in , , ,

7 Gunung Ini Punya Hamparan Edelweiss, Salah Satunya Jadi Viral

Deretan Gunung dengan Ladang Edelwaiss Menawan untuk Dinikmati Pendaki. Ingat! Bukan untuk Dibawa Pulang

Edelweiss merupakan bunga yang dapat Teman Traveler jumpai di beberapa gunung Indonesia. Jumlahnya yang kian menipis karena dipetik pendaki membuat tumbuhan yang dijuluki sebagai bunga abadi ini tidak boleh lagi dipetik oleh pendaki sesuai dengan Undang-uandang No 5 Tahun 1990 Pasal 33 Ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya. Hamparan bunga Edelweiss ini bisa Teman Traveler jumpai pada 7 gunung berikut ini.

Baca juga : Tradisi Malam Lebaran di Indonesia, Bunyikan Meriam Sampai ‘Bakar Gunung’

1. Gunung Lawu

Edelweiss Gunung Lawu via Instagram @walangmpa

Lawu yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Timur menjadi gunung pertama yang menyediakan pemandangan Edelweiss berwarna ungu yang terletak di pinggir jurang. Selain itu, Edelweiss juga dapat Teman Traveler temukan di sepanjang jalur menjelang puncak Hargo Dumilah dengan warna putih dan coklat. Sedangkan jika Teman Traveler mendaki dari jalur Candi Cetho, Teman Traveler bisa langsung merasakan kehadiran bungaini dari sabana pertama.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani via Instagram @denwiralalu

Rinjani yang terkenal akan keindahan Danau Segara Anaknya ini juga menyajikan pemandangan Bunga Edelweiss putih ketika berada di Plawangan, Sembalun. Gunung rinjani yang membuka aktivitas pendakian 2 hari 1 malam membuat Teman Traveler harus menyiapkan kamera terbaik untuk mengabadikan cantiknya Bunga Edelweiss yang nampak tersembunyi di tebing bebatuan, bukit hingga tepi Danau Segara Anak. Pastikan untuk tidak melewatkan titik manapun ya!

3. Gunung Gede Pangrango

Edelweiss Gunung Gede via Instagram @silvyalafiah_

Gunung Gede Pangrango yang terletak di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi ini juga memiliki hamparan Bunga Edelweiss yang sangat sayang untuk dilewatkan. Gunung Gede maupun Pangrango menawarkan pemandangan Edelweiss yang berbeda. Jika mendaki Gunung Gede, Teman Traveler dapat menemukan pemandangan indah ini di Alun-alun Surya Kencana pada bagian selatan puncak. Sedangkan pada Pangrango, Teman Traveler bisa menemukan bunga ini ada Lembah Mandalawangi.

4. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro via Instagram @andinialdn

Padang Edelweiss yang juga tidak kalah indah dapat Teman Traveler temui jika mendaki Gunung Sindoro. Pengalaman paling berharga jika mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.150 mdpl ini, begitu bangun pagi Teman Traveler akan disambut dengan padang Edelweiss yang menawan. Indahnya Bunga Edelweiss tersebuut bisa Teman Traveler nikmati jika mendaki via Kledung. Namun jika mendaki dari Basecamp Bansari, Temanggung, pemandangan Edelweiss dapat disaksikan pada pos camp ground terakhir sebelum mencapai puncak.

5. Gunung Semeru

Edelweiss Gunung Semeru via Instagram @doni_hendrwan

Teman Traveler yang kerap mendaki Gunung Semeru pasti sudah menyebut nama gunung ini dalam hati. Indahnya pemandangan Edelweiss dapat disaksikan anara Pos Jambangan sampai Kalimati. Berlatar belakang langsung Gunung Semeru ditambah dengan pemandangan indah Edelweiss menjadi spot paling menarik bagi pendaki. Tidak hanya itu, Teman Traveler bahkan dapat menikmati indahnya Bunga Edelweiss di Desa Wisata Edelweiss Hulung Hyang yang dikelola oleh Kelompok Tani Desa Edelweiss.

6. Gunung Papandayan

Edelweiss Gunung Papandayan via Instagram @charlifrdrcs

Salah satu gunung di Jawa Barat yang punya pemandangan hamparan Bunga Edelweiss ini adalah Papandayan. Gunung yang dijuluki sebagai Swiss van Java ini punya spot Edelweiss di Tegal Alun yang merupakan jalur pendakian Gunung Papandayan. Jika ingin mendapat momen yang bagus sekaligus menyaksikan langsung keindahan hamparan Edelweiss, mendakilah sebelum matahari terbit.

7. Gunung Merbabu

Edelweiss Gunung Merbabu via Instagram @lungitnurman

Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl ini juga punya hamparan Bunga Edelweiss yang menawan. Teman Traveler akan menemukan pemandangan indah Edelweiss pada sepanjang jalur pendakian menuju puncak Triangulasi tepatnya mulai dari Sabana Satu jika Teman Traveler menggapai gunung ini lewat jalur selatan yakni Selo atau Gancik.

Apakah Teman Traveler tahu dimana lagi hamparan Bunga Edelweiss dapat ditemukan? Tulis di kolom komentar ya! Hal yang perlu Teman Traveelr ingat adalah keindahan Bunga Edelweiss ini hanya untuk dinikmati di tempat tumbuh dan berkembangnya bukan untuk dibawa pulang ke rumah. Yuk sama-sama menjaga bunga ini tetap ada agar dapat dinikmati oleh pendaki dan wisatawan yang lain. Next

ramadan

Dewi Sri, Wisata Baru Malang yang Tonjolkan Sawah Instagenic

Camilan Enak di Botani Square Bogor, Jangan Sampai Salah Pilih!