in ,

Jelajah Gunung Kelud, Nikmati Panorama Hijau yang Menyejukkan

Pengalaman Seru Mendaki Gunung Kelud

Pemandangan di sekitar Gunung Kelud
Pemandangan di sekitar Gunung Kelud (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Kawasan Kediri punya sederet panorama alam indah yang sayang jika dilewatkan. Salah satunya bisa Teman Traveler temui di Gunung Kelud, yang menawarkan pemandangan luar biasa mengagumkan. Jalan menuju wisata ini sudah diaspal halus dan ada banyak fasilitas pendukung. Penasaran? Mari simak pengalaman kontributor Travelingyuk, Zenith Halalan, berikut ini.

Baca juga : Merek Kecap Tertua di Indonesia, Citarasanya Istimewa dan Tak Berubah

Akses Semakin Mudah

Puncak Gunung Kelud yang telah hilang karena erupsi (dok.pribadi)
Puncak Gunung Kelud hilang akibat erupsi (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Gunung Kelud terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 1.731 mdpl. Untuk bisa sampai ke sini, Teman Traveler harus menempuh perjalanan kurang lebih 3-4 jam dari pusat Kota Kediri.

Kelud termasuk salah satu gunung aktif di Indonesia. Pernah beberapa kali meletus dan menyebabkan erupsi sangat dahsyat. Namun belakangan ini kawasan Kelud dikembangkan menjadi tempat wisata umum. Hampir seluruh rute menuju puncak gunung sudah diaspal halus demi mempermudah kunjungan wisatawan.

Dua Alternatif Jalur

Pemandangan sekitar Gunung Kelud (Dok.pribadi)
Pemandangan sekitar Kelud (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Sebenarnya ada dua jalur menuju Gunung Kelud. Jalur wisatawan umum memang sudah diaspal halus, tapi terdapat batas pagar beberapa ratus meter menjelang puncak.

Lain halnya dengan jalur pendaki, khusus untuk mereka yang ingin menjelajah Puncak Kelud dan melihat pemandangan kawahnya. Pendakian sendiri akan memakan waktu antara enam sampai tujuh jam.

Panorama Memanjakan

Jalan Menuju puncak Gunung Kelud (dok.pribadi)
Jalan menuju puncak Kelud (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan kita bisa melihat sejumlah destinasi buatan di sekitar Gunung Kelud. Mulai dari camping ground, taman-taman tempat bersantai, Rumah Belanda, dan kawasan wisata hutan pinus. Jika ingin, kita juga bisa mengelilingi kawasan sekitar Kelud menggunakan kendaraan offroad.

Di kawasan Kelud juga terdapat banyak kebun warga, seperti kebun nanas dan durian. Kalian bisa berkunjung dan menikmati buahnya secara langsung.

Para Pengunjung Memenuhi jalan ke puncak (dok.Pribadi)
Pengunjung memadati jalan menuju Puncak (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Dalam perjalan menuju puncak, Teman Traveler akan mendapati beberapa kedai warga yang menjual makan dan minuman. Jangan takut kekurangan perbekalan jika berada di sini.

Fasilitas di sekitarnya pun sangat lengkap, seperti musholla, kamar mandi, dan beberapa pendopo. Semuanya dibangun atas inisatif pihak pengelola wisata Gunung Kelud.

Tiket Masuk Sangat Terjangkau

Pemandangan di sekitar Kelud (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Masuk Gunung Kelud akan dikenakan biaya Rp5.000 per orang untuk hari biasa. Sedangkan di hari libur tarifnya naik dua kali lipat menjadi Rp10.000 per orang. Pengunjung anak-anak biasanya tidak dipungut biaya.

Biaya parkir motor adalah Rp2000, sedangkan mobil dikenakan Rp.5000. Sebuah harga yang tidak terlalu mahal. Sangat sepadan atau bahkan melebihi, jika dibandingkan pemandangan indah yang kita dapat di Gunung Kelud. 

Itulah sekilas pengalaman seru Zenith Halalan ketika menjelajah indahnya panorama di sekitar Gunung Kelud. Bagaimana Teman Traveler, ada yang tertarik berkunjung ke sini dalam waktu dekat? Next

ramadan

Written by Zenith Halalan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Susur Sungai Sekonyer

Menyusuri Sungai Sekonyer di Belantara Kalimantan, Bagaikan Amazon

Endangered animal, Rhinoceros in their habitat in Indonesia (c) Shutterstock

Ujung Kulon, Rhino Sanctuary in Southwestern Java