in , , ,

Mantul! Indahnya Permadani Hijau Gunung Ireng di Gunungkidul

Permadani super hijau ditambah dengan sunrise membuat Gunung Ireng di Gunungkidul jadi tujuan berlibur yang sempurna!

img_6149_vkx.JPG
Wisatawan berada di Gunung Ireng (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jika berbicara wisata di Jogja, maka sudah pasti sangat banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya terletak di Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Wisata ini berada di kawasan pegunungan, tak heran jika dari tempat wisata yang bernama Gunung Ireng ini dikunjungi banyak orang. Hamparan pemandangan lahan yang hijau buat mata terpukau.

Baca juga : Jalan-jalan Kala Ramadan, Kunjungi 6 Wisata Religi Demak Ini

Gunung Ireng ini juga menjadi tempat yang menyuguhkan pemandangan yang menarik. Perpaduan bebatuan yang berwarna hitam dan beberapa spot foto yang dibuat oleh pengelola wisata, semakin membuat suasana asyik ketika berkunjung ke sini. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikan momen yang banyak saat berkunjung ke sini ya!

img_6129_nKW.JPG
Bagian depan wisata ini (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Gunung Ireng ini berlokasi di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Jika berangkat dair Kota Jogja menuju lokasi wisata ini, Teman Traveler membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dengan jarak tempuh 25 Km. Selain jarak yang tak terlalu jauh, tempat ini juga dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika ingin menuju Gunung Ireng ini, Teman Traveler dapat menuju Kota Wonosari dengan melewati jalur utama hingga melewati bukit Bintang.

Setelah itu, belok ke arah kanan ketika menjumpai tugu selamat datang di Gunungkidul. Kemudian, Teman Traveler akan menjumpai perempatan dan ambil yang berbelok ke kanan menuju kecamatan Dlingo. Tak lama, akan kembali bertemu pertigaan. Setelah di sini, ambil jalur lurus di jalan Ptuk-Pengkok. Teman Traveler tinggal lurus saja, karena lokasinya tak jauh dari sini bahkan kini sudah banyak petunjuk yang dapat memudahkan Teman Traveler untuk sampai di lokasi.

img_6130_5PO.JPG
Jalan menuju Gunung Ireng (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Pada kawasan wisata ini, tersedia tempat parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jadi, tak perlu terlalu khawatir tentang keamanan kendaraan. Selanjutnya, untuk memasuki kawasan ini, Teman Traveler akan dikenakan tiket sebesar Rp3.000 saja, Rp2.000 untuk biaya parkir kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Berikutnya, Teman Traveler akan berjalan menyusuri jalan beton dengan berjalan kaki untuk menuju puncak. Meskipun bernama Gunung, namun perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk mencapai puncak. Sangat dekat bukan?

img_6239_copy_gJw.jpg
Jalan beton sebagai akses utama (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Kawasan wisata ini memiliki beberapa peraturan, salah satunya adalah adanya himbauan tidak merokok. Jika Teman Traveler perhatikan, larangan ini juga diberlakukan untuk mencegah adanya kebakaran karena beberapa daun dan tumbuhan yang sudah kering di sini.

img_6172_bw9.JPG
Suasana di Puncak Gunung Ireng (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Selain biasa dikunjungi saat pagi hari ketika matahari terbit, banyak wisatawan juga mengunjungi destinasi ini ketika sore hari. Meskipun begitu, tempat ini adalah salah satu spot melihat sunrise yang indah ketika di Jogja. Jadi, patut untuk dikunjungi jika berkunjung ke sini!

img_6171_6BW.JPG
Wisatawan berada di dekat spot foto perahu (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Selain kunjungan dari wisatawan luar kota, tak jarang orang-orang sekitar juga ikut berwisata ke sini. Beberapa dari mereka juga da yang membawa anak-anak, meskipun memang harus dengan pengawasan yang lebih. Tetap perhatikan setiap langkah yang akan Teman Traveler lewati ya!

img_6168_nrn.JPG
Suasana di Gunung Ireng (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Ada beberapa gazebo di Puncak Gunung yang bisa untuk berteduh dan beristirahat. Selain itu, ada juga fasilitas toilet yang dapat digunakan pada area puncak sehingga Teman Traveler tidak perlu khawatir.

img_6144_SNV.JPG
Gubuk yang menjadi spot foto di gunung Ireng (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang akan berlibur ke Jogja, mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu jujukan untuk berwisata terlebih bersama dengan keluarga. Pastikan untuk tetap mematuhi beragam peraturan yang tertera termasuk tidak merokok dan tidak membuang sampah sembarangan! Well, happy holiday Teman Traveler. Next

ramadan
Bromo

Gunung Bromo dan Spotnya yang sangat dirindukan

Candi Sukuh

Keindahan Candi Cetho ala Istana di Lereng Gunung Lawu