in , , ,

Sudah Rindu? Deretan Gunung Ini yang Siap Kembali Ditaklukkan Pendaki

Deretan gunung ini sudah siap untuk didaki kembali! Apakah ada salah satu gunung favoritmu?

Era New Normal, membuat beberapa tempat wisata kembali membuka diri untuk menerima kunjungan. Tidak hanya taman safari, kini beberapa gunung juga sudah kembali membuka jalur pendakian. Namun tetap menerapkan beberapa protokol kesehatan. Lalu dimana saja gunung yang sudah kembali menyapa pendaki tersebut? Yuk simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Baca juga : Wisata Budaya di Banten Lama, Menelusuri Kawasan Kota Tua Ini

Jawa Barat

Gunung Papandayan via Instagram @juragandarma

Jawa Barat memiliki beberapa gunung non aktif maupun aktif yang kerap menjadi destinasi menarik terlebih bagi para pecinta puncak tertinggi. Tidak hanya tertantang menaklukkan medannya, pendaki juga jatuh cinta akan keindahan alam Jawa Barat dari ketinggian. Beberapa gunung di Jawa Barat yang sudah bisa Teman Traveler taklukkan kembali ialah:

Gunung Papandayan

Gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. Kini Teman Traveler sudah bisa kembali menikmati berbagai kawah dan keindahan Jawa Barat dari Ketinggian Gunung Papandayan.

Gunung Cikuray

Jalur gunung tertinggi keempat di Jawa Barat yakni dengan ketinggian 2.821 meter diatas permukaan laut tersebut sudah kembali dibuka untuk para pendaki. Gunung yang menjadi salah satu pavorit pendaki ini terletak di Dayeuhmanggung, Garut, Jawa Barat.

Sumatera Barat

Gunung Talamau via Instagram @ladil16

Tidak hanya Jawa Barat, Sumatera Barat juga sudah kembali membuka beberapa jalur pendakian bagi wisatawan pecinta gunung di area Sumatera. Kurang lebih sekitar 6 gunung yang dapat Teman Traveler daki, listnya sebagai berikut:

Gunung Singgalang

Salah satu gunung di Sumatera Barat yang memiliki ketinggian sekiat 2.877 meter ini memiliki telaga yang indah di puncaknya. Gunung yang terletak di Agam, Sumatera Barat ini sudah siap kembali menyapa pendaki sehingga kerinduan yang terpendam akan terbayarkan!

Gunung Marapi

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kotamadya Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat kini dikabarkan sudah kembali membuka jalur pendakian sehingga siap untuk ditaklukkan kembali oleh pendaki.

Gunung Sago

Masih di area yang sama yakni Sumatera Barat, Gunung Sego juga sudah kembali membuka jalur pendakian. Salah satu favorit destinasi pendaki ini terletak di Kecamatan Lareh Sago Halaban, Luhak, dan Situjuh Lima Nagari, Kabupaten Kima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Gunung Tandikek

Destinasi yang terletak kurang lebih 7,5 km dari Kota Padang ini secara administratif berlokasi di Dataran Tinggi Minangkabau, Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat. Gunung Tandikek yang memiliki ketinggian 2.438 meter ini juga sudah bisa kembali ditaklukkan pendaki.

Gunung Talamau

Gunung tertinggi di Sumatera Barat ini bernama Talamau atau biasa juga disebut Gunug Ophir ini terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Gunung berketinggian 2.920 meter dengan 12 telaganya ini sudah membuka kembali jalur pendakian.

Gunung Talang

Gunung Talang dengan nama lain Salasi atau Sulasi ini merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Solok dengan ketinggian 2.579 meter. Destinasi ini sudah membuka kembali jalur pendakian dan siap menyapa pendaki.

Aturan Pendaki

Ilustrasi Mendaki via Instagram @dwilindri

Walaupun sudah dibuka kembali, pendaki harus pengikuti beberapa protokol pendakian di era new normal yang diterapkan di Indonesia. Beberapa peraturannya adalah tetap menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan disarankan untuk membawa alat makan sendiri.

Teman Traveler yang ingin mendaki juga harus dalam keadaan sehat yakni suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celcius yang akan dicek sebelum pendakan dimulai maupun di beberapa basecamp. Pada beberapa basecamp, pendaki juga diminta memperlihatkan surat sehat dan mengikuti berbagai protokol Covid-19.

Yuk ikuti berbagai peraturan yang sudah ditetapkan untuk tetap berwisata maupun mendaki dalam selimut protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Selamat mendaki kembali untuk para pendaki Jawa Barat dan Sumatera Barat! Next

ramadan

Ketiduran! Penumpang Commuter Line Terkunci dan Minta Tolong Lewat Twitter

Ikuti Google Maps, Dua Turis AS Bali Justru Tersesat di Hutan