, gunung ini sendiri merupakan bekas gunung api purba dengan kawah tua, terpotong membuka ke arah tenggara. Kaldera ini memiliki bentuk unik seperti genggaman tangan, dengan ketinggian 2.365 Mdpl.

Destinasi wisata gunung ini sangat populer banyak dikunjungi para wisatawan untuk mendaki terutama bagi pemula sebab ketinggiannya yang tidak begitu tinggi. Selain itu keindahan alam sekitar juga menakjubkan.

Jalur Pendakian

jalur pendakian
Ilustrasi via instagram ramdagilang01

Kemudian ada beberapa jalur pendakian yang bisa Teman Traveler pilih diantaranya paling terkenal jalur silandak, ada 4 pos yang harus dilewati dengan pemandangan ladang perkebunan warga. Waktu tempuh hingga puncaknya sekitar 4 jam, jalur tersulit akan ditemui pada pos ke 3 yaitu tanjakan dengan kemiringan 90 derajat.

Lalu, jalur sikunang memiliki tanjakan cukup terjal namun bisa cepat sampai dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Selain itu ada jalur pulosari, jalur deroduwur, dan jalur maron.

Puncak Gunung Bismo

puncak gunung bismo
Ilustrasi via instagram gunungbismo

Selanjutnya Teman Traveler setelah sampai di puncak Hastinapura akan disuguhkan pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Prau yang gagah serta Telaga Menjer di bawahnya. Suasana saat sunrise begitu indah apalagi awan-awan berkumpul seakan berada di atas awan.

Di puncak gunung ini Teman Traveler bisa berkemah menikmati indahnya panorama. Namun, saat cuaca tidak dalam kondisi baik seperti berangin para pendaki dilarang ke sini. Sebab, bentuk puncak gunung yang berupa tanah sempit pada punggung gunung dan di kanan serta kiri adalah jurang curam membuatnya sangat berbahaya.

Fasilitas, Harga Tiket dan Lokasi

fasilitas gunung bismo
Ilustrasi via instagram wandi_1787

Berikutnya untuk fasilitas wisata ada area parkir, toilet umum, kamar mandi, musala, warung makan serta minum, area camping dan lainnya. Harga tiket masuk atau registrasi per orang Rp 10.000-Rp 15.000, biaya penitipan sepeda motor Rp 10.000, dan ojek Rp 10.000 saat siang lalu Rp 15.000 ketika malam.

Gunung Bismo berlokasi di area Gunung Campursari, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Dari pusat kota menuju jalur silandak berjarak 12,4 km dengan waktu tempuh sekitar 34 menit perjalanan. Jam operasional buka selama 24 jam setiap hari.

Demikian ulasan Gunung Bismo di Wonosobo Jawa Tengah, bisa menjadi destinasi pendakian Teman Traveler yang masih pemula. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan. Next

ramadan
fi pusentasi

Pusentasi di Donggala Sulawesi Tengah, Sumur Raksasa Alami yang Jernih

Kafe di Makassar

Mampir ke Makassar, Ini Dua Kafe Asik untuk Nongkrong