in , ,

Pusentasi di Donggala Sulawesi Tengah, Sumur Raksasa Alami yang Jernih

fi pusentasi

Berbeda dengan sumur lainnya perigi satu ini mempunyai daya tarik wisata yaitu Pusentasi di Donggala, Sulawesi Tengah. Sumur raksasa alami yang jernih kebiruan, berada pada kawasan Pantai Bonebula yang kedalamannya tidak tentu tergantung pasang surut laut. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Sate Damri, Kuliner Bandung yang Hits dan Jumbo

Sumur Alami Jernih

sumur alami jernih
Ilustrasi via instagram hidayatzaqi

Pusentasi disebut demikian yang artinya adalah pusat laut, berada di dalam kawasan pantai hanya berjarak 500 meter dengan Pantai Bonebula. Sumur alami jernih ini telah menjadi objek wisata populer turis lokal maupun luar kota. Memiliki diameter hingga 10 meter namun kedalamannya tidak menentu karena dipengaruhi pasang surut air laut.

Mempunyai pemandangan eksotis warna air kebiruan yang jernih tempat ini menjadi favorit pengunjung untuk snorkeling atau diving. Selain itu tentunya berenang atau mengabadikan momen berswafoto pada dinding warna-warni yang mengitari sumur.

Dipercaya Berkhasiat

dipercaya berkhasiat
Ilustrasi via instagram masturosetiarosa

Menariknya air sumur alami ini dipercaya berkhasiat untuk pengobatan seperti penyakit kulit, bahkan ada yang membawa air sumur untuk dibawa pulang. Konon manfaatnya didapat karena berasal dari campuran air laut murni, banyak pengunjung mengaku merasakan kemanjurannya.

Meskipun sering dibuat berenang sebab banyak pengunjung, air dari sumur alami ini tidak pernah keruh dan kotor. Kemurnian dan alaminya air selalu tetap jernih berwarna hijau kebiruan.

Rekomendasi Wisata Pantai Bonebula

wisata pantai bonebula
Ilustrasi via instagram fatmawati741992

Kemudian Teman Traveler dapat mengunjungi Pantai Bonebula yang masih satu kawasan dengan Pusat Laut. Pantai alami dengan pasir putih dan birunya laut, sangat cocok dijadikan lokasi snorkeling serta diving seperti pusat laut. Selain itu ada pulau kecil tidak jauh dari bibir pantai, saat surut bisa menikmati keindahan pantai di sini.

Fasilitas, Harga Tiket, dan Lokasi

fasilitas pusentasi
Ilustrasi via instagram pancabakrie

Selanjutnya untuk fasilitas wisata ada area parkir, tempat duduk berupa pondok kecil, toilet umum, penginapan, warung makan serta minum, dan lainnya. Harga tiket masuk sumur sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 per orang.

Pusentasi pusat laut berlokasi di Dusun Simbe, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Dari pusat kota Donggala berjarak 118 km dan dapat ditempuh sekitar 3 jam 10 menit perjalanan. Jam operasional wisata buka setiap hari selama 24 jam.

Demikian ulasan sumur raksasa alami Pusentasi di Donggala Sulawesi Tengah, bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler selanjutnya. Jangan lupa jaga selalu protokol kesehatan. Next

ramadan
Dapur Kayu Manis

Dapur Kayu Manis Condet, Sarana Kongkow enak dengan harga yang bersahabat

figunung bismo

Gunung Bismo di Wonosobo, Dengan Bentuk Unik Seperti Genggaman Tangan